Harga Jet Ski Honda (Semua Varian)

Honda selama ini dikenal sebagai salah produsen motor dan mobil terkemuka di dunia. Namun, tidak hanya transportasi darat, merk asal Jepang tersebut juga pernah memiliki jet ski tangguh yang dapat Anda jadikan kendaraan saat ingin bersenang-senang di atas lautan. Sudah hadir dalam berbagai tipe, seperti brand lainnya, jet ski buatan Honda juga dijual dengan harga mencapai angka ratusan juta rupiah per unit.

Jet ski Honda (sumber: jetdrift.com)
Jet ski Honda (sumber: jetdrift.com)

Seperti diketahui, tidak hanya di darat, olahraga juga dapat Anda lakukan di air. Kerap juga disebut watersport, cabang-cabang olahraga yang dilakukan di air pun dapat dibagi menjadi beberapa kategori.[1] Menurut tempatnya misalnya, olahraga air bisa dibagi menjadi olahraga di laut (layar, selam, ski air, dayung, dan renang), olahraga di danau (dayung, jet ski, renang), olahraga di sungai (arung jeram dan kano), serta olahraga di kolam (renang, loncat indah, dan polo air).[2]

Bacaan Lainnya

Nah, dari sekian banyak watersport tersebut, salah satu yang sekarang semakin digemari adalah jet ski. Secara sederhana, jet ski adalah suatu permainan wisata air yang menggunakan boat bertenaga motor.[3] Permainan ini biasanya bisa membawa satu sampai dua orang duduk dalam konfigurasi seperti sepeda biasa atau sepeda motor, dengan kecepatan laju jet ski diatur sendiri oleh pengguna.

Meski jet ski merupakan merk dagang yang terdaftar dari Kawasaki, tetapi kata benda umum ‘jet ski’ mengacu pada perahu rekreasi kecil. Oxford English Dictionary menjelaskan yang digunakan pada tahun 1961 untuk menggambarkan sepeda motor air, dan pada tahun 1948, menunjuk pada sebuah pesawat yang dilengkapi dengan peralatan ski.

Layaknya olahraga pada umumnya, jet ski juga menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan jiwa dan raga Anda. Jetski bisa membuat tubuh Anda lebih sehat, karena Anda perlu menggerakkan anggota tubuh Anda selama mengendarai kendaraan ini. Bermain jet ski juga mampu mengatasi depresi, terutama ketika berkumpul dengan banyak teman. Olahraga jet ski pun diklaim dapat meningkatkan metabolisme, baik bagi penderita arthritis, mencegah diabetes, mengurangi risiko serangan jantung, serta melatih tingkat konsentrasi.

Jika dulunya jet ski hanya digunakan sebagai sarana olahraga air, seiring waktu, kendaraan tersebut juga dijadikan armada untuk melakukan pertolongan di air. Dengan bentuk yang tidak terlalu besar, punya kecepatan yang cukup, serta lincah, jet ski lantas banyak digunakan sebagai sarana evakuasi pantai atau di laut.

Varian Jet Ski Honda

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan yang meluncurkan jet ski, termasuk Honda. Pabrikan yang berbasis di Negeri Sakura memiliki sejumlah varian jet ski. Dilansir dari berbagai sumber, terangkum dalam seri AquaTrax, setidaknya telah ada lima tipe jet ski yang dirilis Honda ke pasaran global, seperti Honda AquaTrax F-12, Honda AquaTrax F-12X, Honda AquaTrax R-12, Honda AquaTrax R-12X, dan Honda AquaTrax F-15X.

Honda AquaTrax F-12 misalnya, adalah jet ski yang menangkap gaya dan nuansa sepeda motor perusahaan induk sekaligus menawarkan kualitas manufaktur yang mengubah Honda menjadi raksasa otomotif. Dengan mesin 4-stroke, berkapasitas 1.235cc, memiliki permukaan bantalan beralur mikro untuk meningkatkan retensi oli dan daya tahan bantalan, jet ski ini dikatakan dapat menyemburkan tenaga maksimal 135 HP.

Jet ski Honda (sumber: jetdrift.com)

Sementara itu, varian Honda AquaTrax F-15X didukung mesin DOHC, empat silinder, injeksi bahan bakar, dan punya tenaga puncak 197 HP. Jet ski ini dikatakan memiliki kecepatan yang tenang, dengan nyaman menampung tiga orang dewasa, memotong air yang berombak, dan memiliki fitur-fitur praktis seperti tiga kotak penyimpanan, pengukur digital yang tampak cerdas, dan opsi penanda tempat GPS.

Varian lainnya, Honda AquaTrax R-12X, punya lambung yang terasa lebih kecil dari saudara-saudaranya, sekitar lima inci lebih pendek dan tiga inci lebih sempit. Namun, chine yang tajam dan spons yang baru dirancang di sepanjang lambung yang ringkas memungkinkan kapal untuk bertransisi dengan cepat ke belokan, selain membantu adalah pusat gravitasi yang rendah, berkat penempatan mesin yang bijaksana.

Saat ini, memang agak sulit menemukan jet ski Honda di pasaran dalam negeri. Namun, apabila Anda kesengsem dengan produk tersebut, Anda bisa berburu di sejumlah situs jual beli online luar negeri. Harga yang dipatok bervariasi, tergantung tipe dan kondisi jet ski, apakah baru atau bekas. Sebagai referensi, berikut kisaran harga jet ski Honda saat ini.

Harga Jet Ski Honda

Tipe Jet Ski Honda Harga
Honda AquaTrax F-12 USD 9.749
Honda AquaTrax R-12 USD 9.749
Honda AquaTrax F-12X USD 10.999
Honda AquaTrax R-12X USD 10.999
Honda AquaTrax F-15X USD 13.999

Informasi harga jet ski Honda di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online luar negeri. Ketika artikel ini ditulis, kurs 1 USD setara Rp14.800. Jadi, harga jet ski Honda di pasaran global mulai Rp144,285 jutaan, belum termasuk ongkos kirim. Perlu Anda catat bahwa harga jet ski tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Sebagai informasi tambahan, ternyata sejak tahun 2009 atau 2010 silam, Honda sudah menghentikan produksi kendaraan untuk olahraga air, termasuk jet ski. Menurut sejumlah analis, nilai jual paling signifikan dari Honda memang produk-produk yang sederhana dan andal. Honda dinilai miskin inovasi dalam pasar jet ski sehingga kalah bersaing dengan nama-nama seperti Yamaha, Sea-Doo, dan Kawasaki. Jadi, jika Anda menemukan jet ski Honda dijual, maka bisa jadi itu adalah produk bekas atau second.

[1] Munawaroh, Siti. 2020. Perancangan Wisata Watersports di Kawasan Pantai Soge Kabupaten Pacitan dengan Pendekatan Eco Architecture (Tugas Akhir). Jurusan Arsitektur Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[2] Ibid.

[3] Ibid.

Pos terkait