Harga Lem Isarplas untuk Pipa Paralon (Tube dan Kaleng)

Pipa paralon, atau pipa PVC, saat ini memang semakin digemari sebagai saluran air dibandingkan dengan besi karena selain lebih ringan, juga lebih praktis dan murah. Tidak hanya itu, walau terbuat dari plastik, ternyata pipa paralon pun memiliki tahan yang cukup oke. Apabila Anda juga tertarik pipa ini, Anda membutuhkan lem khusus untuk menyambung antara satu pipa dengan pipa yang lain. Untung saja saat ini sudah banyak merk lem pipa paralon yang dijual bebas dengan harga terjangkau, salah satunya Isarplas.

Ilustrasi: lem pipa (sumber: resin-expert.com)
Ilustrasi: lem pipa (sumber: resin-expert.com)

Kelebihan Pipa Paralon

Secara umum, pipa paralon punya karakter ringan, kuat, fleksibel, tahan terhadap api, tahan bocor, tahan korosi, serta mudah ketika dirakit sehingga ideal dalam menjalankan fungsinya. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian pipa PVC ini konon sudah digunakan dalam instalasi plumbing di seluruh dunia sejak tahun 1930-an silam.[1]

Bacaan Lainnya

Tidak terbatas sebagai sambungan saluran air atau listrik, ternyata pipa paralon juga dapat digunakan sebagai bahan tambah (additive) ke dalam campuran beton panas.[2] Anda bisa memanfaatkan sisa-sisa talang air atau stop kontak. Bahkan, barang berbahan PVC lainnya, seperti pembungkus kabel listrik, peralatan rumah tangga, serta botol sampo juga dapat digunakan. Alasannya, material ini punya sifat yang stabil dan tidak mudah terurai dalam waktu yang lama.

Baca juga  Update Harga Minyak Goreng Kelapa (Semua Merk)

Untuk keperluan saluran air, biasanya yang dipasang tidak hanya pipa paralon berbentuk lurus memanjang. Tukang umumnya akan membuat belokan-belokan, yang disesuaikan dengan letak pompa air atau kran PDAM serta sumber air. Demikian pula saat Anda memakai pipa ini untuk instalasi listrik. Nah, untuk menyambungkan pipa-pipa ini dibutuhkan lem khusus.

Review Lem Isarplas

Di pasaran, sebenarnya sudah ada banyak merk lem khusus pipa PVC yang dapat Anda pilih. Namun, apabila Anda menginginkan produk yang berkualitas dengan harga relatif hemat, mungkin lem Isarplas bisa menjadi referensi yang menarik. Ini adalah lem pipa paralon yang diklaim super kuat sehingga sambungan pipa tidak akan bocor.

Menurut review sejumlah pengguna, lem Isarplas adalah lem pipa PVC yang berfungsi sebagai bahan perekat dua sisi suatu benda. Lem ini memang biasa dipakai untuk menyambung pipa-pipa paralon, karena punya rekat yang kuat dan cepat, tahan terhadap pengaruh bahan kimia, air, dan panas, serta dapat digunakan untuk perorangan maupun untuk industri-industri bangunan.

Baca juga  Harga Seal Tape ONDA (1/2 Inch dan 1 Inch)
Lem pipa Isarplas
Lem pipa Isarplas

Nah, apabila Anda tertarik lem Isarplas, tidak sulit mendapatkan produk ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan terdekat. Selain itu, lem Isarplas juga dapat dipesan lewat sejumlah situs jual beli online. Harganya bervariasi, tetapi dijamin tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Harga Lem Isarplas

Kemasan Lem Isarplas Harga
Lem Isarplas Tube 45 gr Rp6.800 – Rp11.000
Lem Isarplas Kaleng 400 gr Rp55.200 – Rp67.000

Informasi harga lem Isarplas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda ingat bahwa harga lem Isarplas tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga lem Isarplas di masing-masing toko bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Tips Memilih Lem Paralon

Karena ada banyak produk yang dijual bebas, Anda tentu tidak boleh asal pilih saat akan membeli lem paralon. Jika lem digunakan untuk kebocoran atau instalasi PVC baru, pilih lem yang bisa merekatkan dengan sempurna dan tahan lama. Pastikan lem dapat menyatukan solvent cement pipa dan sambungan PVC supaya di kemudian hari tidak terjadi kebocoran.

Baca juga  Update Harga Minyak Goreng Fortune (Bantal, 1 Liter, 2 Liter, 5 Liter, Dus)

Untuk pengguna proyek non-plumbing atau untuk kerajinan dari pipa PVC, mencegah kebocoran pipa sebenarnya bukanlah hal utama yang diprioritaskan. Namun, yang diperlukan adalah lem pipa PVC yang dapat menyatu dan merekat dengan sempurna agar hasilnya tahan lama dan kuat, serta terlihat bagus, halus, dan tidak kasar.

Sementara itu, untuk para pekerja profesional proyek berskala besar, sudah pasti memerlukan lem pipa PVC yang memiliki kriteria lengkap seperti tahan lama, mudah digunakan, merekat sempurna, proses penyambungan yang cepat, dan cocok di iklim tropis dengan harga yang kompetitif. Karena hal terpenting yang harus diingat saat lem pipa PVC adalah bagaimana cara Anda menggunakannya, akan memiliki dampak terbesar pada hasil kinerjanya.

[1] Pramono, Jonathan, Yusita Kusumarini, Jean F. Poillot. 2017. Eksperimen Perancangan Elemen Pembentuk dan Pengisi Ruang Interior Berbasis Repurposing Pipa PVC. Jurnal Intra, Vol. 5(2): 237-246.

[2] Linggo, J. F. S. dan Julius Yoga Kurniawan. 2015. Penggunaan PVC sebagai Bahan Tambah pada Beton Aspal. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 13(3): 190-195.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.