Cara Pakai dan Update Harga Insulin Pen Berbagai Merk

Untuk memenuhi kebutuhan pasokan insulin penderita diabetes, kini telah ada insulin pen atau suntik insulin. Dengan pemakaian yang mudah, alat ini dapat digunakan pasien untuk mengontrol kadar gula darah, termasuk mencegah hati memproduksi kadar gula berlebih. Dapat dibeli di sejumlah apotek hingga situs jual beli online, insulin pen tersedia dalam berbagai merk dan ditawarkan dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah.

Insulin pen (sumber: pixels.com)
Insulin pen (sumber: pixels.com)

Diabetes melitus dapat dikatakan sebagai kumpulan gejala yang timbul pada seseorang akibat tubuh mengalami gangguan dalam mengontrol kadar gula darah. Gangguan diabetes bisa disebabkan oleh sekresi hormon insulin tidak adekuat atau fungsi insulin terganggu atau justru gabungan keduanya.[1] Merupakan gangguan metabolik menahun, penyakit ini sering disebut sebagai silent killer karena banyak yang tidak menyadari bahwa mereka telah menyandang diabetes.

Bacaan Lainnya

Data dari studi global menunjukkan bahwa jumlah penderita diabetes melitus pada tahun 2015 telah mencapai 415 juta orang, dan jika tidak ada tindakan yang dilakukan, maka diperkirakan jumlahnya akan meningkat menjadi 642 juta pada tahun 2040 mendatang.[2] Sebanyak 1 dari 11 orang telah mengidap penyakit ini, dan ada 1 orang yang meninggal setiap 6 detik akibat diabetes.

Untuk membantu menambah pasokan insulin, pasien dapat menggunakan alat bernama suntik insulin atau insulin pen. Alat ini akan membantu mengambil alih fungsi insulin alami tubuh, sehingga mampu mengatur kadar gula darah. Cara kerjanya hampir sama dengan hormon insulin alami, yakni mengolah gula darah menjadi energi, serta mencegah hati memproduksi kadar gula berlebih.

Menurut keterangan Pelayanan Informasi Obat di BLUD RSU Kota Banjar, insulin pen ini dapat disuntikkan secara subkutan pada perut, paha bagian atas, bagian belakang lengan atas, serta pantat. Tempat penyuntikan insulin pen harus bergilir, tidak pada satu tempat saja dengan metode searah jarum jam.

Cara Penggunaan Insulin Pen

  • Awalnya, pasien harus melepaskan tutup pena, kemudian memeriksa reservoir untuk memastikan insulin jelas, tidak berwarna, dan tidak ada partikel.
  • Setelah itu, tarik kertas pembungkus pada jarum pen, lalu masukkan jarum insulin ke insulin pen.
  • Kemudian, tahan pena dengan jarum mengarah ke atas dan tekan reservoir insulin secara pelan-pelan sehingga gelembung udara naik ke bagian atas jarum.
  • Tekan tombol injeksi dengan benar sambil mengamati bahwa insulin keluar dari jarum. Jika perlu, ulangi sampai insulin terlihat di ujung jarum.
  • Jika insulin masih belum keluar, gunakan jarum baru dan lakukan uji keamanan lagi.
  • Pastikan dosis awal menunjukkan “O” dan kemudian pilih dosis.
  • Bersihkan daerah yang akan disuntik dengan alcohol swab.
  • Genggam pen dengan empat jari, letakkan ibu jari pada tombol injeksi, cubit bagian kulit yang akan disuntik, lalu segera suntikan jarum pada sudut 90 derajat.
  • Lepaskan cubitan, kemudian gunakan ibu jari untuk menekan tombol injeksi ke bawah sampai berhenti.
  • Biarkan jarum di tempat selama 5 sampai 10 menit untuk membantu mencegah insulin keluar dari tempat injeksi.
  • Tarik jarum dari kulit, terkadang terlihat memar atau tetesan darah, tetapi itu tidak berbahaya.
  • Setelah penyuntikan, masukkan penutup jarum luar pada jarum dan putar untuk melepaskan jarum dari pen.
  • Tempatkan jarum yang telah digunakan pada wadah yang aman (kaleng kosong) dan buang ke tempat sampah.

Walau terlihat mirip, insulin pen ini ternyata dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Ada kerja sangat cepat seperti Insulin Lispro dan Insulin Aspart (Novorapid), ada kerja pendek seperti Actrapid dan Humulin R, ada kerja menengah seperti Humulin N, ada yang kerja panjang seperti Insulin Glargin (Lantus) dan Insulin Levemir, serta kerja seperti Humalog dan Novomix. Sebagai referensi, berikut kisaran harga insulin pen di pasaran.

Insulin pen (sumber: myglu.org)
Insulin pen (sumber: myglu.org)

Harga Insulin Pen

Merk/Tipe Insulin PenHarga
Pen Needles Insulin Gidcare 30 GRp127.500
Novomix 30 FlekPenRp221.961
Novorapid FlexPenRp221.961
Humalog Kwikpen 100IU/MLRp229.061
Levemir FlexPenRp241.502
Sansulin N InjeksiRp250.000
Lantus SoloStarRp263.508
Apidra 100IU/ML SoloStarRp293.883
Ez-PenRp300.000
Tresiba PenRp398.491
Ezelin Insulin GlargineRp500.000
Sansulin R InjeksiRp714.219
Mixtard 30 Penfill 100IURp765.262
Humulin 30/70 100IURp843.333
Ryzodeg Novo NordiskRp1.810.333

Harga insulin pen di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk beberapa apotek seperti Apotek K24 dan Kimia Farma, serta sejumlah situs jual beli terpercaya. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga insulin pen di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Apidra 100IU/ML SoloStar yang semula dijual seharga Rp230.541, sekarang naik menjadi Rp293.883. Sebaliknya, harga Humalog Kwikpen 100IU/ML justru turun dari Rp251.968 menjadi Rp229.061.

Insulin Pen Penderita Diabetes - www.klikdokter.com
Insulin Pen Penderita Diabetes – www.klikdokter.com

Tak hanya pemakaian insulin pen, Anda pun disarankan melakukan pemeriksaan insulin secara rutin di kesehatan. Dengan pemeriksaan secara berkala, penderita diabetes tentu bisa memantau perkembangan kondisi kesehatannya. Selain itu, pemeriksaan insulin juga disarankan bagi Anda yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes. Sebagai gambaran, berikut biaya pemeriksaan insulin di klinik kesehatan di Jakarta.

Biaya Pemeriksaan Insulin

Lokasi PemeriksaanKisaran Biaya
Intan Medical CenterRp247.000
Prolepsis Medical CenterRp370.975
KiaraRp453.150
Amalia Medical CenterRp602.000
KasihRp665.000

Perlu Anda ketahui bahwa biaya pemeriksaan insulin di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi kesehatan atau rumah sakit terdekat.

Varian Insulin Pen - (www.diabetes.co.uk)
Varian Insulin Pen – (www.diabetes.co.uk)

[Update: Ditta]

[1] Soegondo, S. 2005. Diagnosis dan Klasifikasi Diabetes Mellitus Terkini. Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

[2] Pelle, Cindy, Linnie Pondaag, Yolanda B. Bataha. 2016. Hubungan Pengetahuan Penggunaan Insulin dengan Hipoglikemia pada Pasien Diabetes Melitus di Poli Penyakit Dalam RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. e-Journal Keperawatan UNSRAT, Vol. 4(2): 1-7.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *