Cara Memasang dan Update Harga Infus Set (Medis dan Whitening)

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia medis, pastinya sudah familiar dengan alat infus. Alat infus tidak hanya berupa selang dan cairan infus. Untuk menghubungkan selang dan cairan infus ke tubuh pasien, Anda memerlukan infus set. Untungnya, tidak sulit menemukan infus set ini karena Anda bisa membelinya di toko peralatan medis dengan harga yang terjangkau.

Ilustrasi: Infus Whitening (credit: Booky)
Ilustrasi: Infus Whitening (credit: Booky)

Selain di dunia medis, tampaknya penggunaan alat infus juga sudah mulai populer di dunia kecantikan. Jika di dunia medis infus digunakan untuk memasukkan cairan glukosa atau transfusi darah, maka di dunia kecantikan, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan infus set ini. Lalu, apa saja manfaat infus set untuk dunia kecantikan?

Bacaan Lainnya

Manfaat Infus untuk Kecantikan

Di sebagian besar atau klinik kecantikan, untuk memanjakan tamunya, biasanya mereka menyediakan jasa infus whitening. Ini merupakan salah satu metode kecantikan untuk mengubah warna kulit. Infus whitening menjadi salah satu menu treatment yang paling laris, dan kebanyakan pemesannya adalah wanita.

Bagi mereka yang kurang percaya diri dengan warna kulit, umumnya akan mencoba metode tersebut. Meski demikian, beberapa orang mengatakan bahwa infus whitening berbahaya dan memiliki risiko terhadap kesehatan. Di dunia medis pun, beberapa jenis obat whitening dilarang penggunaannya, apalagi yang mengandung merkuri. Infus whitening menggunakan cairan khusus yang mengandung beberapa bahan aktif dan vitamin, serta kolagen. Fungsinya berbeda-beda, ada infus whitening yang mencerahkan kulit saja, infus whitening yang mencerahkan kulit sekaligus memudarkan bekas luka, dan lain-lain.

Selain itu, di dunia kecantikan sekaligus dunia kesehatan, infus juga digunakan sebagai salah satu media untuk terapi hormon. Mereka yang memiliki hormon tidak seimbang dan ingin mengatasinya, bisa mencoba terapi hormon dengan memasukkan cairan hormon ke dalam tubuh melalui infus. Terapi hormon ini biasanya disarankan kepada pasien yang benar-benar membutuhkan. Sayangnya, terapi hormon untuk saat ini sering disalahgunakan. Banyak orang memakai terapi hormon untuk kecantikan. Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak atau wanita yang mencoba terapi hormon untuk mengubah penampilan mereka..

Baca juga  Info Terbaru Biaya Dermabrasi untuk Kulit Wajah Mulus

Memang, untuk melakukan treatment di atas, pastinya tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan seorang ahli medis untuk memasang infus agar tidak menimbulkan efek samping. Pemasangan infus yang salah atau tidak sesuai dengan SOP, dapat menyebabkan gangguan dan cairan infus tidak bisa masuk ke tubuh dengan baik. 

Ilustrasi: infus set (sumber: codanusa.com)
Ilustrasi: infus set (sumber: codanusa.com)

Komponen Infus

  • Kantung: berfungsi sebagai wadah cairan elektrolit.
  • Selang: berfungsi sebagai pengalir dari cairan elektrolit tersebut ke dalam pembuluh darah.

Set infus terdiri dari selang dan pipa penyambung yang mengatur jumlah cairan yang pasien dapatkan. Produk ini hadir dalam dua tipe berbeda, yakni makro dan mikro. Set makro (macroset) digunakan untuk memberikan cairan pada pasien sebanyak 20 tetes per menit, atau sekitar 100 ml per jam dan biasanya digunakan untuk orang dewasa. Sementara itu, set mikro (microset) digunakan jika akan memberikan cairan infus sebanyak 60 tetes per menit dan biasanya digunakan untuk bayi, balita, dan anak-anak. Tak hanya itu, selang (dan ukuran jarum) yang digunakan juga akan tergantung pada tujuan pemasangan infus.

Cara Memasang Infus Set

Sebelum menginfus, terlebih dahulu Anda menyiapkan semua peralatan yang akan Anda gunakan, termasuk infus set. Setelah itu, tentukan jenis infus yang akan Anda gunakan. Ada dua jenis infus yang bisa Anda pakai, yaitu infus manual dan infus pompa. Infus manual merupakan jenis infus yang melibatkan gaya gravitasi. Anda bisa mengatur kecepatan tetesan dengan cara mengurangi atau menambah tekanan penjepit pada tabung intravena pada selang.

Baca juga  Update Biaya Kuret di Rumah Sakit Usai Keguguran

Sementara itu, pada infus pompa, Anda tidak membutuhkan lagi gaya gravitasi dalam mengatur kecepatan tetesan. Anda bisa mengaturnya dengan memprogram pompa infus secara langsung, sesuai dengan kebutuhan pasien. Pompa pada infus dapat digunakan ketika dosis obat sudah tepat dan terkontrol.

Dilansir dari Hello Sehat, Anda harus mensterilkan kulit pasien menggunakan kapas dan alkohol sebelum menancapkan jarum infus kepada pasien. Pada orang dewasa, Anda bisa menginfus melalui bagian punggung tangan, serta lipatan antara lengan atas dan bawah. Sementara, untuk bayi atau balita, Anda bisa menginfus di bagian kaki, tangan, dan kulit kepala.

Jika Anda berprofesi sebagai ahli di bidang kecantikan dan membutuhkan alat ini, tidak sulit menemukan infus set di pasaran dalam negeri. Anda bahkan bisa membelinya secara online lewat berbagai e-commerce terkemuka. Bagi Anda yang membutuhkan set infus, berikut referensi varian dan harga infus set di pasaran.

Ilustrasi: pemasangan infus (sumber: wickhosp.com)
Ilustrasi: pemasangan infus (sumber: wickhosp.com)

Harga Infus Set

Varian Infus Set Spesifikasi Harga
Infus Set OneMed Disposable Komponen I.V. needle 21 x 1.5, panjang selang 150 cm, ujung penusuk botol berjenjang, untuk memasukkan obat karet selang harus ditusuk hingga 50x, pengatur tetesan infus tidak mudah digeser, adult 15 drops/ml, pediatric 60 drops/ml, dan kemasan box Rp4.300 – Rp10.000 
Infus Set GEA Dewasa 20 drops per 1 ml, sekali pakai, disterilisasi menggunakan sinar gamma, aman digunakan, tidak menyebabkan infeksi, mudah dipasang, pengatur cairan tidak mudah bergeser, selang lentur, dilengkapi infus set mikro untuk menampung cairan 60 ml per tetes, dan dilengkapi infus set makro untuk pasien yang membutuhkan cairan dalam volume besar (100-1000 ml) Rp4.500
Infus Set OneMed Blood Transfusion Tubing 150 cm, PVC medical grade, lentur, tidak mudah terlipat, filter udara 5 um, filter darah 5 um, roller clamp bagus, pengaturan cairan mudah dan stabil, dilengkapi jarum 21G x 1,5, sterilisasi Ethylene Oxide Gas, kemasan punch paper-film, digunakan untuk memberikan darah pada pasien transfusi  Rp4.500
Infus Set OneMed Dewasa Tubing 150 cm, PVC medical grade, selang lentur, tidak mudah terlipat, spike 3 tingkat, anti bocor pada tusukan cairan infus, roller clamp bagus, pengaturan cairan mudah dan stabil, jumlah tetesan 20 drops/ml, tetesan lebih halus, dilengkapi 21 GX 1 1/2, sterilisasi ethylene Oxide Gas, kemasan pouch paper-film, digunakan untuk memberikan cairan infus pada pasien rawat inap dewasa, kualitas ISO 13485 dan CPAKB Rp6.000
Infus Set Tipe Y Cosmo 20 drops per ml, single use only, dilengkapi selang Y Rp6.000
Infus Set Dewasa Terumo-ms Bebas pirogen, bebas latex, tidak mudah bocor, selang lentur, do drops/ml Rp17.000
Infus Set Tipe Y OneMed per box isi 50 pcs Bahan plastik PVC medical grade, jumlah tetesan 60 drops per ml, Ethylene Oxide gas, dilengkapi penyetel keluarnya cairan infus Rp195.000 
Baca juga  Update Harga Alat Terapi Ceragem (Baru dan Bekas)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga infus set di pasaran saat ini cenderung naik. Sebagai contoh, infus set dewasa Terumo-ms yang semula dijual seharga Rp15.500, sekarang mencapai Rp17.000. Tak jauh berbeda dengan harga infus set GEA dewasa yang sedikit naik dari Rp3.500 menjadi Rp4.500. Informasi harga infus set di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk toko online. Harga tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *