Review dan Harga Joran Pioneer Evo di Pasaran

No comment392 views

Bagi para pemancing atau mereka yang ingin menyalurkan mencari ikan, merupakan salah satu piranti yang wajib ada. Menurut beberapa sumber, terbaik untuk memancing adalah 1 section atau tanpa sambungan. Nah, di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam demikian, salah satunya Pioneer Evo yang dijual dengan mulai Rp500 ribuan.

Ilustrasi: pehobi mancing

Ilustrasi: pehobi mancing

Bagi pemula atau baru memulai hobi memancing, tentu ada sedikit kebingungan dalam memilih joran pancing, karena kesalahan dalam membeli joran berpotensi mengganggu kegiatan memancing. Karena itu, beberapa tips atau trik ini mungkin dapat membantu Anda memilih joran yang baik, yang sesuai dengan tujuan memancing Anda.

Tips Memilih Joran

  • Karena teknik memancing dan sasaran memancing sangat banyak dan luas, maka memilih joran pancing harus disesuaikan dengan hal-hal tersebut. Joran untuk teknik jigging pasti tidak sama dengan joran untuk teknik fly fishing. Demikian juga memancing di laut, tidak sama dengan memancing di tambak atau kolam tawar.
  • Mengetahui pembuat joran juga bisa menjadi kunci agar kegiatan memancing Anda berlangsung menyenangkan. Setidaknya, ada empat material yang sering digunakan untuk membuat joran, yakni fiberglass, carbon, medium mix carbon dan fiberglass, serta high carbon composite. yang disebutkan terakhir diklaim menjadi yang terbaik dan karena itu biasanya dijual dengan harga mahal.
  • Berat joran juga harus Anda pertimbangkan dengan baik. Untuk joran fiberglass, umumnya kuat dan elastis, namun cukup berat. Sementara, joran carbon cenderung ringan namun mudah getas atau patah dibandingkan joran fiberglass.
  • Ketahui juga model handle joran. Setidaknya, ada tiga handle, yakni pendek, medium, dan panjang. Joran pendek biasanya dipakai untuk single-hand casting, sedangkan yang panjang untuk double-hand casting. Sementara, untuk medium, umumnya digunakan untuk single-hand casting dengan posisi ujung joran yang panjang dapat membantu pemancing menahan beban joran, terutama saat bertarung melawan ikan.
  • Sebaiknya, pilih joran dengan diameter yang tidak terlalu besar. Pasalnya, joran dengan diameter besar umumnya akan membuat tangan pemancing menjadi tidak nyaman saat memegang. Namun, apabila Anda hendak memancing di lautan dengan target ikan besar, maka joran dengan diameter besar adalah pilihan terbaik.
  • Tentukan juga apakah Anda memilih memakai fast tapper atau slow tapper. Untuk fast tapper, cenderung keras di bagian pangkal hingga ke bagian tengah, lalu sedikit lemas di ujung. Sebaliknya, untuk model slow tapper, cenderung lentur mulai dari ujung joran dekat handle atau grip.
  • Sebaiknya, gunakan joran 1 section atau satu batang, alias tidak ada sambungan. Namun, untuk joran dengan panjang lebih dari 180 cm, memang agak sulit untuk memaksa memakai one piece, terutama ketika harus menggunakan kendaraan saat akan menuju spot memancing.
Baca juga  Info Terbaru Harga Tiket XXI di Bintaro Plaza

Review Joran Pioneer Evo

Nah, apabila Anda tertarik menggunakan joran 1 section, salah satu alternatif menarik yang bisa Anda pilih adalah Evo dari merk Pioneer. Pioneer sendiri sudah memproduksi banyak terjangkau, terutama untuk pasar Asia. Meskipun harga yang dilepas tidak ‘se-ngawur’ produsen lainnya, namun di beberapa , harga yang ditawarkan tergolong murah.

Review Joran Pioneer Evo (youtube: pioneertackle)

Review Joran Pioneer Evo (youtube: pioneertackle)

Untuk model joran Pioneer Evo, produk ini punya desain yang sebenarnya agak kaku, namun fisik stik secara keseluruhan lentur ketika digunakan untuk memancing. Sayangnya, walau bahan carbon memiliki tingkat kekuatan yang lebih tinggi daripada bahan fiberglass, namun stik yang terlalu lentur sering membuat banyak pemancing khawatir.

Untungnya, Pioneer selaku produsen menyadari benar hal tersebut. Saat peluncuran Pioneer Evo, iklan yang ditampilkan perusahaan cukup meyakinkan. Seorang model cantik memperagakan memancing ikan besar dan beberapa kali joran tersebut di injak-injak, bahkan ditekuk dengan kondisi ekstrem. Seperti diduga, tidak terjadi kerusakan, sehingga mengesankan bahwa ini adalah produk yang sangat menarik.

Baca juga  Daftar Harga Cajon Elektrik Murah di Pasaran

Seperti disampaikan di atas, Pioneer memakai material carbon untuk menggarap joran Evo karena dikenal ringan dan kuat. Desain reel seat joran ini lumayan unik. Jika produsen lain lebih memilih mendesain seat joran se-aerodinamis mungkin, maka reel milik Pioneer Evo justru lebih mirip spool daripada sebuah reel.

Pabrikan juga meletakkan sticker merk yang cukup besar di neck joran Evo. yang kontras membuatnya menjadi menarik. Sementara, untuk butt (bottom), punya tampilan yang tidak jauh berbeda dengan joran lainnya. Ring guide yang terpasang sebanyak tujuh buah dengan kualitas yang terlihat cukup baik.

Selama sebuah joran berbahan dasar carbon, maka joran tersebut akan lebih ringan dan kuat. Ini adalah salah satu kelebihan Pioneer Evo. Pemilihan warna yang pas dengan desain yang unik ditambah promosi yang menarik semakin membuat produk ini layak dibeli. Banyak yang merekomendasikan joran ini agar digunakan ketika memancing di kolam pemancingan, tambak, maupun di sungai-sungai dengan ukuran ikan yang tidak terlalu besar.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Terbaru Keyboard KORG PA4X Indonesian Version

Layaknya produk sejenis, joran Pioneer Evo juga tidak luput dari kelemahan. Dengan stick yang lentur, joran ini agaknya kurang cocok dijadikan alat memancing ikan di laut dengan bobot lebih dari 5 kg. Selain itu, desain UL yang terlalu ramping juga terkesan berlebihan. Pasalnya, menarik ikan sebesar telapak tangan bakal terlihat seperti sedang bertarung dengan ikan seberat 10 kg.

Harga Joran Pioneer Evo

Joran pancing Pioneer Evo (sumber: Bukalapak)

Joran pancing Pioneer Evo (sumber: Bukalapak)

Tipe Pioneer EvoHarga
Pioneer Evo 702 ULRp506.000 – Rp703.000
Pioneer Evo Solid Carbon 165Rp553.000 – Rp627.000
Pioneer Evo Solid Carbon 661Rp561.000 – Rp735.000
Pioneer Evo Gen II Spinning S601Rp585.000 – Rp700.000
Pioner Evo Micro Jig Solid Carbon BJS 63 185cmRp900.000 – Rp950.000
Pioneer Evo Solid Carbon 195Rp975.000 – Rp1.300.000

Harga joran Pioneer Evo di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko memancing dan situs jual beli online. Harga joran Pioneer Evo tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko alat pancing terdekat.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Review dan Harga Joran Pioneer Evo di Pasaran"