Update Harga Ikan Komet Kecil dan Besar

Bagi Anda yang ingin memelihara hewan tetapi tidak mau repot mengurusnya, Anda mungkin bisa menjadikan hias sebagai hewan peliharaan di rumah. Pasalnya, perawatan air ini memang cukup simpel, tetapi bisa membuat rumah Anda tampak lebih menarik. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak jenis ikan yang dapat Anda pilih, salah satunya ikan komet. Sudah hadir dalam beberapa jenis, harga ikan komet ternyata sangat terjangkau.

Ikan komet (sumber: bukalapak)
Ikan komet (sumber: bukalapak)

Ciri Ikan Komet

Jika Anda belum familiar, ikan komet (sering juga disebut ikan mas komet) adalah ikan mas berekor tunggal yang sebenarnya tumbuh di AS. Ikan ini konon dikembangkan dari ikan mas oleh Hugo Mulertt, seorang pekerja pemerintah, pada sekitar tahun 1880-an. Satwa ini pertama kali terlihat di kolam US Government Fish Commission di Washington DC. Mulertt lantas menyebarkan tentang ikan tersebut ke pasar pemeliharaan ikan dan bahkan menulis buku tentang ikan ini.

Bacaan Lainnya

Seiring waktu, ikan komet menjadi salah satu ikan air tawar yang digemari para penghobi ikan hias karena corak warnanya dan bentuk tubuhnya yang menarik, serta dapat dipelihara di dalam aquarium maupun di kolam. Umumnya, ikan komet memiliki warna yang cerah, disebabkan adanya sel pigmen (kromatofor) yang terletak pada epidermis.[1]

Secara umum, ukuran ikan komet sama dengan ikan mas biasa, kecuali sedikit lebih kecil dan lebih ramping, dan terutama dibedakan oleh ekornya yang panjang, tunggal, dan bercabang. Meski demikian, ikan mas komet cenderung memiliki variasi warna yang beragam, tidak seperti ikan mas koki pada umumnya.

Hewan air ini lebih aktif daripada kebanyakan jenis ikan mas lainnya. Bukan hal yang aneh untuk melihat komet berenang bolak-balik di dalam akuarium, berpacu dengan cara yang menyenangkan. Karena sifat ikan komet yang kuat dan aktif, dan relatif mudah dalam perawatan, mereka adalah jenis yang paling cocok untuk akuarium dan kolam luar ruangan. Ikan ini sering dipelihara dengan koi di kolam luar. Komet memiliki rentang hidup alami 5 hingga 14 tahun, tetapi dapat hidup lebih lama dalam kondisi optimal.

Seperti halnya ikan hias kebanyakan, ikan komet juga hadir dalam berbagai jenis. Ikan komet sarasa misalnya, dicirikan dengan warna merah-putihnya dan menyerupai pola warna Kohaku pada koi. Komet ini memiliki sirip yang panjang dan merupakan ikan yang sangat kuat. Sementara itu, jenis tancho ekor tunggal memiliki tubuh dan sirip berwarna perak dengan tambalan merah tunggal di kepala.

Ikan Komet (sumber: xentaika.ru)
Ikan Komet (sumber: xentaika.ru)

Jenis Ikan Komet

  • Ikan komet sarasa, punya warna merah-putih dan ukuran ekor yang panjang dan menjuntai.
  • Ikan komet tancho ekor tunggal, mirip ikan koi tancho, punya tubuh bersisik putih, sedangkan warna kepalanya merah menyala.
  • Ikan komet slayer, berwarna merah di bagian punggung dan bawah, dengan sirip bercorak putih kemerah-merahan.
  • Ikan komet merah, seperti namanya, punya warna dominan merah dari ujung mulut hingga ekor. Meskipun demikian, sirip dan ujung ekornya berwarna putih pucat.
  • Ikan komet shubunkin, juga masuk ke golongan double tail atau ekor bercabang. Warna tubuhnya cukup unik, perpaduan antara merah, oranye, dan putih dengan bintik di sekujur tubuhnya. Ikan ini memiliki sirip yang panjang pada bagian bawah perutnya.
  • Ikan komet yellow, punya warna dominan kuning di sekujur tubuhnya, dengan menyisakan warna kuning hingga transparan di bagian sirip dan ekor sehingga tampak bercahaya.

Apabila Anda tertarik dengan kecantikan yang ditawarkan ikan komet, tidak sulit mendapatkan hewan ini. Pasalnya, ikan komet sudah dijual bebas dan bisa Anda di berbagai pasar ikan atau lewat situs jual beli online. Pada tahun lalu, ikan komet slayer ukuran 4 sampai 5 cm dijual Rp3.000 per ekor, sedangkan harga ikan komet pancawarna ukuran yang sama mulai Rp5.000 per ekor. Lalu, berapa harganya untuk saat ini?

Harga Ikan Komet

Ikan komet (sumber: rumah.com)
Ikan komet (sumber: rumah.com)
Jenis Ikan Komet Harga
Ikan Komet Slayer 4 – 5 cm : Rp2.500 per ekor
6 – 7 cm : Rp5.000 per ekor
7 – 10 cm : Rp7.000 – Rp10.000 ekor
Ikan Komet Merah 4 – 5 cm : Rp800 – Rp1.000 per ekor
8 -10 cm : Rp3.500 – Rp5.000 per ekor
Ikan Komet Sarasa Merah Putih 5 cm : Rp4.500 per ekor
10 cm : Rp10.000 per ekor
Ikan Komet Pancawarna 4 – 5 cm : Rp4.250 per ekor
10 cm : Rp12.500 per ekor
Ikan Komet Tancho 5 cm : Rp5.000 per ekor
10 cm : Rp15.000 per ekor
Ikan Komet Motif Love 15 cm Rp950.000 per ekor

Selain dijual per ekor, banyak juga yang menawarkan ikan komet satu paket berisi ratusan ekor ikan. Anda bisa membeli paket ikan komet ini dengan harga berkisar Rp350 ribuan untuk paket ikan komet berukuran 5 cm sebanyak 50 ekor. Ada pula yang menawarkan paket ikan komet ukuran 12 sampai 15 cm dengan harga Rp800 ribu berisi 100 ekor ikan. Perlu Anda catat bahwa harga ikan tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Sebagai tambahan informasi, ikan komet juga tidak luput dari masalah, termasuk masalah kesehatan yang ditimbulkan parasit. Salah satu parasit yang sering menyerang ikan komet adalah ektoparasit Argulus japonicus.[2] Parasit ini menggunakan stylet untuk menghisap darah dan merusak jaringan kulit pada inang dan mengeluarkan zat antikoagulan untuk mencegah pembekuan darah. Jika terserang parasit ini, ikan komet akan menimbulkan luka dengan pendarahan yang terjadi cukup lama.

 

[1] Hafiz, Muhammad, dkk. 2020. Analisis Fotoperiode terhadap Kecerahan Warna, Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Komet (Carassius auratus). Jurnal Ilmu-Ilmu dan Budidaya Perairan, Vol. 15(1): 1-9.

[2] Mahanani, Selvi Oktora, Kismiyati, Laksmi Sulmartiwi. 2016. Anatomic Pathology of Comet Fish (Carassius auratus auratus) as Result of Males and Females Argulus Japonicus Infestation in Different Degree. Jurnal Ilmiah Perikanan dan , Vol. 8(2): 84-93.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *