Update Harga Ikan Tongkol per Kg (Segar dan Beku)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan tongkol. Ini adalah salah satu hasil laut yang diklaim punya gizi berlimpah dan sangat menyehatkan untuk tubuh. Di pasaran sendiri, harga ikan tongkol sangat fluktuatif. Jika persediaan melimpah, biasanya harganya merosot. Sebaliknya, apabila stok terbatas dan permintaan tinggi, harga ikan tongkol bisa melambung.

Ikan Tongkol Segar (sumber: thelagostoday.com)
Ikan Tongkol (sumber: thelagostoday.com)

Dikutip dari Wikipedia, ikan tongkol, disebut juga tongkol como, tongkol komo, atau tongkol kurik, adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae, yang juga dikenal dengan nama kawakawa, little tuna, mackerel tuna, atau false albacore. Ikan ini dikatakan terutama menjelajah perairan dangkal di dekat pesisir kawasan Indo-Pasifik Barat.

Bacaan Lainnya

Varian ini menyebar luas di perairan hangat di kawasan Indo-Pasifik Barat, yakni wilayah Samudra Hindia, mulai dari pesisir timur Afrika Selatan, Somalia, Laut Merah, Laut Arab, terus ke arah timur ke pesisir anak-benua India, pesisir dan laut-laut pedalaman di Asia Tenggara dan Nusantara, pantai barat Australia. Selain itu, juga menyeberang ke sisi barat Samudra Pasifik, ke utara sampai ke perairan Jepang bagian selatan, ke selatan sampai ke pesisir timur Australia, serta ke timur di kepulauan-kepulauan Pasifik hingga Hawaii dan Kepulauan Marquesas.

Terdapat dua jenis ikan tongkol, yaitu tongkol hitam dan tongkol putih. Tongkol hitam berkulit agak putih, sedangkan tongkol putih berkulit agak kehitaman dengan beberapa guratan di kulit berwarna putih. Daging ikan tongkol berwarna agak gelap, menunjukkan banyaknya kandungan vitamin di dalamnya. Namun jika dimasak (dikukus/rebus), warna daging tongkol akan berubah menjadi putih.[1]

Secara umum, ikan tongkol memiliki ciri-ciri fisik berukuran sedang, dengan panjang maksimal sekitar 100 cm (fork length), tetapi umumnya hanya sekitar 60 cm. Punggung ikan ini punya warna gelap metalik, dengan pola coret-coret miring yang rumit, mulai dari pertengahan sirip punggung pertama ke belakang. Sisi badan dan perut, sementara itu, putih keperakan, dengan bercak-bercak khas berwarna gelap di antara sirip dada dan sirip perut, yang tidak selalu ada. Ikan ini juga tanpa sisik, kecuali di wilayah corselet dan gurat sisi.

Gigi-gigi ikan tongkol kecil dan mengerucut, dalam satu baris. Sisir saring berjumlah 29-34 pada lengkung insang yang pertama. Sirip punggung pertama dengan XI hingga XIV jari-jari keras (duri), terpisahkan dari sirip punggung kedua hanya oleh suatu celah sempit, yang lebih sempit daripada lebar mata. Duri-duri di awal sirip punggung pertama jauh lebih panjang daripada duri-duri di belakangnya, membuat tepi atas sirip depan ini melengkung dalam. Sirip dada pendek, ujungnya tidak mencapai celah di antara kedua sirip punggung. Terdapat dua tonjolan (flaps) di antara kedua sirip perut. Sirip-sirip kecil sekitar 8-10 buah di belakang sirip punggung kedua, dan 6-8 buah di belakang sirip dubur.

Ikan tongkol (Euthynnus affinis) adalah ikan yang berpotensi cukup tinggi dengan kandungan gizi yang lengkap, dengan nilai proteinnya mencapai 26%, kadar lemak rendah yaitu 2%, mengandung asam lemak omega-3, dan kandungan -garam mineral penting yang tinggi. Ikan tongkol disukai banyak masyarakat dan memiliki nilai yang ekonomis.[2]

Di berbagai wilayah sebarannya, ikan tongkol telah menjadi salah satu tangkapan penting bagi banyak nelayan. Tongkol como terbanyak ditangkap di Filipina, Malaysia, dan Pakistan, serta menduduki posisi yang cukup penting di India. Di Indonesia, ikan tongkol menjadi salah satu favorit masyarakat, selain ikan tuna dan cakalang. Beberapa pendaratan tongkol yang penting di Indonesia, di antaranya Manado, Padang, Cilacap, Tegal, dan Sumenep.

Ikan tongkol (sumber: firststyle.jp)
Ikan tongkol (sumber: firststyle.jp)

Menurut data Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada tahun 2016 lalu, ikan jenis tongkol, tuna, dan cakalang menjadi ikan konsumsi dengan persentase 16,45 persen. Selanjutnya, kelompok ikan dan makanan jadi (KIMJ) seperti bakso, sosis, nugget, dan lainnya, sebesar 9,02 persen. Ikan lain seperti lele, patin, dan gabus, mengekor dengan angka 7,92 persen.

Selain punya rasa yang khas serta dapat diolah dalam berbagai resep, seperti pampis tongkol, semur tongkol lombok ijo, ikan singgang, pindang tongkol bumbu kuning, hingga tumis tongkol kecap, ikan ini disukai karena diklaim punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat kesehatan yang diperoleh dari konsumsi ikan tongkol.

Manfaat Ikan Tongkol

  • Ikan tongkol memiliki efek yang signifikan untuk kesehatan jantung. Tongkol dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner karena memiliki kadar asam lemak omega 3 yang tinggi. Seperti diketahui, asam lemak omega 3 membantu mengurangi LDL atau kolesterol jahat di arteri dan pembuluh darah.
  • Asam lemak omega 3 dalam tongkol juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi tekanan darah. Kalium dalam tongkol juga sangat baik dalam menurunkan tekanan darah. Menjaga tekanan darah diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, , dan aterosklerosis.
  • Ikan tongkol baik untuk mencegah gangguan mata seperti degenerasi pada makula. Dikutip dari Organic Facts, kandungan asam lemak omega 3 dapat mencegah perkembangan penyakit retina seperti kebutaan.
  • Tongkol dapat Anda jadikan alternatif sumber protein hewani yang murah meriah untuk makanan sehari-hari. Kandungan protein dalam 150 ikan tongkol mencapai 39 gram yang bisa membantu mencukupi kebutuhan protein harian Anda. Protein penting untuk membangun sel serta jaringan baru dalam tubuh guna menggantikan yang sudah rusak.
  • Ikan tongkol termasuk rendah kalori, hanya mengandung 179 kalori per 150 gram porsi. Disandingkan dengan kandungan protein tingginya, ikan yang masih satu saudara dengan cakalang dan tuna ini dapat Anda jadikan menu diet sehari-hari.

Sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan makanan tinggi protein dapat menurunkan kadar ghrelin. Ghrelin adalah yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar sehingga bikin Anda ngidam makanan berkarbohidrat.

Harga Ikan Tongkol - id.wikipedia.org
Harga Ikan Tongkol – id.wikipedia.org

Harga Ikan Tongkol

Varian Ikan Tongkol Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Ikan Tongkol Beku per kg Rp29.000 – Rp35.000 Rp32.000
Ikan Tongkol Beku tanpa kulit per kg Rp35.000 Rp35.000
Ikan Tongkol Segar Utuh per kg Rp40.000 – Rp48.000 Rp45.000
Ikan Tongkol Suwir Beku per kg Rp55.000 Rp55.000
Ikan Tongkol Potong per kg Rp52.000 – Rp78.500 Rp75.800
Ikan Tongkol Asap per kg Rp99.000 Rp80.000
Ikan Tongkol Beku per kg Delta Foods Rp85.000 Rp93.000

Informasi harga ikan tongkol di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga ikan tongkol di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, ikan tongkol asap yang semula dijual seharga Rp99 ribu, kini turun menjadi Rp80 ribu per kilogram. Berbeda dengan harga ikan tongkol beku Delta Foods yang naik dari Rp85 ribu menjadi Rp93 ribu per kilogram. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi pasar ikan terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Erwin, L. T. 2011. 25 Cita Rasa Ikan Tongkol. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 5.

[2] Sitompul, Y. M. L., dkk. 2020. Pengaruh Lama Perendaman dalam Air Perasan Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi Linn) dan Lama Penyimpanan terhadap Karakteristik Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) pada Suhu Ruang. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan, 9(1): 71-80.

Pos terkait