Harga Jual Kroto per Kilo dan Eceran untuk Pakan Burung

Bagi Anda yang menggemari burung kicau atau hobi , pasti sudah tidak asing lagi dengan kroto. Ini adalah campuran telur, larva, dan purva semut rangrang yang memang sering dijadikan burung atau umpan . Di pasaran sendiri, harga jual kroto per kilogram saat ini berada di kisaran Rp100 ribuan.

Kroto dihasilkan oleh semut dengan nama latin Oecophylla smaragdina. Dalam bahasa lokal, hewan ini biasa juga disebut dengan semut merah, semut api, atau kararangge. semut ini bisa ditemukan mulai dari India, Asia Tenggara, hingga Australia bagian utara. Sementara, yang lain, yakni Oecophylla longinoda, tersebar di Benua Afrika.

Harga Kroto per Kilo dan Eceran - hewanpedia.com

Harga Kroto per Kilo dan Eceran - hewanpedia.com

Awalnya, kroto didapatkan dari perburuan sarang semut rangrang di alam bebas. Sarang semut bisa ditemukan di hutan atau perkebunan, bertengger di antara pepohonan. Namun, seiring dengan naiknya permintaan, keberadaan kroto di alam bebas semakin sulit didapat. Tak heran bila harga kroto terbilang mahal dibanding jenis pakan lainnya. Untungnya, kroto mulai diproduksi dengan cara membudidayakan koloni semut dalam lingkungan yang terkontrol.

Jika Anda juga berminat membudidayakan kroto, caranya bisa dibilang cukup mudah. Dalam sistem budidaya ini, semut rangrang bisa hidup dalam sarang buatan. Sarang atau kandang untuk semut rangrang bisa Anda buat dari bahan paralon, bambu, stoples, dan lain sebagainya. Langkah-langkah persiapan untuk budidaya kroto adalah sebagai berikut.

Cara Budidaya Kroto

  • Bibit koloni untuk budidaya kroto bisa didapat dari hasil tangkapan di alam. Bila kesulitan mendapatkan bibit koloni dari alam, Anda bisa membeli bibit kroto pada pembudidaya lain. Bibit kroto biasanya dijual dalam kemasan stoples atau botol plastik bening.
  • Setelah bibit koloni didapatkan, Anda bisa membuat kandang untuk semut rangrang. Untuk yang praktis, bahan paralon bisa dipilih, selain mudah dalam hal perawatan. Kelebihan lainnya paralon adalah karena bentuknya silinder, bila disusun dengan baik, maka posisinya akan saling menguatkan dan tidak mudah berpindah.
  • Setelah rak dan pipa paralon untuk kandang selesai disiapkan, langkah selanjutnya adalah meletakkan koloni semut rangrang. Biasanya bibit koloni dijual dalam stoples atau dalam botol plastik. Untuk memindahkannya pada paralon, cukup potong botol plastik atau buka stoples dan letakkan di atas tumpukan paralon.
  • Untuk makanan, jenis-jenis pakan budidaya kroto di antaranya ulat, jangkrik, belalang, cecak, dan hewan kecil lainnya. Bisa juga Anda memberikan daging ayam yang telah direbus agar tidak membusuk dan berbau.
  • Jika Anda ingin memanen kroto, biasanya harus menunggu sarang semut terlihat penuh dengan telur atau kroto berwarna putih. Pada media atau sarang yang telah stabil, kroto bisa dipanen setiap 15 sampai 20 hari.

Harga Jual Kroto

Namun, apabila Anda tidak memiliki banyak waktu atau tempat untuk memelihara kroto, Anda tidak perlu khawatir. Karena, saat ini sudah banyak yang menjual kroto. Di pasaran dalam negeri, harga jual kroto per kilogram sekarang berada di kisaran Rp175 ribuan, sedangkan harga per 1/4 kg-nya berada di rentang Rp70 ribuan. Apabila Anda hanya membutuhkan sedikit, harga sekantong plastik kroto 350 gram cuma Rp10 ribuan.

Harga Kroto per Kilo dan Eceran - www.sipendik.com

Harga Kroto per Kilo dan Eceran - www.sipendik.com

Sementara, jika Anda berminat membudidayakan kroto secara mandiri, Anda perlu membeli bibit kroto. Di pasaran, bibit kroto ini biasanya dijual per stoples dengan harga yang terjangkau, sekitar Rp30 ribuan, meski ada juga yang menjualnya dengan harga cuma Rp20 ribuan. Selain itu, ada juga peternak yang menjual bibit kroto super dengan harga Rp40 ribuan per stoples.

Baca juga  Review dan Harga Joran Pioneer Evo di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Jual Kroto per Kilo dan Eceran untuk Pakan Burung"