Manfaat dan Harga Jeruk Sunkist 1 Kg dan 1 Dus di Pasaran

Bagi Anda penggemar -buahan, pastinya sudah tidak asing dengan sunkist. Memang, yang satu ini memiliki banyak penggemar, karena mudah dijumpai di . Meskipun harganya tidak semurah keprok atau nipis, namun rasanya yang lebih lezat membuat buah ini selalu laris diburu konsumen.

Buah jeruk

Buah jeruk

Manfaat Jeruk Sunkist di Dunia Kuliner

Jeruk sunkist, yang memiliki manis dan sedikit asam, selain dikonsumsi secara langsung, biasanya dijadikan aneka jenis . Untuk membuat dari jeruk sunkist tidaklah sulit, Anda hanya memerlukan satu buah jeruk sunkist yang diperas. Air perasan jeruk ditambah dengan gula atau sirup dan sedikit air sebagai pelarut. ini akan lebih nikmat jika diminum dalam keadaan dingin.

Selain dijadikan minuman yang bervitamin, jeruk sunkist sering dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan marmalade. Jeruk sunkist, yang juga disebut dengan jeruk manis atau sava orens, tersebut mengandung glukosida yang berfungsi untuk mengaktifkan kadar vitamin C. Hal ini juga salah satu alasan mengapa jeruk sunkist paling cocok dijadikan marmalade.

Marmalade terdiri dari 35% bagian dari sari buah dan 65% bagian dari gula. Kadar vitamin C yang tinggi dan sudah diaktifkan oleh glukosida membuat rasa marmalade sunkist lebih manis dengan rasa asam yang masih tersisa di lidah saat ditambah dengan gula pasir. Selain itu, kadar vitamin C yang diaktifkan oleh glukosida membuat memiliki pH 3,2 hingga 3,6 dengan padatan terlarut 66% hingga 68%.

Baca juga  Info Harga Kacang Hijau per Kg di Pasaran

Dengan kadar pH dan jumlah padatan terlarut tersebut, marmalade yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih lembut dan berkualitas premium. Selain itu, marmalade yang terbuat dari jeruk sunkist memiliki tekstur seperti gel yang lebih padat, namun tidak keras. Sehingga, memiliki daya oles yang baik.

Namun, untuk membuat marmalade, diperlukan takaran gula yang tepat dengan jumlah tidak boleh lebih dari 73% dari resep. Banyak sedikitnya gula yang ditambahkan akan memengaruhi karakteristik marmalade. Semakin banyak gula yang ditambahkan, marmalade akan memiliki tekstur lebih padat dan sulit dituang, karena kadar karamel yang berlebih. Namun, jika gula yang dipakai kurang dari 65% dari resep, tekstur marmalade akan cair dan tidak memiliki daya oles yang baik.[1]

Marmalade dengan daya oles yang baik punya banyak manfaat di industri pangan. Kebanyakan orang memakai marmalade sebagai pengganti selai pada roti tawar. Sebelum roti tawar dipanggang atau langsung dimakan, akan lebih nikmat jika Anda mengoleskan sesendok marmalade di atasnya. Setelah itu, tambahkan juga parutan keju agar roti sandwich menjadi kaya rasa.

Jeruk Sunkist (sumber: bukalapak)

Jeruk Sunkist (sumber: bukalapak)

Selain dimanfaatkan sebagai pengganti selai, Anda bisa memakai marmalade sebagai bahan campuran dalam pembuatan aneka minuman. Cara membuat minuman dari marmalade tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan marmalade, es batu, soda, sirup cocopandan atau mawar, daun mint, dan buah lemon.

Baca juga  Info Terkini Harga Kopi Robusta di Tingkat Petani

Masukkan satu sendok teh marmalade ke dalam gelas dan tambahkan es batu sesuai selera. Setelah itu, tuang air soda ke dalam gelas dan sisakan sekitar 1 cm ruang di bagian atas. Potong jeruk lemon tipis-tipis dan masukkan dua irisan tipis ke dalam gelas tanpa harus mengaduk atau membuat air menjadi berubah warna. Tambahkan dua sendok makan sirup ke dalam gelas secara perlahan hingga Anda bisa melihat dua layer yang berbeda warna.

Sebagai hiasan agar minuman soda lebih menarik, iris lemon dan letakkan di bagian pinggir mulut gelas. Tambahkan sedikit taburan daun mint di bagian atas minuman, dan minuman siap disajikan. Untuk mengonsumsi minuman tersebut, tentunya Anda harus mengaduknya terlebih dahulu agar layer bagian atas dan bawah tercampur menjadi satu.

Jeruk Sunkist

Saat ini, tidak sulit menemukan jeruk sunkist di pasaran. Anda bisa mendapatkannya di tradisional atau minimarket terdekat. Selain itu, Anda juga bisa membelinya secara online dengan harga jual mulai Rp50 ribuan hingga Rp72 ribuan per kg. Bagi Anda yang ingin membeli lebih dari 1 kg, tersedia 1 dus dengan harga mulai Rp85.000 hingga Rp101.000. Namun, ada juga yang menjual dengan harga Rp370 ribu isi 72-80 buah dengan berat sekitar 15 kg. Harga jeruk sunkist tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Info Terkini Kisaran Harga Kayu Eboni (Kayu Hitam Sulawesi) 

[1] Adityas, Elang Wahyu Putra, dkk. 2017. Karakteristik Marmalade Jeruk Sunkist (Caridina cf propinqua)-Nanas (Ananas comosus) dengan Variasi Penambahan Gula. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 2(2): 103-110.

loading...
author

Leave a reply "Manfaat dan Harga Jeruk Sunkist 1 Kg dan 1 Dus di Pasaran"