Update Harga Kabel Fiber Optik per Meter

Anda mungkin sudah pernah mendengar alat bernama kabel fiber optik. Ini adalah piranti yang kerap digunakan provider atau penyedia layanan telekomunikasi dan internet untuk mengirimkan gambar, pesan, suara, serta data. Tersedia dalam beragam merk serta tipe, harga kabel fiber optik per meter ternyata relatif terjangkau.

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Kabel Fiber Optik (credit: komputermedia)
Ilustrasi: Salah Satu Jenis Kabel Fiber Optik (credit: komputermedia)

Apa Itu Kabel Fiber Optik?

Kebutuhan layanan pada saat ini memang tidak hanya sebatas suara, melainkan juga data, gambar, juga video. Karena itu, diperlukan jaringan yang andal dan mampu memberikan performansi yang baik sehingga memberikan dampak yang positif kepada pelanggan.[1] Jika dulunya kabel kawat tembaga banyak digunakan, sekarang semakin ramai perusahaan yang memanfaatkan kabel fiber optik.

Bacaan Lainnya

Fiber optik dapat dikatakan sebagai saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik, yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain.[2] Cahaya yang ada di dalam serat optik akan keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Kecepatan transmisi serat optik ini sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Prinsip kerja sistem serat optik ini adalah sinyal awal/source yang berbentuk sinyal listrik pada transmitter, diubah oleh transduser elektro-optik (diode atau laser diode) menjadi gelombang cahaya, yang kemudian ditransmisikan melalui kabel serat optik menuju penerima/receiver yang terletak pada ujung lainnya dari serat optic. Pada penerima/receiver, sinyal optik ini diubah oleh transduser Opto-elektro (photodioda/avalanche photodiode) menjadi sinyal elektris kembali.[3]

Dalam perjalanan sinyal optik dari transmitter menuju receiver, akan mengalami redaman cahaya di sepanjang kabel optik, diakibatkan adanya sambungan-sambungan kabel dan konektor-konektor di perangkat. Karena itu, jika jarak transmisi jauh, maka diperlukan sebuah atau beberapa repeater yang berfungsi untuk memperkuat gelombang cahaya yang telah mengalami redaman sepanjang perjalanannya.

Ilustrasi: Pekerja Memasang Kabel Fiber Optik (credit: fieldengineer)

Karakteristik Kabel Serat Optik

  • Bagian dalam kabel jaringan fiber optik terdiri dari inti yang terbuat dari serat kaca dan diselubungi oleh beberapa lapisan yang bersifat sebagai pelindung.
  • Konektor yang umum digunakan untuk kabel jaringan fiber optik adalah konektor ST. Namun, baru-baru ini ada konektor lain yang diperkenalkan sebagai pasangan kabel jaringan fiber optik, yakni konektor SC.
  • Kecepatan data yang mampu dilakukan kabel fiber optik berada di angka 100 Mbps ke atas (bahkan dapat mencapai 1000 Mbps).
  • Biaya rata-rata per node cukup mahal.
  • Diameter kabel jaringan fiber optik dan ukuran konektor relatif kecil sehingga fleksibel dalam proses instalasi.
  • Ukuran kabel jaringan fiber optik sangat panjang, bisa mencapai 2 km (mengalahkan kabel jaringan lainnya seperti Coaxial dan Twisted Pair).

Jenis Kabel Fiber Optik

  • Single mode fiber, adalah jenis serat optik yang umumnya digunakan untuk mentransmisikan jarak yang lebih jauh. Fiber mode tunggal ini memiliki inti yang kecil, berdiameter sekitar 9 micron dan mengirimkan sinar laser inframerah yang memiliki panjang gelombang antara 1.330 nanometer hingga 1.550 nanometer.
  • Multi mode fiber, merupakan jenis serat optik yang didesain khusus untuk mentransmisikan lebih banyak sinar cahaya dalam waktu yang bersamaan dengan masing-masing pada sudut pantulan yang sedikit berbeda di dalam inti serat optik tersebut. Model ini biasanya digunakan untuk mentransmisikan data dalam jangkauan jarak yang relatif dekat.

Saat ini, tidak sulit jika Anda ingin membeli kabel serat optik. Pasalnya, sudah banyak toko perlengkapan elektronik yang menjual kabel jenis ini. Bahkan, Anda pun bisa membelinya di berbagai situs beli online. Tersedia dalam beragam merk dan tipe, berikut kisaran harga kabel serat optik per meter di pasaran dalam negeri.

Fungsi Kabel Fiber Optik (credit: Medcom)

Harga Kabel Serat Optik

Merk/Tipe Kabel Serat Optik Harga per Meter
SCHNEIDER ELECTRIC Optical Cable ACTUDUDLA04MM5 Rp28.050
SC LC SX Simplex SM Jumper Fiber Optic Rp30.000
SCHNEIDER ELECTRIC Optical Cable ACTUDUTLA08MM5 Rp30.000
NETVIEL Fiber Optic Cable NVL-DB-SM1-012 Rp31.500
SC LC DX Duplex SM Fiber Optic Rp50.000
AMP Indoor Distribution 6 core fiber OFNR PVC 1859418-3 Rp56.500
SCHNEIDER ELECTRIC Optical Cable ACTNDTG12MMLS Rp73.000
DtC NETCONNECT Patch Cord LC-LC SM Duplex 0237210-1 Rp90.000
COMMSCOPE Outside Plant Fiber Optic Cable (1427452-3) Rp135.000

Harga kabel fiber optik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang sedikit naik dan ada yang sedikit turun. SC LC SX Simplex SM Jumper Fiber Optic misalnya, awalnya dijual Rp32 ribu per meter, sekarang sedikit turun menjadi Rp30 ribuan per meter. Sementara itu, NETVIEL Fiber Optic Cable NVL-DB-SM1-012 yang semula dilepas Rp31.000 per meter, sedikit naik menjadi Rp31.500 per meter.

Selain daftar di atas, ada banyak toko peralatan elektronik yang menjual kabel fiber optik dengan harga lebih murah, mulai Rp20 ribuan untuk panjang 50 hingga 100 meter. Perlu dicatat bahwa harga kabel fiber optik tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda.

[Update: Panca]

[1] Firdaus, dkk. 2016. Performansi Jaringan Fiber Optik dari Sentral Office hingga ke Pelanggan di Yogyakarta. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan, Vol. 3(1): 207-214.

[2] Istiana, Amelia. 2008. Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile untuk Penghitungan Kabel Tembaga Multipair dan Fiber Optik pada Telekomunikasi (Skripsi). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.

[3] Firdaus, dkk. Op. cit.

Pos terkait