Info Harga Jagung Giling Kasar dan Halus untuk Pakan Ternak

Kebutuhan jagung di Indonesia untuk industri pakan ternak terbilang cukup tinggi. Jagung  dipilih sebagai pakan karena dinilai paling stabil, risikonya bisa diukur dibandingkan komoditas lain, dan pasarnya masih sangat luas. Selain dijual dalam bentuk utuh, umumnya jagung digiling kasar dan halus, tergantung kebutuhan ternak. Harga jagung giling kasar dan halus tentunya berbeda dibandingkan saat dijual utuh.

Jagung giling (sumber: ansonmills.com)
Jagung giling (sumber: ansonmills.com)

Jagung saat ini masih merupakan butiran-butiran yang paling banyak digunakan sebagai bahan pakan sumber energi, terutama bagi ternak unggas, karena dari kelompok tanaman butiran-butiran, jagung mempunyai nilai energi metabolis tertinggi.[1] Dibandingkan dedak padi, kedelai, atau pollard,  jagung sebagai  pakan memiliki lebih baik dan proses penyiapan lebih mudah.

Bacaan Lainnya

Kandungan Jagung

Jagung banyak dipilih sebagai sumber pakan ternak dibandingkan dengan komoditas lain karena mempunyai 70% karbohidrat, 10% protein, dan 5% lemak. Kandungan pati lebih dari 60-80% akan mudah dicerna karena kandungan serat kasar relatif rendah. Pati jagung mengandung xantofil yang berfungsi untuk meningkatkan kepekatan warna kuning pada kaki, daging, dan kuning telur ayam. Jagung juga mempunyai kandungan lemak yang tinggi  sebesar 3%.

Baca juga  Update Harga Menu Ikan Bakar Cianjur (Makanan dan Minuman)

Tidak hanya itu, jagung mengandung energi yang tinggi dan termasuk dalam bahan pakan sumber energi. Kandungan energi jagung yang tinggi berasal dari endosperm yang mengandung amilopektin dan mengandung 3-4% minyak. Namun, kandungan jagung tergantung dari waktu panennya. Jagung yang dipanen sebelum waktunya, akan memiliki kandungan energi yang rendah karena pati yang terkandung di dalamnya masih belum banyak, sehingga dianjurkan memanen jagung pada saat sudah cukup umur.[2]

Setelah dipanen, jagung biasanya digiling menjadi butiran kasar atau halus. Pembuatan jagung giling ini pun sangat mudah. Jagung kering digiling atau ditumbuk sampai menjadi butiran kasar atau halus, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peternak.

Cara Jagung Giling Pakan Ternak

Pembuatan jagung giling begitu mudah, asalkan Anda juga memiliki mesin penggilingan jagung. Namun, jika Anda tidak memiliki mesin penggilingan, maka tak ada salahnya menggunakan alat penumbuk. Alat penumbuk jagung tradisional mudah digunakan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan menggunakan mesin penggilingan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pisang Sunpride (Semua Varian)

Sebelum jagung giling, pastikan jagung Anda telah dijemur hingga benar-benar kering. Anda dapat menggunakan alat pengering agar memudahkan proses pembuatan. Jagung kering tersebut kemudian ditumbuk sampai menjadi butiran kasar. Anda dapat menyesuaikan bentuk gilingan sesuai kebutuhan. Setelah itu, jagung giling dikemas di dalam karung plastik dan simpan ditempat yang kering.

Apabila Anda tak punya waktu untuk jagung giling, maka tak ada salahnya membeli langsung ke toko pakan ternak terdekat. Selain itu, Anda pun bisa membelinya lewat berbagai situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga jagung giling di pasaran dalam negeri.

Jagung & jagung giling (sumber: tasteofhome.com)
Jagung & jagung giling (sumber: tasteofhome.com)

Harga Jagung Giling Kasar

Bobot Jagung Giling Kasar Harga
Jagung Giling Kasar 500 gr Rp3.800
Jagung Giling Kasar 1 kg Rp7.500
Jagung Giling Kasar Super 1 kg Rp9.500
Jagung Giling Kasar 1 sak (25 kg) Rp238.000

Selain jagung giling kasar, sebagian peternak memilih jagung giling halus untuk kemudian diolah dan dicampurkan dengan bahan pakan lainnya. Berikut harga jagung giling halus yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jagung giling kasar.

Harga Jagung Giling Halus

Bobot Jagung Giling Halus Harga
Jagung Giling Halus 500 gr Rp5.000
Jagung Giling Halus 1 kg Rp10.000
Jagung Giling Halus Super 1 kg Rp12.000
Jagung Giling Halus 1 sak (25 kg) Rp250.000
Baca juga  Cara Merawat dan Harga Anakan Kucing British Shorthair Terbaru

Beberapa toko pakan ternak saat ini telah bekerja sama dengan layanan jasa ojek seperti GrabFood atau GoFood dalam menjual produknya untuk memudahkan konsumen. Sebagai referensi lain, kami sajikan info harga jagung giling dan pakan lainnya di Kilang Padi MGS Tanjung Anom daerah Sumatra.

Ilustrasi: jagung pakan ayam (sumber: cs-tf.com)
Ilustrasi: jagung pakan ayam (sumber: cs-tf.com)

Harga Pakan di Kilang Padi MGS Tanjung Anom

Jenis Pakan Harga
Jagung Giling Halus 1 kg Rp8.125
Menir Jagung 1 karung Rp93.750
Jagung Bulat Rp6.250
Dedak Jagung Rp6.250
Menir 1 kg Rp7.500
Dedak Kasar 1 kg Rp31.250
Dedak Halus 1 kg Rp43.750
Pur Ayam 1 karung Rp93.750

Perlu diingat, harga jagung giling kasar dan halus serta pakan lainnya di atas tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi toko pakan ternak terdekat di daerah Anda.

[1] Widodo, Eko. 2017. Ilmu Bahan Pakan Ternak dan Formulasi Pakan Unggas. Malang: Universitas Brawijaya Press, hlm. 12.

[2] Ibid, hlm. 14.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.