Update Harga Isi Staples Ukuran Besar (All Merek)

Staples, atau stapler, merupakan alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukkan staples berbentuk huruf ‘U’ yang terlipat di bagian bawah kertas bila panjang kedua ujung melebihi tebal kertas. Untuk menggunakan staples ini, biasanya diperlukan isi yang bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau, baik untuk staples kecil maupun dengan ukuran yang lebih besar.

Ilustrasi: staples ukuran besar beserta isinya (unsplash)

Ilustrasi: staples ukuran besar beserta isinya (unsplash)

Meski dikenal dalam dunia modern, ternyata staples pertama telah muncul sejak abad ke-18 silam di Negeri Anggur Perancis. Menurut legenda, mesin staples yang dioperasikan dengan tangan sudah dibuat untuk Raja Louis XIV dari Perancis pada tahun 1700-an. Setiap mesin staples kala itu diberi lambang kerajaan. Hal ini menandakan bahwa staples bukan alat perekat sembarangan dan benda ini bisa dijadikan sebagai benda mewah pada kala itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, alat penjilid kertas yang praktis pun semakin dibutuhkan imbas makin meluasnya pemakaian kertas. Pada tanggal 30 September 1841, seorang penemu bernama Samuel Slocum memperoleh paten untuk alat penjilid kertas modern. Berdasarkan paten dan penjelasannya, alat ini memang belum bisa disebut staples, karena hanya menyatukan kertas dengan semacam paku supaya lebih mudah dikemas dalam jumlah banyak.

Jenis Staples

  • Staples permanen, merupakan jenis yang paling digunakan. Bahan yang ingin dijilid disatukan dengan kokot. Tekanan dari lengan bagian atas staples melipat ujung kokot yang melebihi tebal kertas. Kokot yang mengunci di bagian belakang kertas bisa berbentuk atau datar sesuai dengan pola yang ada di lengan bagian bawah staples.
  • Staples pemaku, biasa digunakan untuk memaku poster atau kertas tebal di dinding atau papan pengumuman. Staples jenis ini juga sering disebut dengan tacker. Sebagian staples kantor memiliki lengan bagian bawah yang bisa dilipat keluar, sehingga lengan staples bagian atas bisa digunakan untuk memaku. Biasanya tukang memakai alat ini untuk memasang mur dan paku di dinding. Selain itu, alat ini bisa dipakai untuk memaku papan kayu atau triplek, tetapi tidak cocok untuk bahan yang keras seperti besi.
  • Staples penjilid majalah, memiliki lengan bagian bawah bagian bawah yang tetap dan lengan bagian atas yang bisa digeser-geserkan. Alat ini biasa dipakai untuk merapikan sekaligus merekatkan kertas majalah. Selain itu, staples ini bisa dipakai untuk menjilid buku yang tipis atau makalah tugas sekolah.
  • Staples listrik, sering digunakan di kantor yang berhubungan dengan penjilidan, penerbitan. Penjilidan kertas bisa dilakukan secara cepat dan akurat dengan staples otomatis ini. Alat ini juga biasa dipakai untuk mengemas barang atau sebagai sealed. Anda bisa merekatkan bagian atas wadah pengemas seperti kardus dan kertas dengan mudah tanpa meninggalkan cacat di bagian pinggir kemasan.

Sementara, berdasarkan ukurannya, staples bisa dibagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah ukuran kecil yang memakai isi ukuran nomor 10 (standar JIS) atau nomor 23 (standar Eropa-Amerika). Alat perekat ini biasa dipakai untuk keperluan fotokopi dan menjilid. Ukurannya yang kecil tidak bisa dipakai untuk merekatkan kertas dalam jumlah terlalu banyak dan maksimal hanya 20 lembar. Di atas 20 lembar, alat bisa mengalami kerusakan di bagian ujung atau kepala staples.

Isi staples (sumber: daysoftheyear.com)

Isi staples (sumber: daysoftheyear.com)

Kemudian, staples ukuran sedang yang memakai isi ukuran nomor 3 atau nomor 35. Alat ini juga biasa ditemukan di lapak penjilidan dan fotokopi. Biasanya staples ini dipakai untuk merekatkan buku cetak atau majalah berukuran besar. Alat ini hanya bisa dipakai untuk merekatkan kertas dengan jumlah maksimal 75 lembar. Lebih dari jumlah maksimal, kertas tidak bisa menempel dan berisiko kerusakan alat.

Terakhir, staples ukuran besar yang memakai isi ukuran nomor 1 atau nomor 12. Alat ini biasa ditemukan di lapak percetakan dan penjilidan buku berskala besar. Staples ini biasa dipakai untuk menjilid buku dengan jumlah kertas hingga 250 lembar. Selain itu, alat ini mampu merekatkan hard cover berbahan kertas tebal hingga kardus dengan baik.

Supaya alat bisa berfungsi dengan baik, tentunya Anda membutuhkan isi staples. Isi staples ini terbuat dari besi dan aluminium supaya awet dan tidak mudah berkarat. Tidak sulit menemukan isi staples, karena Anda bisa membelinya di ATK (Alat Tulis Kantor), lapak fotokopi, dan situs jual beli online. Bagi Anda yang membutuhkan isi staples ukuran besar, berikut kisaran harganya.

Harga Isi Staples Ukuran Besar

Merk/Tipe Isi Staples BesarHarga
Kenko No.3 Rp12.000
Max No.3Rp5.500
SDI No.3Rp3.000
Kangaro No.3 (1 pack)Rp89.900
Etona No.3Rp3.250
Max No.1Rp18.000
Max No. 3 (1 pack isi 20 buah)Rp80.000

Daftar harga tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli online dan juga situs resmi beberapa ATK. Harga isi staples bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Misalnya, tahun lalu harga isi staples besar Kenko No. 3 masih berada pada kisaran Rp4.124 dan saat ini menjadi Rp12.000 per kemasannya. Sementara itu, harga isi staples besar Max No. 3 yang semula Rp5.000, kini menjadi Rp5.500.

[Update: Almas]

Baca juga  Keunggulan dan Harga Briket Arang Batok Kelapa
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Isi Staples Ukuran Besar (All Merek)"