Harga Ikan Neon Tetra per Ekor

No comment539 views

Memilih jenis ikan untuk akuarium di rumah kadang membuat orang kebingungan. Pasalnya, ada banyak varian ikan hias yang bisa Anda temukan. Nah, salah satu yang sedang populer dan bisa menjadi alternatif menarik adalah ikan neon tetra. Ikan tersebut tidak hanya memiliki warna yang bagus, tetapi juga dijual dengan harga relatif terjangkau.

Ikan neon tetra (sumber: pinterest)

Ikan neon tetra (sumber: pinterest)

Ciri Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra termasuk jenis ikan hias air tawar yang bisa dibilang unik dan menjadi favorit banyak pencinta ikan hias air tawar. Ikan dengan nama ilmiah Paracheirodon innesi ini sebenarnya bukan ikan lokal Indonesia karena berasal dari Sungai Amazon di kawasan Amerika Latin.[1] Meski demikian, secara morfologi, ikan neon tetra memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan sungai di Indonesia. Hal ini yang membuat ikan mudah bergerak dan beradaptasi di lingkungan baru, seperti air kolam dan akuarium di rumah Anda.

Keunikan ikan neon tetra bukan dari bentuk tubuhnya yang mungil, tetapi pada warna sisiknya yang eksotis. Setiap ikan memiliki warna sisik yang berbeda-beda saat terkena cahaya lampu, tergantung dari jenisnya. Ada ikan dengan sisik berwarna biru neon yang menyala dan ada juga yang warnanya hijau kemerahan. Ada juga ikan yang tampak seperti memancarkan sinar dari sisiknya, mirip dengan kunang-kunang, hanya saja ada di dalam air.

Baca juga  Info Terkini Harga Cat Air Titi (12 Warna, 18 Warna, 24 Warna)

Warna sisiknya akan memancar dari pertengahan tubuh hingga ke bagian ekor. Sementara itu, bagian perut, punggung, dan kepala ikan cenderung berwarna abu-abu keperakan saat terkena cahaya.

Jenis dan jantan bisa dilihat dari warnanya. Sama seperti ikan air tawar pada umumnya, ikan jantan memiliki warna dan bentuk tubuh yang lebih menarik dibandingkan ikan betina. Sebaliknya, ikan neon tetra betina memiliki warna tubuh yang lebih kusam dan sedikit gelap di bagian ujung garis batas antara sisik yang berwarna dan tidak.

Karakteristik ikan neon tetra sama seperti ikan air tawar pada umumnya, yakni bergerombol dan tidak bisa terpisah dari kelompoknya. ini juga memiliki sifat yang tidak agresif dan bisa berdamai dengan ikan air tawar jenis lain yang ukurannya lebih besar atau lebih kecil darinya.

Di Tanah Air, ikan neon tetra tidak hanya dijual dalam satu jenis. Ada beberapa jenis ikan neon tetra yang bisa Anda beli secara online maupun di pasar hewan. Bagi Anda yang penasaran dengan jenis-jenis ikan neon tetra di Nusantara, berikut rinciannya.

Ikan neon tetra (sumber: aquariadise.com)

Ikan neon tetra (sumber: aquariadise.com)

Jenis Ikan Neon Tetra

  • Ikan neon tetra biasa. Ini merupakan jenis ikan neon tetra yang umum dan banyak ditemukan di setiap toko hewan air. Ikan ini memiliki warna abu-abu keperakan dari ujung kepala hingga ekor, dengan garis berwarna perak kebiruan di bagian tengah tubuh.
  • Ikan neon tetra cardinal. Sekilas, ikan ini mirip dengan ikan neon tetra biasa dari segi bentuk dan ukuran tubuh, tetapi berbeda pada warna sisiknya. Hewan air tawar ini memiliki dua warna pada bagian tengah tubuhnya, yakni perak kebiruan dan . Sementara itu, bagian ujung kepala dan perutnya berwarna abu-abu muda.
  • Ikan neon tetra black (black tetra). Berbeda dengan jenis ikan tetra lainnya, hewan ini memiliki tubuh berwarna abu-abu bening dari bagian ujung kepala hingga ekor, dengan garis berwarna perak dan bagian pinggir berwarna hitam. Ikan ini mampu terlihat bersinar meskipun lampu aquarium dimatikan.
  • Ikan neon tetra penguin. Sama seperti namanya, hewan air tawar ini memiliki pola garis yang mirip dengan pola garis pada penguin. Sekilas, memang agak mirip dengan black tetra, tetapi ikan ini memiliki warna silver yang cantik hampir di seluruh bagian tubuhnya.
  • Ikan neon serpae tetra. Berbeda dengan ikan tetra lainnya, hewan air tawar ini memiliki sirip ganda di bagian punggung dan perutnya. Warna sisik ikan ini merah kecokelatan dengan titik hitam di bagian tengahnya.
  • Ikan neon tetra diamond. Hewan air ini memiliki tubuh yang lebih lebar dibanding ikan neon tetra lainnya dan tidak memiliki garis atau pola. Hampir semua bagian tubuhnya berwarna silver, dengan sirip dan ekor berwarna abu-abu transparan.
  • Ikan neon tetra glowlight (tetra api). Seperti namanya, ikan mungil ini memiliki warna sisik seperti api, yakni kuning kemerahan di bagian tengah tubuhnya. Sementara itu, bagian tubuh lainnya berwarna abu-abu transparan.
Baca juga  Info Terbaru Harga Kuas Cat Air (Semua Tipe dan Merk)

Bagi Anda yang tertarik untuk mengoleksi ikan neon tetra sebagai dekorasi akuarium di rumah, Anda bisa membelinya di situs e-commerce atau pasar hewan terdekat. Berikut adalah referensi harga ikan neon tetra.

Ikan neon tetra (sumber: wallpapercrave.com)

Ikan neon tetra (sumber: wallpapercrave.com)

Harga Ikan Neon Tetra

Jenis Ikan Neon TetraHarga
Ikan Neon Tetra BiasaRp900 per ekor
Ikan Neon Tetra CardinalRp2.000 per ekor
Ikan Neon Tetra BlackRp6.600 per ekor
Ikan Neon Tetra GlowlightRp1.300 per ekor
Ikan Neon Tetra PenguinRp5.000 per ekor
Ikan Neon Tetra SerpaeRp5.000 per ekor
Ikan Neon Tetra DiamondRp6.000 per ekor

Harga ikan neon tetra di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membeli.

[1] Avianty, Elvira, Atikah Nurhayati, Asep Agus Handaka Suryana. 2017. Analisis Pemasaran Ikan Neon Tetra (Paracheirodon Innesi) Kasus di Kelompok Pembudidaya Ikan Curug Jaya II (Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Jawa Barat). Jurnal Perikanan dan Kelautan Padjadjaran, Vol. 8(1): 179-185.

Baca juga  Update Harga Red Siskin (Jantan, Betina, Classic, Dilute)
author

Leave a reply "Harga Ikan Neon Tetra per Ekor"