Info Ciri & Harga Kambing Boer Full Blood Terkini di Pasaran

Kambing boer termasuk jenis kambing unggul yang ini banyak dibudidayakan karena memiliki harga jual tinggi. Kambing boer berasal dari Afrika Selatan dan telah masuk ke Indonesia sejak lebih dari 65 tahun lalu. Kambing boer adalah kambing pedaging terbaik di dunia. Pada umur 5-6 bulan, berat badan kambing ini sudah mencapai 35-45 kg dan sudah siap untuk dipasarkan. Namun, jika dibiarkan sampai usia dewasa (2-3 tahun), bobot badan kambing jantan bisa mencapai 120 kg.

Kambing boer (sumber: farmhouseguide.com)
Kambing boer (sumber: farmhouseguide.com)

Kambing ini mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dan memiliki daya tahan tubuh yang sangat bagus. Kambing boer yang ada di Indonesia sudah banyak mengalami persilangan dengan kambing lokal Indonesia. Istilah “kambing boer bangsa murni” akan digunakan oleh registrasi kambing boer Indonesia jika seekor kambing sudah mencapai paling tidak generasi kelima, baik dari sisi induk maupun pejantan, berdasarkan catatan silsilahnya. Salah satu contoh hasil persilangan kambing boer adalah boerka yang merupakan hasil persilangan dengan kambing kacang.[1]

Bacaan Lainnya

Kambing boer merupakan kambing potong yang dapat tumbuh sangat cepat. Rata-rata pertambahan bobot tubuh 0,02-0,04 kg hari. Rata-rata pertambahan bobot tersebut tergantung pada banyaknya susu dari induk dan metode pemeliharaan sehari-harinya. Kambing boer jantan akan tumbuh sampai berbobot rata-rata 120-150 kg (umur 2-3 tahun). Dibandingkan dengan kambing lokal, persentase daging pada karkas kambing boer jauh lebih tinggi, yaitu mencapai 40-50% dari bobot tubuhnya.

Baca juga  Info Review dan Update Harga Susu Kucing Growssy

Ciri-ciri Kambing Boer

  • Beberapa kambing boer memiliki garis putih ke bawah di wajahnya. Kulitnya berwarna cokelat yang melindungi dirinya dari kanker kulit akibat sengatan sinar matahari langsung.
  • Berkepala warna cokelat kemerahan atau cokelat muda hingga cokelat tua.
  • Tubuhnya lebar dan panjang.
  • Berbulu putih, berkaki pendek, berhidung cembung, dan bertelinga panjang menggantung.

Kambing boer dapat hidup dalam suhu lingkungan yang ekstrem, dari suhu sangat dingin (-25°C) hingga sangat panas (43°C), dan mudah beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Kambing ini bahkan sangat suka berjemur pada siang hari. Kambing jenis ini bahkan sangat suka berjemur pada siang hari. Kambing jenis ini juga tahan terhadap serangan penyakit. Kambing boer dapat hidup di kawasan semak belukar, lereng gunung yang berbatu, atau juga di padang rumput. Secara alamiah, kambing boer adalah hewan yang lebih menyukai dedaunan dan tanaman semak daripada rumput.[2]

Perkawinan pertama kali pada kambing boer tergantung besar tubuhnya, pada umumnya rata-rata pada umur 10-12 bulan. Masa kebuntingan kambing adalah 5 bulan, dan dalam dua tahun dapat melahirkan anak tiga kali. Kambing betina pada umur satu tahun dapat menghasilkan 1-2 ekor anak dan selanjutnya pada saat melahirkan yang kedua dapat menghasilkan anak kembar dua atau tiga, karena kambing bersifat prolifik, beranak lebih dari satu ekor setiap kelahiran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pisang Uli per Sisir dan per Tandan

Kambing boer memiliki karakteristik di antaranya tingkat reproduktivitas yang tinggi, adaptabilitas lingkungan tinggi, dan resistan terhadap penyakit atau parasit. Kambing boer memiliki performa produksi dan reproduksi yang baik dengan bobot sapih mencapai 17,5 kg.

Peternakan kambing boer full blood (sumber: pinterest)
Peternakan kambing boer full blood (sumber: pinterest)

Produksi susu kambing boer sangat tinggi kandungan lemaknya sehingga mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dari anak-anaknya, untuk masa berproduksi boer betina dapat menjadi induk sampai umur 5-8 tahun. Betina dewasa (umur 2-3 tahun) akan mempunyai berat 80-90 kg.[3] Sebagai gambaran, berikut informasi harga kambing boer di pasaran.

Harga Kambing Boer

Umur Kambing Boer Harga (Rp)
Kambing Boer Jantan (usia 3-5 bulan) 3.000.000
Kambing Boer Jantan (usia 6-7 bulan) 6.600.000
Kambing Boer Jantan (usia 8-12 bulan) 7.300.000
Kambing Boer Jantan (usia 1-2 tahun) 9.000.000
Kambing Boer Betina (usia 3-5 bulan) 2.500.000
Kambing Boer Betina (usia 6-7 bulan) 5.200.000
Kambing Boer Betina (usia 8-12 bulan) 7.900.000
Kambing Boer Betina (usia 1-2 tahun) 14.500.000
Baca juga  Ciri Fisik dan Update Harga Monyet Terkecil di Dunia (Pygmy Marmoset)

Informasi harga kambing boer di atas dirangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu, harga kambing boer full blood tahun 2022 tak banyak berubah. Namun, untuk kambing boer jantan usia 1-2 tahun harganya turun dari Rp12 jutaan jadi Rp9 jutaan, sedangkan betina usia 1-2 tahun kondisi sedang hamil harganya naik dari Rp10 jutaan jadi Rp14 jutaan ekor.

Harap diingat bahwa harga kambing boer dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kambing boer yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[1]AgroMedia. 2009. Petunjuk Praktis Menggemukkan Domba, Kambing, dan Sapi Potong. Rohim, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 57.

[2]Susanto, A dkk. 2015. Mengatasi Permasalahan Praktis Beternak Kambing. Selamet R, editor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 14.

[3]Susilorini, TE dkk. 2019. Budi Daya Kambing dan Domba. Malang: UB Press, hlm 40.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.