Info Terkini Harga Impraboard Lembaran (Semua Ukuran)

Sebagian dari Anda mungkin belum begitu familiar dengan benda bernama impraboard. Ini adalah sejenis plastik berongga yang umum digunakan untuk membuat maket, membuat packaging box, hingga membuat layer atau display dan sebagai kemasan makanan. Memiliki ketebalan bervariasi, mulai 2 mm hingga 5 mm, impraboard biasanya dijual per lembar atau lembaran dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Impraboard (sumber: tokopedia)
Impraboard (sumber: tokopedia)

Dikutip dari berbagai sumber, impraboard adalah karton plastik berongga yang dibuat dari material polypropylene yang sangat ringan dan mudah dibentuk. Impraboard ini merupakan pilihan yang tepat untuk aneka ragam kegunaan dan diproduksi dengan menggunakan teknologi modern untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

Bacaan Lainnya

Seperti dijelaskan di atas, penggunaan impraboard memang tergolong luas. Bahan ini sering dipakai untuk membuat maket, membuat packaging box, hingga membuat layer atau display tertentu. Di pasaran sendiri, impraboard sering disebut juga dengan PP corrugated plastic, PP corrugated box, PP board, corriflute, polyflute, fluteplast, karton plastik, dan lain-lain. Dibandingkan produk lain, impraboard memiliki beberapa keunggulan.

Keunggulan Impraboard

  • Punya warna, ketebalan, dan ukuran yang beragam. Warna umum dalam impraboard meliputi merah, kuning, hitam, putih, biru, dan hijau.
  • Impraboard bersifat go green karena dapat didaur ulang.
  • Impraboard diklaim sebagai bahan yang ringan, kuat, tahan terhadap benturan, dan tahan terhadap air.
  • Impraboard memiliki nilai ekonomi, dengan hemat biaya penyimpanan dan pengiriman.
  • Impraboard dapat digunakan berulang kali, bahkan diklaim lebih dari 50 kali.
  • Impraboard aman untuk aplikasi makanan (food contact).
  • Impraboard dikatakan tidak beracun dan tahan terhadap bahan kimia.
  • Impraboard memiliki hasil printing yang berkualitas.
  • Impraboard mudah diproses, seperti ditekuk, dipotong, dijahit, dilem, dibor, dan sebagainya.

Kegunaan Impraboard

  • Impraboard paling sering diaplikasikan sebagai box packaging atau kotak penyimpanan barang. Beratnya yang ringan, tahan lama, dan lebih kuat daripada kardus membuat bahan ini dipilih untuk dijadikan packaging. Kardus plastik atau packaging untuk barang-barang ini bahkan hadir dalam berbagai desain, mulai dari model box, layer, display, hingga trolley. Penting untuk Anda menentukan model box yang sesuai untuk packaging dari produk Anda.
  • Impraboard merupakan kemasan makanan food grade yang aman. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila digunakan bersentuhan langsung dengan makanan seperti seafood dan buah. Karena itu, penggunaan impraboard yang paling umum ditemui adalah menjadi alas kue. Impraboard ini juga memiliki keunggulan yang higienis serta tidak berbau sehingga cocok dan aman diaplikasikan sebagai kotak kemasan yang bersentuhan langsung dengan makanan.
  • Impraboard tidak hanya untuk penyimpanan ataupun kemasan masakan. Nahan ini juga kerap hadir untuk digunakan untuk keperluan advertising atau media promosi. Sifatnya yang mudah dibentuk dan bisa digunakan berulang kali menjadikan impraboard dapat digunakan sebagai rak display. Impraboard dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai dengan produk yang diiklankan hingga dapat mempresentasikan produk dengan baik.
  • Impraboard juga biasa digunakan sebagai compartment box atau partisi box. Selain karena tahan air, impraboard sangat cocok digunakan untuk penyimpanan benda-benda dengan berat yang sedang. Banyak yang menggunakan compartment box ini di perkantoran dan mengisinya dengan buku-buku atau kertas-kertas.
  • Manfaat lainnya, impraboard juga dapat diaplikasikan sebagai tutup baki untuk sistem hidroponik sederhana. Papan impraboard dapat dilubangi dengan mudah menggunakan cutter untuk menyangga pot tanaman. Impraboard dipilih karena dapat digunakan berulang kali, kuat menyangga tanaman sayuran daun sehingga cocok dalam mengaplikasikan hidroponik sederhana.
  • Orang-orang banyak menggunakan karton plastik impraboard untuk pembuatan maket. Keunggulannya yang mudah dibentuk dan tahan air membuat impraboard papan plastik sangat laris untuk dibuat maket. Jika profesi Anda kerap berhubungan dengan maket, tentu Anda mengenal bahan ini dengan baik.
  • Impraboard memiliki tekstur agak kaku dan memiliki tahan yang cukup kuat, sehingga dirasa mampu menjadi bahan yang cocok untuk kandang hewan dengan ukuran kecil seperti hamster. Impraboard dinilai cukup terjangkau mengingat kandang berbahan besi atau kayu memiliki harga yang lebih mahal.
  • Impraboard juga dapat diaplikasikan sebagai interlayer untuk penumpukan barang, bisa berupa lembaran layer tray atau berupa pallet plastik. Pemanfaatan impraboard untuk bidang industri mulai dari shelving, pengiriman, maupun penyimpanan, Impraboard cocok diletakkan di gudang maupun diletakkan di bagian display.
Baca juga  Harga Paving Block K300 Saat Ini

Di pasaran, impraboard memiliki beragam ukuran ketebalan, mulai 2 mm, 3 mm, 4 mm, hingga 5 mm. Sementara, ukuran panjang x lebar standar lembaran yang tersedia di pasaran mulai 1.500 x 1.000 mm, 1.500 x 1.250 mm, 3.000 x 2.000 mm, hingga 3.000 x 2.500 mm. Selain itu, ada juga model dengan ketebalan khusus, mulai 8 mm, 10 mm, hingga 12 mm.

Untuk mendapatkan impraboard tidaklah susah. Anda sudah bisa membeli bahan ini langsung dari pabrik, toko peralatan alat tulis dan buku, usaha sablon, bahkan situs jual beli online. Harga impraboard bervariasi, tergantung ukurannya. Berikut kami sajikan kisaran harga impraboard lembaran di pasaran dalam negeri.

Tekstur impraboard (sumber: impraboard.com)
Tekstur impraboard (sumber: impraboard.com)

Harga Impraboard

Ukuran Impraboard Harga Sekarang Harga Sebelumnya
Impraboard 2 mm (1 x 1,5 m) Rp47.000 per lembar Rp47.000 per lembar
Impraboard 2 mm (1,25 x 1,5 m) Rp59.000 per lembar Rp59.000 per lembar
Impraboard 2 mm (1,25 x 3 m) Rp118.000 per lembar Rp118.000 per lembar
Impraboard 3 mm (1 x 1,5 m) Rp61.500 per lembar Rp59.000 per lembar
Impraboard 3 mm (1,25 x 1,5 m) Rp76.500 per lembar Rp74.000 per lembar
Impraboard 3 mm (1,25 x 2,44 m) Rp110.000 per lembar Rp110.000 per lembar
Impraboard 3 mm (2 x 3 m) Rp245.500 per lembar
Impraboard 4 mm (1 x 1,5 m) Rp85.500 per lembar Rp82.000 per lembar
Impraboard 4 mm (1,25 x 1,5 m) Rp107.000 per lembar Rp103.000 per lembar
Impraboard 4 mm (2 x 3 m) Rp345.500 per lembar
Impraboard 5 mm (1 x 1,5 m) Rp110.500 per lembar Rp106.000 per lembar
Impraboard 5 mm (1,25 x 1,5 m) Rp137.500 per lembar Rp132.000 per lembar
Impraboard 5 mm (1,25 x 3 m) Rp264.000 per lembar Rp264.000 per lembar
Impraboard 5 mm (2 x 3 m) Rp440.500 per lembar Rp425.000 per lembar
Impraboard 5 mm (2,5 x 3 m) Rp530.000 per lembar Rp530.000 per lembar
Baca juga  Update Harga Meilibahenling di Indomaret & Alfamart untuk Hilangkan Bekas Luka

Harga impraboard di atas kami rangkum dari salah satu usaha percetakan. Harga tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain di usaha percetakan, Anda pun bisa menemukan impraboard di sejumlah situs jual beli online. Harganya sebenarnya tidak jauh berbeda, tetapi Anda juga harus memperhitungkan ongkos kirim.

Perbedaan Impraboard dan Kardus

Mungkin banyak yang belum bisa membedakan antara impraboard dengan kardus karena kedua bahan ini memiliki sifat dan bentuk yang mirip. Impraboard dan kardus sama-sama punya bentuk gelombang yang dilengkapi dengan rongga, sehingga membuat keduanya rigid sekaligus fleksibel dan mudah. Keduanya juga punya manfaat atau kegunaan yang hampir.

Namun, jika dibandingkan dengan impraboard, kardus cenderung tidak tahan air dan kelembapan karena berbahan dasar kertas kraft liner dan kertas medium sebagai lapisannya. Kardus juga lebih mudah sobek karena tidak memiliki tahan yang kuat. Selain itu, kardus cenderung tidak tahan lama dan hanya dapat dipakai satu sampai dua kali penggunaan. Kardus pun tidak tahan terhadap suhu di luar ruangan dalam waktu yang lama. 

Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Briket Batubara

Penggunaan impraboard sebenarnya bisa saja Anda ganti dengan polycarbonate sheet. Namun, biaya yang harus Anda keluarkan biasanya akan lebih mahal. Selain itu, memotong polycarbonate sheet jauh lebih sulit daripada memotong impraboard. Anda perlu menggunakan gergaji, sedangkan memotong impraboard cukup memakai cutter. Kekurangan lainnya polycarbonate sheet adalah cukup berat sehingga akan cukup merepotkan jika ingin memindahkan box dari bahan ini. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.