Keunggulan dan Update Harga Joran Shimano Lesath

Bagi Anda yang hobi memancing, pastinya sudah sangat familiar dengan joran. Joran atau tangkai merupakan komponen dari alat pancing yang berfungsi sebagai tempat dilaluinya tali ulur (senar pancing).[1] Nah, salah satu joran yang cukup populer di kalangan mancing mania adalah Shimano Lesath walau harganya mencapai jutaan rupiah.

Joran Shimano Lesath (youtube: Spinning-Sport CLUB)
Joran Shimano Lesath (youtube: Spinning-Sport CLUB)

Dibandingkan menggunakan jala atau alat pancing lain, beberapa orang memilih menggunakan joran, apalagi bagi mereka yang ingin menangkap ikan di lepas. Selain karena menyenangkan dan memacu adrenalin, menangkap ikan dengan joran hasilnya terbilang memuaskan. Diketahui, joran setidaknya bisa menangkap 39 jenis ikan dengan jumlah keseluruhan hasil tangkapan adalah 1.182 ekor yang beratnya bisa mencapai 177,83 kg.[2]

Bacaan Lainnya

Namun, sebelum Anda pergi ke atau ke sungai dan danau untuk menangkap ikan, pastikan Anda membawa alat pancing yang lengkap. Kelengkapan alat pancing sangat penting untuk kesuksesan Anda dalam mendapatkan ikan. Berikut adalah komponen yang ada pada alat pancing.

Komponen Alat Pancing

  • Penggulung dan tali ulur. Ini merupakan alat yang dipasang di bagian ujung joran. Secara tradisional, alat ini terbuat dari kayu berbentuk persegi dan biasanya berukuran 30 cm x 20 cm. Sementara itu, saat ini sudah tersedia alat penggulung dan tali ukur modern yang dilengkapi dengan pegangan yang bisa diputar, sehingga memudahkan Anda untuk menangkap ikan besar.
  • Senar pancing juga salah satu komponen penting yang harus dipasang pada joran. Tali inilah yang akan menjadi alat penjerat ikan di laut. Berbeda dengan senar biasa, senar pancing umumnya tajam dan agak kasar, tetapi tidak mudah putus dan tahan terhadap suhu, tekanan, dan gesekan dalam air.
  • Kail dan umpan. Kail pancing adalah besi dengan ujung runcing dan bercabang. Benda ini berfungsi sebagai media untuk meletakkan umpan. Ketika ikan menggigit umpan, maka kail akan masuk ke dalam mulut ikan dan ikan tidak bisa lepas dari pancingan. Setelah itu, Anda bisa langsung menarik joran dan memutar penggulung talinya.
Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Plat Besi Berlubang (Perforated Metal Sheet) per Lembar

Semua komponen alat pancing ini ada yang dijual satu set dengan jorannya dan ada juga yang dijual secara terpisah. Nah, bagi Anda yang sudah memiliki semua komponen tersebut, tetapi belum memiliki joran sebagai pelengkapnya, tak ada salahnya untuk membeli joran Shimano Lesath.

Keunggulan Joran Shimano Lesath

Dilansir dari website resminya, joran Lesath termasuk batang pemintal alat pancing generasi terbaru yang bisa dipakai untuk memancing beragam jenis ikan. Meskipun unggul dipakai di lepas, joran ini juga baik dipakai untuk keperluan lomba memancing ikan air tawar. Beberapa jenis ikan air tawar yang mudah dipancing dengan joran ini adalah ikan mas, ikan mujair, ikan lele, dan ikan nila.

Namun, tampaknya Anda harus berusaha lebih keras dan menguasai banyak teknik memancing jika ingin mendapatkan ikan patin, bighead carp, dan ikan rohu. Ikan air tawar seperti ini memiliki sifat yang agresif dan terkenal rewel. Untungnya, joran Shimano Lesath memiliki ujung yang ultra sensitif, sehingga mampu menangkap gerakan ikan yang cenderung sensitif dan suka menggigit. Hal ini pula yang mempermudah pemancing untuk mengetahui tingkat kesulitan dalam menangkap aneka jenis ikan.

Baca juga  Update Harga Teacup Pomeranian Jantan dan Betina
Joran Shimano Lesath (sumber: reddit)
Joran Shimano Lesath (sumber: reddit)

Keunggulan lain joran Shimano Lesath terletak pada desainnya yang ramping. Anda tidak memerlukan tempat joran yang besar untuk menyimpannya. Alat pancing ini juga memiliki sifat yang lentur dan fleksibel, sehingga tidak mudah patah saat dipakai untuk memancing ikan besar yang rewel.

Nah, bagi Anda yang ingin memancing menggunakan joran Shimano Lesath untuk keperluan perlombaan atau sekadar menyalurkan hobi, Anda bisa membelinya di toko peralatan pancing terdekat. Sebagai referensi, berikut informasi terbaru harga joran Shimano Lesath saat ini.

Harga Joran Shimano Lesath

Joran Shimano Lesath Harga
Joran Shimano Lesath GS 165 Model 2015 Rp4.457.500
Joran Shimano Lesath GS 2602F Model 2015 Rp4.599.000
Joran Shimano Lesath GS 2562F 165 cm Rp4.650.000
Joran Shimano Lesath GS 2602 F 180 Model 2020 Rp5.300.000
Joran Shimano Lesath GS 2602F C14 Plus Rp6.660.000
Joran Shimano Lesath GS 15-180 Road Pancing VCSP Rp9.784.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga joran Shimano Lesath di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, joran Shimano Lesath GS 2602F model 2015 yang semula dijual seharga Rp4,63 juta, kini turun menjadi Rp4,59 jutaan per unit. Berbeda dengan harga  joran Shimano Lesath GS 2602F C14 Plus yang naik dari harga Rp5,2 juta menjadi Rp6,6 jutaan per unit. Harga joran Shimano Lesath tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Kayu Randu di Pasaran

[Update: Ditta]

[1] Takapaha, Stevenly A., Henry James Kumajas, Elof Machten Katiandagho. 2010. Pengaruh Jenis Umpan terhadap Hasil Tangkapan Ikan Pancing di Selat Bangka Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol. 4(1): 22-30.

[2] Sari, Ita Purnama. 2019. Analisis Hasil Tangkapan Alat Tangkap Pancing Joran di Pangkal Pendaratan Ikan (PPI) Lambada Lhok, Baitussalam Aceh Besar (Skripsi). Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *