Info Terkini Kisaran Harga Jeep Wrangler Rubicon Bekas

Rubicon merupakan salah satu varian dari Jeep Wrangler yang saat ini telah meluncur ke pasaran Tanah . dengan varian Sport, Jeep Wrangler Rubicon dikatakan sebagai kendaraan yang tangguh untuk melibas berbagai medan, termasuk medan off-road. Jika produk barunya dilepas dengan harga mencapai miliaran rupiah, maka produk bekas mobil ini sekarang ditawarkan di kisaran harga ratusan juta rupiah, tergantung kondisi dan tahun rilis.

Seperti dilansir dari Wikipedia, Jeep Wrangler adalah seri compact dan mid-size model kendaraan off-road 4WD, yang diproduksi Jeep sejak tahun 1986 hingga sekarang. Kendaraan ini bisa dibilang sebagai perkembangan tidak langsung dari Jeep yang digunakan pada Perang Dunia II, melalui CJ (Civilian Jeeps) yang dirancang Willys, Kaiser-Jeep, dan American Motors Corporation (AMC) sejak pertengahan 1940-an hingga 1980-an.

Produk, harga, bekas, kendaraan, varian, tipe, mesin, mobil, off-road, Jeep, Wrangler, pasar, situs, second, online, desain, fitur, Rubicon

Jeep Wrangler Rubicon model 2018 (sumber: jeep.com)

Mirip dengan Willys MB dan CJ Jeeps sebelumnya, semua model Wrangler menggunakan bodi dan rangka yang terpisah, as roda kaku di depan dan belakang, hidung yang meruncing dengan fender yang melebar, kaca depan yang dapat dilipat, dan dapat digerakkan tanpa pintu. Juga, dengan beberapa pengecualian, mereka memiliki sistem penggerak empat-roda paruh waktu, dengan pilihan gear tinggi dan rendah, dan standar adalah bodi terbuka dengan hard atau soft-tops yang dapat dilepas.

Namun, seri Wrangler secara khusus dirancang ulang agar lebih aman dan lebih nyaman di jalan, untuk menarik atensi lebih banyak pengemudi harian, dengan meningkatkan suspensi, drivetrain, dan sisi interior, dibandingkan dengan versi CJ. Suspensi pada semua Wrangler termasuk track-bars dan anti-roll bar. Kemudian, mulai tahun 1996 dan seterusnya, digunakan coil springs depan dan belakang sebagai pengganti pegas daun di seri sebelumnya. 

Meski bagian eksterior sangat mirip dengan Jeep CJ-7, Wrangler pertama, yang secara resmi diumumkan pada Februari 1986 di Chicago Auto Show 1986, didasarkan pada seperangkat parameter desain baru. François Castaing (AMC VP of Product Engineering) menjelaskan bahwa model ini benar-benar berbeda. Walau varian Wrangler YJ 1987 menggunakan tubuh dan rangka yang terpisah, dengan wheelbase yang sama dengan CJ-7, dan gandar yang masih solid (baik di depan maupun di belakang), itu adalah desain baru yang signifikan, yang meminjam suspensi, drivetrain, dan interior dari model Cherokee 1984 (XJ).

Kendaraan ini sendiri memiliki track yang lebih lebar, ground clearance lebih pas, serta kenyamanan lebih dan penanganan yang lebih baik. Wrangler YJ masih memiliki suspensi pegas daun yang mirip dengan CJ, namun dengan pegas yang lebih lebar, dan Wrangler pertama memakai sambungan suspensi track-bar dan anti-roll bar untuk meningkatkan penanganan dan keselamatan, membuatnya lebih mudah untuk ditangani pengemudi yang tidak terlatih atau tidak waspada.

Setelah meluncur selama sekitar 9 tahun, varian kedua, Wrangler TJ, diperkenalkan pada tahun 1996 sebagai model tahun 1997. Wrangler generasi kedua ini memperkenalkan lampu depan berbentuk bundar, terinspirasi model Jeep klasik. Mesin utamanya adalah AMC 242, 4.0L, 6 silinder segaris. Mulai tipe TJ dan seterusnya, semua Wrangler dilengkapi dengan coil-spring sebagai pengganti suspensi pegas daun.

Sepuluh tahun berselang, Wrangler generasi ketiga dirilis pada tahun 2006 untuk model tahun 2007. Dikembangkan di bawah kepemilikan DaimlerChrysler, tipe JK ini adalah Wrangler pertama yang menggunakan desain bodi, bingkai, dan suspensi yang benar-benar ‘bersih’. Fitur baru untuk Wrangler termasuk power window, kunci pintu remote power, navigasi, serta fitur elektronik yang dapat dilepas pada beberapa model.

Seiring dengan model 2 pintu tradisional, model 4 pintu ‘Unlimited’ dirilis, menawarkan ruang kabin yang jauh lebih besar, berkat wheelbase yang lebih panjang 20 inci (50 cm). Model ini menjadi salah satu produk yang cukup sukses di pasaran. Pada pertengahan 2017, model empat pintu mewakili tiga perempat penjualan dari semua Wrangler baru di pasar global.

Ilustrasi: Jeep Wrangler Rubicon 2018 Merah di Medan Ekstrem (credit: roadandtrack)

Ilustrasi: Jeep Wrangler Rubicon 2018 Merah di Medan Ekstrem (credit: roadandtrack)

Spesifikasi Jeep Wrangler Rubicon

Nah, di tahun 2017 kemarin, generasi keempat Jeep Wrangler resmi diluncurkan untuk model 2018. Di pasar AS, produk ini sendiri tersedia dalam lima varian, salah satunya Rubicon. Sementara, empat varian lainnya adalah Sport, Sport S, Sahara, dan MOAB. Selain di Negeri Paman Sam, tipe Rubicon, seperti disampaikan di atas, juga sudah dihadirkan untuk pasar dalam negeri.

Menurut situs resmi perusahaan, varian Rubicon menghadirkan ruang penyimpanan yang lebih leluasa, desain ergonomis yang cermat, serta perlindungan terhadap kebisingan (noise). Selain itu, konsumen juga akan memperoleh fitur yang nyaman dan praktis, termasuk jok depan berbalut kulit dan pemanas, tempat gelas bercahaya, penerangan di ruang , dan spion dengan lampu peta LED redup-otomatis yang terintegrasi.

Sementara, di ruang eksterior, dengan pelindung sepatbor, grill tujuh celah yang ikonis, serta pintu dan atap yang dapat dilepas, Jeep Wrangler Rubicon diklaim merupakan kendaraan andal yang penuh gaya dan tidak mengenal kompromi. Konsumen dapat memilih opsi warna bodi dan atap permanen Freedom Top untuk menghadirkan tampilan premium dan berkelas pada model Rubicon.

Beralih ke sektor jantung pacu, Jeep telah membekali Wrangler Rubicon dengan mesin berkapasitas 2.0L, I-4 Direct-Injection Turbo. Mobil ini dikatakan mampu menyemburkan tenaga maksimal 270 HP dan meraih torsi puncak di angka 400 Nm. Bahkan, power yang dihasilkan varian ini dikatakan lebih tinggi daripada versi mesin .000cc.

Ilustrasi: Jeep Wrangler Rubicon 392 Concept (credit: miamilakesautomall)

Ilustrasi: Jeep Wrangler Rubicon 392 Concept (credit: miamilakesautomall)

Harga Wrangler Rubicon

Di pasaran dalam negeri, Jeep Wrangler Rubicon baru saat ini dijual dengan harga mulai Rp1,6 miliar sampai Rp1,895 miliar per unit. Harga ini naik dibandingkan tahun sebelumnya yang dilepas Rp1,59 miliar per unit. Sementara, di pasaran global, harga mobil tersebut mulai 28.475 dolar AS. Masih terlalu mahal? Jangan khawatir karena Anda bisa memilih opsi produk bekas untuk mendapatkan kendaraan ini. Berikut kami sampaikan harga Jeep Wrangler Rubicon bekas di pasaran.

Harga Wrangler Rubicon Bekas

Tahun ProduksiHarga Bekas
2007Rp625.000.000
2008Rp550.000.000 – Rp645.000.000
2010Rp645.000.000
2013Rp763.000.000 – Rp975.000.000
2014Rp880.000.000 – Rp1.095.000.000
2015Rp1.100.000.000 – Rp1.200.000.000
2019Rp1.550.000.000

Harga Jeep Wrangler Rubicon bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs mobil second dan situs jual beli online. Harga Jeep Wrangler Rubicon bekas tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat, tergantung kondisi mobil dan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Dibandingkan tahun sebelumnya, harga Jeep Wrangler Rubicon bekas umumnya relatif stabil. 

[Update: Panca]

Baca juga  Harga Truk Hino Lohan (Semua Tipe)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terkini Kisaran Harga Jeep Wrangler Rubicon Bekas"