Harga Terkini Iliadin Moist, Iliadin Spray, dan Iliadin Kinder

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia medis, pastinya tidak asing dengan Iliadin. Ini merupakan salah satu obat untuk mengatasi gangguan pernapasan. Tidak sulit menemukan obat ini, Anda bisa membelinya di apotek ataupun drug store terdekat. Obat ini memang dijual secara bebas, Anda bahkan bisa mendapatkannya melalui situs jual beli online. Iliadin di pasaran bervariatif, tergantung dari varian yang Anda butuhkan.

Pengguna Iliadin (sumber: clicks.co.za)

Pengguna Iliadin (sumber: clicks.co.za)

Diproduksi oleh Merck Consumer Health Prod, Iliadin telah banyak beredar di apotek dan toko online dengan banyak jenis. Ada tiga varian Iliadin yang tersedia di pasaran, yakni Iliadin Moist, Iliadin Spray, dan Iliadin Kinder. Ketiga varian Iliadin tersebut memiliki cara penggunaan dan dosis yang berbeda. Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsinya tanpa mengetahui cara penggunaannya terlebih dahulu. Berikut adalah informasi lengkap mengenai tiga jenis Iliadin yang beredar di apotek saat ini.

Iliadin Moist

Iliadin Moist merupakan salah satu jenis obat dengan sub kategori dekongestan nasal dan preparat nasal lainnya. Obat dengan sub kategori tersebut, termasuk obat yang dikhususkan untuk mengatasi gangguan atau penyakit pada sistem pernapasan. Obat ini berbentuk obat tetes dengan bentuk kemasan menyerupai obat tetes mata. Obat Iliadin Moist adalah tipe obat Iliadin dengan dosis lebih tinggi dan termasuk jenis obat keras dibanding jenis Iliadin lainnya, yaitu sebesar 0,65%.

Mengandung larutan NaCl, obat ini memiliki fungsi untuk meringankan inflamasi membran hidung dengan cara mengencerkan lendir dari hidung agar mudah dikeluarkan. Obat ini juga berfungsi untuk melembapkan rongga hidung yang kering akibat udara yang terlalu kering, alergi, gejala iritasi, pilek, dan masalah hidung lainnya. Anda juga bisa menggunakan obat ini untuk mengatasi flu, hidung tersumbat, dekongestan, membersihkan hidung, dan hidung gatal.

Untuk menggunakan obat ini, tidak bisa sembarangan, Anda harus mematuhi dosis dan cara penggunaan yang tepat. Obat diteteskan pada tiap lubang hidung sebanyak satu hingga dua tetes setiap harinya hingga gejala atau penyakit pada hidung Anda membaik. Jika Anda merasa tidak kunjung membaik, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter terkait dengan penambahan atau pengurangan dosis obat tersebut.

Iliadin Moist (sumber: shopee)

Iliadin Moist (sumber: shopee)

Iliadin Spray

Varian berikutnya dari obat Iliadin yang beredar secara bebas di apotek adalah Iliadin Spray. Ini merupakan salah satu obat yang digunakan untuk meredakan peradangan pada hidung, rinitis akut, radang sinus pranasal, laringitis, faringitis, dan untuk diagnostik dekongesti lapisan mukosa. Meskipun dijual secara bebas, obat ini tidak bisa dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 6 tahun. Obat ini hanya bisa dikonsumsi oleh orang dewasa.

Cara penggunaan obat lebih mudah dan praktis, Anda hanya perlu menyemprotkannya ke hidung dan menghirup cairannya. Berbeda dengan Iliadin Moist, Iliadin Spray ini memiliki dosis yang sedikit lebih rendah meskipun masih tergolong obat berdosis tinggi, yaitu 0,05%. Obat ini tergolong obat bebas terbatas, sehingga dalam penggunaannya, Anda tidak bisa sembarangan meskipun dapat dibeli tanpa resep dokter. Ini dapat dilihat dari lambang obat berwarna biru dengan lingkaran hitam di pinggirnya.

Obat ini memiliki kandungan Oxymetazoline HCl yang bisa digunakan untuk meredakan gejala batuk dan pilek. Untuk dosis yang dianjurkan, Anda hanya bisa menggunakannya sebanyak dua hingga tiga semprot dalam dua kali pemakaian. Jika Anda menggunakannya untuk terapi, maksimal lama terapi hanya diperbolehkan selama tiga hari saja. Sayangnya, obat ini tidak bisa digunakan kepada pasien yang sedang mendapat MAOI, dan penggunaan obat juga tidak boleh melebihi empat minggu.

Pada rinitis kronis, pasien dianjurkan untuk melakukan observasi terlebih dahulu selama tiga minggu tanpa obat sesudah enpat minggu terapi. Anda tidak boleh menggunakan obat jika sedang hamil. Obat ini juga memiliki efek samping, seperti rasa panas seperti terbakar, kekeringan pada mukosa hidung, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. 

Iliadin Spray (sumber: tokopedia)

Iliadin Spray (sumber: tokopedia)

Iliadin Kinder

Obat Iliadin juga memiliki varian untuk anak-anak di bawah enam tahun. Bernama Iliadin Kinder produk ini dikategorikan dalam obat dekongestan nasal dan preparat nasal lain. Obat ini mampu mengatasi rinitis akut, termasuk infeksi sinus pra-nasal, laringitis, faringitis, dan untuk diagnostik dekongesti lapisan mukosa.

Dosis dan cara penggunaan obat, yaitu obat harus diteteskan pada hidung sebanyak dua hingga tiga tetes setiap harinya. Anda hanya boleh memberikan obat ini kepada anak-anak dengan usia dua tahun hingga enam tahun saja. Karena obat tergolong obat bebas terbatas, Anda tidak boleh menyepelekan penggunaannya. Obat ini termasuk obat berdosis tinggi untuk anak-anak dengan dosis 0,025% dan mengandung Oxymetazoline HCl.

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika memberikan obat ini pada anak-anak, Anda tidak boleh memberikannya lebih dari empat minggu dan kepada pasien yang sedang menjalani terapi MOI. Pada rinitis kronik, dianjurkan untuk melakukan observasi terlebih dahulu selama tiga minggu tanpa obat setelah terapi selama empat minggu. Bagi Anda yang penasaran dengan harganya, berikut ulasannya.

Iliadin Kinder (sumber: carousell)

Iliadin Kinder (sumber: carousell)

Harga Produk Iliadin Berbagai Varian

Jenis ProdukHarga (Rp)
Iliadin Moist 0,65% Drop 30ml72.667 
Iliadin Kinder 0,025% 10ml78.802 
Iliadin Spray 0,05% 10ml81.954 

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, produk Iliadin mengalami perubahan harga pada 2021. Mulai dari Iliadin Moist 0,65% Drop 30ml yang awalnya ditawarkan seharga Rp70 ribuan, kini menjadi Rp72.667. Varian lain yakni Iliadin Kinder 0,025% 10ml juga ikut naik dari Rp71.339 menjadi Rp78.802. Sama halnya produk Iliadin Spray 0,05% 10ml yang naik cukup signifikan dari Rp72 ribuan menjadi Rp81.954.

Itulah varian lengkap obat Iliadin. Pastikan Anda memperhatikan cara penggunaan, dosis, dan efek sampingnya. Ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat tersebut. Mengingat obat adalah jenis obat kronis dan obat bebas terbatas, akan lebih baik jika Anda menggunakan resep dokter.

[Update: Ditta]

Baca juga  Harga Terbaru Salep Avatrol De Nature Ambejoss untuk Wasir
author

Leave a reply "Harga Terkini Iliadin Moist, Iliadin Spray, dan Iliadin Kinder"