Update Harga Ikan Mas (Hias dan Konsumsi 1 Kg)

Bagi pencinta ikan, salah satu spesies yang banyak dicari adalah ikan mas. Ikan ini memiliki pergerakan yang gesit dengan sisik yang dominan berwarna oranye hingga merah, dan memerlukan habitat dengan kondisi air yang tenang dan jernih. Selain ikan mas hias, tersedia pula ikan mas konsumsi yang dijual berkisar puluhan ribu rupiah 1 kilogram.

Ikan mas
Harga Ikan mas

Persebaran Ikan Mas

Awal mulanya, ikan mas hanya untuk dikonsumsi rakyat China pada 400 tahun SM. Selanjutnya, ikan itu dibudidayakan, lalu menyebar secara global di wilayah Asia, Eropa, Amerika, dan Australia. Di Indonesia, budidaya ikan mas berkembang di kawasan danau atau waduk besar, bahkan keramba apung, yang spesiesnya banyak ditemui di Pulau Jawa dan Sumatera pada 1920-an.

Bacaan Lainnya

Ikan mas termasuk jenis omnivora yang hidup dі air tawar dengan aliran tidak terlalu kuat. Ikan ini dараt hidup baik pada ketinggian air 150-600 m dі аtаѕ permukaan laut pada suhu 25-30 derajat Celcius. Ikan mas memangsa berbagai jenis makanan, tetapi lebih menyukai  rotifera, protozoa, dan udang-udangan, seperti Moina sp. dan Daphnia sp. Baru setelah ukuran tubuhnya hampir 10 cm, mereka akan mencari makanan berupa Chironomidae, Oligochaeta, Epemenidae, Tubificidae, Mollusca, dan bahan-bahan organik lainnya.

Salah satu ikan hias yang menjadi primadona masyarakat Indonesia itu memiliki nama Latin Cyprinus carpio. Tak heran, juga ada sebagian yang menyebutnya sebagai ikan karper. Bahkan, ikan mas juga memiliki hampir sepuluh nama lain, meliputi kancra, tikeu, tombru, raja, rayo, dan ameh, serta sejumlah nama lagi yang biasanya disebut sesuai daerah sebarannya.

Ciri Ikan Mas

Tubuh ikan mas dilengkapi dengan sirip punggung (dorsal) berukuran relatif panjang dengan bagian belakang berjari-jari keras dan sirip terakhir yaitu sirip ketiga dan keempat berbentuk gerigi. Sirip pada dada ditutup insang hingga ujung pangkal ekor dengan ukuran relatif lebih besar. Siripnya digolongkan ke dalam sisik sikloid linea lateralis karena letaknya di pertengahan tubuh. Sementara itu, gigi kerongkongannya (Pharyngeal teeth) terdiri dari tiap baris yang berbentuk gigi geraham.

Ikan mas suka berada di pinggir kolam dan memiliki kebiasaan unik mengaduk-ngaduk dasar kolam yang disebut bottom feeder (pemakan dasar). Mereka berkembang-biak dengan cara ovipar, yaitu perkembangbiakan seksual yang ditandai dengan pelepasan sel telur jantan dan betina, dengan spermatozoa di luar tubuh dan pembuahan terjadi di luar tubuh. Telurnya bersifat merekat, dan untuk itu, dalam proses pemijahan, biasanya ikan mas akan mencari tempat yang rimbun dengan tumbuhan air dan rerumputan yang menutupi permukaan perairan.

Ilustrasi: Ciri Ikan Mas (credit: countryliving)

Jenis Ikan Mas

  • Ikan mas Koi, badan bundar panjang dan bersisik penuh. Warna dalam sisik beragam.
  • Ikan mas Punten, badan pendek, sisik berwarna hijau gelap dan mata relatif menonjol.
  • Ikan mas Si Nyonya, badan relatif panjang dan mata ikan tidak menonjol.
  • Ikan mas Majalaya, badan pendek, sisik berwarna hijau keabu-abuan.
  • Ikan mas Taiwan, badan panjang dan sisik berwarna hijau kekuning-kuningan

Cara Pembenihan Ikan Mas

  • Langkah-langkah pembenihan yang baik yakni dengan pemijahan yang dilakukan sejak usia 1 tahun. Pemijahan biasanya dilakukan mеlаluі perangsangan alam, уаіtu mеlаluі pengeringan dan pemasangan kakaban untuk tempat penempelan telur. Setelah satu pasang ikan disatukan di kolam pemijahan ikan, Anda bisa menunggu proses untuk menghasilkan telur yang telah dibuahi.
  • Proses selanjutnya, induk dikembalikan ke kolam induk dan telur dirawat agar embrio berkembang baik. Dari tahapan awal, diberi jeda waktu dua hari agar telur menetas menjadi larva. Perawatan larva yang menetas tadi dilakukan selama tiga-lima hari untuk selanjutnya dipindahkan ke kolam pendederan pertama.
  • Selama larva dirawat hingga tiga minggu di kolam pendederan pertama, ukurannya dapat mencapai 2-3 cm. Pakan alami dilakukan lewat pemupukan, yakni menggunakan kotoran ayam dan air yang digenangkan selama 5-7 hari. Larva ikan kemudian ditebarkan. Saat ukuran kepadatannya mencapai 100-200 ekor/m², diberi pakan tambahan berupa dedak. Lain halnya untuk ukuran kepadatan larva di atas 400 ekor/m² yang diberi pakan tepung berkadar protein 38%.
  • Tahapan selanjutnya adalah pendederan kedua dengan ukuran ikan mas yang mencapai 2-3 cm dan siap dipelihara di kolam dan sawah hingga mencapai ukuran 100-150 cm ekornya. Anda yang ingin melakukan pendederan, disarankan untuk memperhatikan kadar organik pada kolam ikan tersebut.

Tips untuk budidaya ikan mas yang utama adalah pemberian makan yang konsisten dan disesuaikan kebutuhan ikan. Anda juga harus memperhatikan sistem air yang ideal berupa pemberian satu pintu air tiap kolam. Selama pembenihan, Anda pun harus mampu menangani masalah hama yang mengganggu. Setelah selesai panen, sebaiknya Anda harus mengeringkan kolam. Perhatikan selalu kapasitas jumlah ikan dalam setiap kolam. Pasalnya, ikan mas relatif energik tetapi tidak menyukai air yang keruh.

Harga Ikan Mas Hias

Ikan mas (sumber: rumahmesin.com)
Jenis dan Ukuran Ikan Mas Harga Ekor
Ikan Mas Koki Tricolor Panda 3 cm Rp2.950
Ikan Mas Koki Ranchu Buffalo 4 cm Rp15.000
Ikan Mas Koki Oranda jumbo 7 cm Rp25.000
Ikan Mas Koki Bubble Eye 4 cm Rp25.000
Ikan Mas Koki Ryukin 6 cm Rp85.000
Ikan Mas Koki Oranda Black jumbo/indukan 14 cm Rp466.400

harga ikan mas hias di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs online. Perlu diingat, harga ikan mas hias tersebut tentu dapat mengalami perubahan tergantung kebijakan pihak penjual. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi toko ikan hias terdekat.

Harga Ikan Mas Konsumsi

Ikan Emas Konsumsi (sumber: pinterest.fr)
Lokasi Pembelian Harga Kg
Bandung Rp32.000
Depok Rp38.000
Tangerang Rp41.000
Bekasi Rp42.500
Jakarta Rp43.000
Lampung Rp43.300
Medan Rp47.300
Surabaya Rp51.000
Kalimantan Rp52.000

Informasi harga ikan mas konsumsi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga ikan mas konsumsi di pasaran saat ini cenderung naik. Di Jakarta misalnya, ikan mas segar yang semula dijual seharga Rp38 ribu, sekarang menjadi Rp43 ribu kilogram. Begitu pula harga ikan mas segar di Medan yang naik dari Rp35 ribu menjadi Rp47.300 per kilogram.

Sementara itu, harga bibit ikan mas konsumsi saat ini ditawarkan mulai Rp1.000 ekor untuk ukuran 7-8 cm. Tersedia pula pembelian paket bibit isi 150 ekor ikan mas yang dijual dengan harga Rp90 ribu. Untuk informasi lebih lengkap, tak ada salahnya Anda mengunjungi pasar ikan atau agen ikan mas terdekat.

[Update: Ditta]

Pos terkait