Info Harga Jemani Cobra Anthurium di Pasaran

Anthurium termasuk tumbuhan dari Araceae dan memiliki 1.000 jenis dan beberapa di antaranya dijadikan sebagai tanaman hias.[1] Nah, salah satu jenis anthurium yang cukup terkenal karena harga jualnya mahal adalah anthurium jemani cobra. Meskipun begitu, cara perawatannya tidak sulit, karena itu banyak yang menanamnya di rumah.

Termasuk jenis tanaman hias yang premium, banyak pedagang yang mencoba memalsukan anthurium jemani cobra. Untuk itu, pastikan Anda mengetahui ciri-ciri yang asli seperti berikut.

Bacaan Lainnya
Jemani Cobra  Anthurium, (sumber: beritadaerah.co.id)
Jemani Cobra Anthurium, (sumber: beritadaerah.co.id)

Perbedaan Jemani Cobra Asli dan Palsu

Seperti namanya, bentuk lekuk daun anthurium jemani cobra yang asli mirip dengan kepala ular kobra dalam posisi menyerang. Tak seperti tanaman hias lainnya, keindahan anthurium ini terdapat pada daunnya, karena memang tidak berbunga. Daunnya berwarna hijau dengan tulang daun yang berwarna hijau kekuningan dan mampu tumbuh hingga 20 cm.

Sementara itu, anthurium jemani cobra palsu biasanya tidak memiliki lekukan pada daunnya. Bahkan, beberapa jenis anthurium cobra palsu memiliki daun yang berwarna kekuningan dengan tulang daun hijau tua. Biasanya, harga anthurium palsu juga lebih murah daripada yang asli, sehingga Anda perlu waspada.

Baca juga  Update Harga 1 Botol Equil, Air Mineral Premium

Perhatikan juga perubahan warna daun pada anthurium cobra saat Anda membelinya. Pada anthurium cobra yang asli, daunnya akan berwarna hijau muda saat masih bibit. Memasuki usia remaja dan dewasa, daun anthurium cobra akan berwarna hijau gelap. Semakin besar ukuran daunnya, lekukannya juga akan semakin banyak dan warna daun akan semakin gelap.

Pada jemani cobra yang palsu, biasanya daun tidak berubah warna. Ada yang hanya berwarna hijau terang dari bibit hingga dewasa dan ada yang berwarna hijau gelap dari bibit hingga dewasa. Selain itu, ukuran daun jemani cobra palsu biasanya lebih kecil, yakni di bawah 20 cm.

Tekstur daun jemani cobra yang asli terbilang lentur, tetapi tidak mudah robek. Ini karena ada lekukan di bagian samping daum. Tentunya, itu berbeda dengan jemani cobra palsu yang umumnya berdaun kaku dan mudah sobek. Tak hanya itu, jemani cobra yang asli, daunnya akan mengilap saat terkena cahaya matahari, tidak seperti yang palsu.

Setelah Anda mendapatkan jemani cobra yang asli, pastikan juga Anda mengetahui cara merawatnya. Itu tidak sulit, karena Anda hanya perlu melakukan rincian berikut.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cetirizine (Tablet, Strip, Sirup)

Cara Merawat Jemani Cobra

  • Pilihlah lokasi yang bebas polutan dan terkena sinar matahari cukup. Meletakkan anthurium jemani cobra pada ruang lembap bisa menyebabkan busuk akar. Namun, meletakkannya di tempat yang terlalu terik atau panas bisa membuat daunnya layu dan berwarna kusam atau kekuningan.
  • Sesuaikan media pemeliharaan dengan ukuran anthurium jemani cobra. Pot yang terlalu kecil akan membuat struktur tanaman menjadi rusak dan tidak bisa tumbuh dengan baik. Pilihlah pot berukuran besar, karena anthurium jemani cobra bisa tumbuh hingga 20 cm.
  • Media tanam harus diisi dengan tanah yang sudah dicampur kandang. Hindari pupuk buatan atau kimia, karena bisa merusak tanah dan membuat tanaman ketergantungan.
  • Siram tanaman secara rutin jika tanahnya lembap. Hindari menyiram secara berlebihan atau setiap hari, karena bisa menyebabkan busuk akar dan batang. Sebagai saran, siramlah tanaman menggunakan spray supaya mudah mengatur kelembapan tanah.
  • Berikan lanjutan dan tambah tanah pada media tanam setiap dua minggu sekali. Lakukan ini sambil membersihkan hama dan gulma tanaman. Anda boleh menggunakan pestisida dengan dosis rendah jika diperlukan.
  • Potong daun anthurium yang sudah tua dan mulai berwarna kuning. Ini sangat penting untuk meningkatkan regenerasi tanaman sekaligus mencegah penyakit.
  • Supaya tampilan tanaman indah, lakukan pembersihan pada daunnya setiap hari. Gunakan lap kain yang lembut dan lap bagian atas daunnya secara perlahan. Anda juga boleh mengoleskan pengilap daun, untuk tanaman hias.
Baca juga  Harga Ikan Glofish dan Jenis-Jenisnya

Ada banyak jenis jemani cobra yang beredar di pasaran dengan nilai jual beragam. Berikut referensi harganya.

Harga Jemani Cobra

Daun Jemani Cobra  Anthurium (sumber: Bukalapak)
Daun Jemani Cobra Anthurium (sumber: Bukalapak)
Jenis Anthurium Jemani Cobra Harga (Rp)
Anthurium Jemani Cobra Catalog Roset 45.000 per pot
Anthurium Jemani Cobra Bibit 50.000 per polybag
Anthurium Jemani Cobra Mangkok 60.000 per pot
Anthurium Jemani Cobra Variegata Bibit 100.000 per batang
Anthurium Jemani Cobra Catalog Remaja 150.000 per pot
Anthurium Jemani Cobra Variegata 200.000 per pot
Anthurium Jemani Cobra x Mangkok 250.000 per pot
Anthurium Jemani Cobra Jumbo 750.000 per pot

 

Harga jemani cobra di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga jemani cobra tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

 

 

[1] Remika. 2010. Sistem Identifikasi Anthurium Jemani Menggunakan Analisis Struktur dan Warna pada Citra Daun dengan Morfologi Citra Digital dan K-Mean Clustering (Skripsi). Pengolahan Informasi Telkom Bandung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.