Update Harga Ikan Lemon (Kecil dan Dewasa)

Jika Anda bingung mencari ikan hias untuk mempercantik akuarium di rumah, mungkin Anda bisa memelihara ikan lemon. Termasuk jenis peliharaan yang cukup populer di kalangan aquascapers, harga ikan lemon di pasaran relatif terjangkau. Anda bisa membelinya di toko ikan hias terdekat atau melalui berbagai situs jual beli online.

Ikan Lemon (sumber: acuarioadictos.com)
Ikan Lemon (sumber: acuarioadictos.com)

Ciri Ikan Lemon

Ikan lemon merupakan jenis ikan hias air tawar omnivora yang memiliki karakteristik agak pemalu, tetapi mudah beradaptasi dengan lingkungannya.[1] Ini yang membuat ikan lemon memiliki daya hidup yang tinggi dan disukai banyak orang untuk menghias aquariumnya. Bahkan, Anda bisa memeliharanya di semen tanpa aerator.

Bacaan Lainnya

Meskipun pemalu, ikan lemon termasuk jenis hewan yang tidak mudah terkecoh dengan hewan air lain. Anda bisa memeliharanya di dalam akuarium atau tank bersama ikan air tawar kecil lain. Tidak disarankan memelihara ikan lemon dengan ikan predator, karena ikan mudah dimangsa. Pilihlah jenis ikan air tawar yang cocok dengan ikan lemon, seperti ikan molly, ikan guppy, dan koi.

Seperti kebanyakan ikan hias air tawar lainnya, ikan lemon bisa hidup berpasangan maupun tunggal. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memelihara satu ekor ikan lemon dalam kolam atau akuarium, karena ikan tidak mudah stres hanya karena sendirian. Namun, jika Anda ingin mengembangbiakkannya, sebaiknya peliharalah sepasang ikan lemon.

Ikan lemon (sumber: bilibili.tv)
Ikan lemon (sumber: bilibili.tv)

Sifat ikan lemon tidak teritorial, tetapi ikan bisa menjadi agresif terhadap ikan jenis lain yang mirip dengan warnanya. Untuk itu, pilihlah jenis ikan lain yang warnanya berbeda dari ikan lemon. Beberapa orang lebih suka memelihara ikan lemon dengan ikan koi yang berwarna merah dan hitam. Ini membuat ikan lemon tampak menonjol di akuarium.

Sementara itu, secara morfologi, ikan lemon memiliki tubuh cenderung pipih dan persegi panjang. Bagian kepalanya agak besar dengan mulut yang kecil. Pada jenis ikan lemon , terdapat sungut pendek di bagian atas mulutnya, sedangkan ikan lemon biasa tidak berkumis.

Dari ujung kepala hingga ekor, ikan lemon berwarna kuning, persis buah lemon. Meskipun begitu, ada beberapa jenis ikan lemon yang memiliki semburat hitam pada bagian siripnya. Ada juga jenis ikan lemon yang berwarna emas, perak, putih, merah, dan biru. Namun, dari semua jenis yang ada, orang lebih suka memelihara ikan lemon kuning.

Tips Memelihara Ikan Lemon

  • Pilih lokasi untuk memelihara ikan lemon. Sebaiknya, lokasi tidak terkena cahaya matahari secara langsung, karena bisa membuat media pemeliharaan mudah berlumut.
  • Siapkan tempat pemeliharaan sesuai dengan jumlah ikan lemon yang ingin Anda pelihara. Sebaiknya, Anda menyiapkan akuarium atau kolam kecil. Idealnya, Anda perlu menyiapkan akuarium berukuran 0,5 m x 1 m x 1 m atau 1 m x 0,5 m x 1 m untuk memelihara sekitar 5 pasang ikan lemon.
  • Pasang filter dan aerator di akuarium untuk menjaga kadar oksigen dalam air. Selain itu, Anda bisa menambahkan batuan dan tanaman air sebagai dekorasi. Supaya lebih menarik, pasang juga lampu neon berwarna putih dan biru.
  • Beri pakan hidup, seperti cacing sutra dan plankton sebagai selingan supaya ikan tidak bosan. Anda juga bisa memberikan pakan utama seperti pelet berukuran kecil.
  • Bersihkan dan kuras aquarium setiap minggu sekali dengan air bersih yang berasal dari tanah. Jika Anda menggunakan air , sebaiknya Anda mengendapkannya selama semalaman untuk menghilangkan bahan kimia di dalamnya.

Nah, apabila Anda tertarik memelihara ikan lemon, tidak sulit mendapatkan variant tersebut. Pasalnya, seperti disampaikan di atas, Anda sudah bisa membelinya di toko ikan hias terdekat atau melalui berbagai situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga ikan lemon di pasaran dalam negeri saat ini.

Ikan lemon (sumber: J. de Lange)
Ikan lemon (sumber: J. de Lange)

Harga Ikan Lemon

Ukuran Ikan Lemon Harga
Ikan Lemon Terapi Rp700 – Rp1.200 per ekor
Ikan Lemon Cichlid Full Yellow Size S (3 – 4 cm) Rp2.000 – Rp3.500 per ekor
Ikan Lemon Cichlid Sirip Hitam Size S (3 – 4 cm) Rp3.500 per ekor
Ikan Lemon Snow White Rp4.800 per ekor
Ikan Lemon Elektrik Size L Rp8.000 per ekor
Ikan Lemon Size L Rp15.000 per ekor
Ikan Lemon Size XL Rp30.400 per ekor
Ikan Lemon Garra Rufa Paket 50 Ekor Rp90.000

Informasi harga ikan lemon di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harganya tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, ikan lemon ukuran XL dijual dengan harga Rp40 ribu per ekor, sedangkan harga ikan lemon snow white mulai Rp6.000 per ekor. (Panca)

[1] R., Saolisa. dkk. 2018. Perbandingan Kekuatan Ikan Lemon (Lubia Caeruleus) dengan Ikan Lele (Clarias Batrachus) pada Tegangan 18 Volt. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Vol. 4(2): 57-66.

Pos terkait