Info Biaya Pasang & Harga IUD Nova T

Alat kontrasepsi atau KB umum digunakan oleh para wanita yang ingin menunda kehamilan. Ada banyak jenis alat kontrasepsi yang dapat dipilih, salah satunya KB atau yang dikenal dengan spiral. IUD Nova T 380 AG merupakan salah satu jenis IUD yang banyak dipakai dan ditawarkan dengan harga bervariasi.

Apa Itu IUD?

IUD (sumber: khn.org)
IUD (sumber: khn.org)

IUD (Intra Uterine Devices) merupakan kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim yang terbuat dari bahan polietilen dengan atau tanpa metal untuk steroid. IUD sangat efektif untuk menjarangkan kehamilan dibandingkan dengan metode kontrasepsi jangka panjang lainnya seperti implan, tubektomi, dan vasektomi. IUD merupakan metode kontrasepsi jangka panjang yang paling banyak digunakan dalam program KB di Indonesia. Pengguna IUD di Indonesia mencapai 22,6% dari semua pengguna metode kontrasepsi.[1]

Bacaan Lainnya

IUD (Intrauterine Device) umumnya berbentuk kecil, lentur, terbuat dari plastik yang dimasukkan ke dalam rongga uterus melalui leher rahim. IUD berbeda-beda dalam segi ukuran, bentuk, maupun bahannya. Sebagian IUD juga tidak mengandung bahan aktif secara farmakologis (misalnya atau progesteron).[2]

Dalam mencegah kehamilan, efektivitas IUD mencapai 97-99%. Mekanisme kerja IUD belum dapat dipastikan, meskipun IUD membuat endometrium tidak sesuai untuk implantasi dengan menginduksi respon leukosit polimorfonuklear lokal, memproduksi prostaglandin E2 dan F2, serta merangsang kontraksi uterus. Setidaknya terdapat dua macam KB spiral atau AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) yakni IUD hormonal dengan kandungan hormon progestin dan IUD berlapis tembaga seperti Nova T.

Dibanding IUD hormonal, IUD Nova T kabarnya dapat bertahan lebih lama sejak pemasangan dan bagi pengguna akan tetap mengalami menstruasi. Berikut ulasan mengenai IUD Nova T.

Tentang IUD Nova T

IUD Nova T merupakan produk KB spiral buatan pabrikan farmasi asal Jerman, Bayer. NOVA T 380 adalah alat kontrasepsi dalam rahim yang terbuat dari polietilen dan dililit dengan kawat tembaga dengan inti perak. Luas permukaan tembaga adalah 380 mm2. Badan polietilen, dibentuk sebagai T yang dimodifikasi dengan kandungan barium sulfat. Benang pelepasan, berpigmen dengan oksida besi melekat pada alas dari lengan vertikal T.

IUD Nova T sebaiknya dipasang pada rahim wanita yang sudah pernah hamil dan ingin merencanakan kehamilan berikutnya. Ibu pun bisa memasang Nova T, tetapi sebaiknya setelah ukuran rahim kembali kepada kondisi semula, yaitu sekitar 1,5-2 bulan setelah melahirkan. Cara kerja IUD Nova T adalah dengan melepaskan unsur tembaga secara perlahan-lahan untuk menghalangi sperma mencapai sel telur.

Pemasangan IUD Nova T biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, dan proses pemasangan hanya memerlukan waktu 10-15 menit. Satu jam sebelum pemasangan, disarankan untuk mengonsumsi obat penghilang sakit seperti ibuprofen. Untuk mencegah rasa sakit setelah pemasangan, Anda dapat mengompres bagian panggul atau perut dengan benda hangat. Masa kedaluwarsa IUD Nova T yaitu selama 5 tahun, sedangkan Copper-T dapat bertahan hingga 8 tahun.

Wanita yang IUD Nova T, kemudian hamil, mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalami kehamilan ektopik, khususnya jika IUD memiliki kandungan progesteron. Pasalnya, sedikit tembaga yang larut dari IUD Nova T dapat bersifat bakterisidal. Risiko infeksi saat pemakaian bervariasi tergantung tipe IUD.

Kelebihan IUD Nova T

IUD Nova T 380 (sumber: lazada)
IUD Nova T 380 (sumber: lazada)
  • Bisa dilepas kapan saja tanpa mempengaruhi kesuburan
  • Aman digunakan
  • Tidak membuat gemuk

Review IUD Nova T

Menurut review di internet, kelebihan IUD Nova T yang paling disukai wanita yaitu pemasangannya yang dapat dilepas kapan saja oleh dokter spesialis obgyn atau bidan . Selain itu, pemasangan IUD Nova T juga dapat dilakukan dengan bius total bagi sebagian pasien yang merasa tegang. Hal tersebut dikarenakan otot rahim yang menegang dapat mempengaruhi posisi IUD menjadi tidak normal, sehingga kemungkinan terlepas atau bergeser semakin besar.

IUD Nova T dapat bergeser ditandai dengan panjang tali IUD yang berubah. Tak hanya itu, Anda dapat merasakan alat IUD Nova T saat buang air, berjalan, atau sekedar duduk. Saat berhubungan intim, alat IUD Nova T terasa oleh pasangan, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit.

Selain IUD Nova T dapat bergeser, beberapa pengguna juga mengalami efek samping lain seperti siklus menstruasi berantakan dan pendarahan di luar menstruasi. Anda merasakan keluhan seperti keputihan yang tidak normal, berbau, dan berwarna selain putih, serta kram hebat. Jika Anda mengalami kondisi di atas, ada baiknya segera mengunjungi dokter kandungan tempat pemasangan IUD Nova T.Berikut info harga dan biaya pemasangan IUD Nova T.

Harga IUD Nova T

Jenis IUD Nova T Harga (Rp)
IUD Nova T 380 338.000 – 444.200
Pemasangan IUD Nova T 633.650 – 1.211.250

Informasi harga IUD Nova T dan biaya pasang IUD di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat sebelum memutuskan memasang IUD Nova T demi menghindari risiko tertentu.

[1]Putri, RP dkk. . Efektivitas Intra Uterine Devices (IUD) Sebagai Alat Kontrasepsi. Jurnal Kedokteran UNILA. 5(4): 139.

[2]Arvin, BehrmanKliegman. 2000. Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: ECG, hlm 683.

Pos terkait