Info Budidaya Jagung Manis Beserta Harga Per Kg

Jagung manis menjadi salah satu sumber pangan yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jagung  manis sering ditemukan di berbagai daerah dengan ketinggian mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut. Tak heran jika permintaan jagung manis cukup tinggi dengan harga per kg yang bervariasi, mengingat beruas ini juga menjadi sumber karbohidrat selain .

Jagung manis (sumber: mesinpertanian.id)

Jagung manis (sumber: mesinpertanian.id)

Terdapat dua jagung manis yang dibudidayakan di Indonesia, yakni dent dan flint. Kedua jagung ini membutuhkan suhu lingkungan berkisar di antara 21 sampai 27 derajat celsius. Sedangkan kadar keasaman tanah yang baik untuk budidaya sekitar 5-8 pH. Dengan rasa yang cukup manis, kadar gula pada kedua jagung ini akan meningkat saat memasuki hari ke-5 sampai hari ke-15.

Tak hanya mengandung karbohidrat, jagung juga menjadi sumber serat yang kaya akan dan mineral. Deretan terkandung dalam jagung manis mulai dari folat, A, , C, dan B yang seluruhnya berfungsi baik untuk tubuh. Sejumlah senyawa bioaktif seperti asam ferulat, phytic acid, zat antosianin, serta zat zeaxanthin dan lutein yang memiliki manfaat bagi kesehatan mata.

Selain dimakan secara langsung, jagung juga sering diolah menjadi beragam bentuk masakan. Mulai dari aneka lauk, puding, bolu, jus, talam, bubur, hingga lepet, membuat peminat jagung juga berasal dari berbagai kalangan. Bahkan, banyak juru masak juga terus menginovasi olahan unik berbentuk jagung seperti cake ataupun ice cream sehingga membuatnya semakin populer.

Baca juga  Terbaru, Harga Kuningan Sari per Kg di Pasaran Indonesia

Langkah Budidaya Jagung Manis

Pohon jagung ditanam di ladang (sumber: pioneer.com)

Pohon jagung ditanam di ladang (sumber: pioneer.com)

Pengolahan lahan tanam jagung

Untuk mendapatkan hasil panen jagung yang maksimal, Anda perlu mengolah terlebih dulu lahan yang akan digunakan untuk menanam jagung. Dimulai dengan pembuatan bedengan dengan ukuran lebar sekitar 1 meter dengan tinggi 20-30 cm, jarak antar bedengan 30 cm dan dalam satu bedengan terdapat 2 larikan untuk ditanami jagung.

Penanaman dan perawatan jagung manis

Teknik penanaman jagung yang efektif yakni ditugal dengan lubang larikan berkedalaman 2-3 cm, kemudian masukan 2 butir bibit jagung. Setelah itu tutup lubang dengan menggunakan kompos dan siram dengan air agar kelembaban tanah terjaga. Dalam satu hektare lahan memerlukan bibit jagung manis sekitar 8 kg dengan jarak tanam ideal sekitar 60-75 cm.

Pemeliharaan dan pengendalian tanaman

Kelembapan tanah dan pemupukan perlu diperhatikan selama perawatan. Pemupukan susulan dilakukan setelah tanaman berusia 2 bulan setelah bibit ditanam. Tanaman jagung manis memiliki banyak jenis hama yang menyerang seperti penggerek batang jagung (O. furnacalis), ulat tongkol (H. armigera), kutu daun (R. maidis), belalang (Oxya spp.), dan tikus (Rattus argentiventer). Untuk mengatasi hama tersebut tentu diperlukan penanganan khusus yang disesuaikan dengan jenis hama.

Tak hanya hama, ternyata sejumlah virus juga menyerang tanaman jagung manis yang dapat diatasi dengan fungisida. Virus tersebut mulai dari bule (Peronosclespora Maydis), karat (Puccinia sorghi), hawar daun (Helminthosporium turcicum), hawar daun (Curvularia sp.) dan hawar pelepah (Rhizoctonia solani).

Baca juga  Harga Terkini Lemon 1 Kg di Pasaran (Lokal dan Impor)

Panen jagung manis

Saat tanaman telah berusia 50 hari, jagung manis akan mengeluarkan tongkol, biasanya akan ada 2 tongkal jagung sehingga perlu untuk menghilangkan tongkol yang bagian bawah agar jagung bisa tumbuh dengan maksimal. Tak hanya mengambil tongkol muda tersebut, Anda juga harus memapas daun di bawahnya. Panen dapat dilakukan saat umur tanaman jagung manis 65-75 hari.

Harga Jagung Manis di Pasaran

Jagung manis (sumber: kampustani.com)

Jagung manis (sumber: kampustani.com)

Lokasi PasarHarga per kg (Rp)
Pasar Jambu Dua8.000
Pasar Baru Bogor9.000
Pasar Sukasari10.000
Pasar Gunung Batu10.000
Pasar Merdeka10.000

Produksi jagung satu tahun terakhir mencapai 33 juta ton. Gejolak harga dan pasokan jagung akan diperparah dengan pengering di gudang-gudang penyimpanan jagung nasional yang belum siap. Sehingga memengaruhi jagung yang dipanen para petani.

Anda dapat dengan mudah membeli jagung di supermarket, seperti di Hypermart jagung manis kupas dijual seharga Rp1.800 per 100 gram. Sedangkan jika ingin membeli secara online, jagung manis per kg dibanderol dengan harga Rp13 ribu – Rp17 ribu.

Tips Membeli Jagung Manis Berkualitas dan Segar

Biji jagung manis (sumber: wongcoco.com)

Biji jagung manis (sumber: wongcoco.com)

Perhatikan kesegaran jagung

Kelembaban harus diperhatikan saat membeli jagung manis. Indikatornya yakni jagung manis tidak kering dan daun jagungnya menutupi bonggol.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Minum, & Harga CMP HWI

Perhatikan bagian rumbai jagung

Rumbai dengan warna kuning kecokelatan dan lengket, namun lembut merupakan indikasi bahwa jagung tersebut dalam keadaan segar. Sementara jika rumbai terasa kering maka bisa menjadi indikasi bahwa jagung telah dipanen beberapa hari sebelumnya. Selain itu, jika Anda menemukan kondisi rumbai berwarna hitam dan terasa basah disebabkan jagung sudah tua.

Perhatikan batang bawah jagung

Batang bawah pada jagung juga dapat menunjukkan . Batang bawah jagung yang berwarna cokelat artinya jagung tersebut sudah tua dan bisa jadi tidak segar lagi. Sehingga pilihlah jagung dengan batang bawah yang masih terlihat segar dan lembab agar kualitasnya masih baik dan aman untuk dikonsumsi.

Berat jagung dan daun yang seimbang

Ketika berat jagung dan daun tidak seimbang, hal tersebut menandakan daun telah dimakan serangga atau jamur.

Periksa biji jagung manis

Biji jagung yang baik memiliki penampilan yang gemuk dan kencang, sebaliknya apabila biji jagung terasa licin maka bisa jadi jagung telah mengering. Selain itu, untuk ukuran dari biji jagung tersebut pilihlah yang berukuran mungil namun padat. Jika Anda menemukan jagung manis dengan biji besar diindikasikan telah tua dan banyak patinya.

Tak mudah mengecek jagung dengan beragam kondisi yang ditemukan. Namun, sejumlah tips di atas diharapkan dapat Anda coba ketika berada di pasar untuk membantu menemukan jagung yang terbaik. Jika jagung yang Anda beli segar dan berkualitas, tentu akan aman dikonsumsi sehari-hari.

loading...
author

Leave a reply "Info Budidaya Jagung Manis Beserta Harga Per Kg"