Cara Budidaya dan Update Harga Koi Slayer Semua Jenis

Ikan koi memiliki pasar tersendiri dan tergolong sebagai ikan yang mahal. Salah satu jenis ikan koi yang terbilang cukup diminati para kolektor ikan hias adalah koi slayer. Ikan ini memiliki keunggulan berupa bentuk badan yang indah dan warna yang sangat beragam dengan harga jual relatif murah dibanding jenis koi lainnya.

Ikan koi slayer (sumber: lazada)
Ikan koi slayer (sumber: lazada)

Punya nilai jual dan permintaan pasar yang tinggi, membuat beberapa orang menjadikan ikan koi slayer sebagai ladang bisnis yang menjanjikan. Tak hanya orang dewasa, beberapa remaja juga turut meramaikan bisnis budidaya ikan koi slayer. Berbeda dengan air tawar hias lainnya, untuk membudidayakan ikan koi di Indonesia terbilang gampang-gampang sulit, apalagi karena daya tahan ikan ini tidak sekuat ikan lokal air tawar pada umumnya.

Bacaan Lainnya

Cara Budidaya Koi Slayer

  • Siapkan bibit ikan koi yang akan dibudidaya. Bibit yang dipilih haruslah layak budidaya dengan ciri tidak cacat, lincah, dan memiliki warna cerah.
  • Pilihlah media budidaya yang tepat, karena ikan koi termasuk jenis yang sensitif. Sebaiknya Anda memilih media yang tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan, seperti kolam semen atau akuarium.
  • Bagi pemula, disarankan untuk memilih media akuarium besar. Jika Anda sudah pernah memelihara koi slayer, Anda bisa mencoba menggunakan kolam semen yang sudah disterilkan.
  • Isi media budidaya dengan air bersih dan tidak mengandung bahan kimia seperti pemutih. Sebaiknya Anda menggunakan air tanah. Jika Anda tidak memiliki sumber air tanah, Anda bisa memakai air PDAM yang sudah diendapkan selama 2 hingga 3 hari.
  • Pasang aerator dan suhu seta pH air. Air harus mengandung oksigen cukup dengan suhu ruangan dan pH air tidak boleh kurang atau lebih dari 7. Jika pH dan suhu tidak memenuhi standar, air bisa menjadi sarang bakteri dan virus yang membahayakan kesehatan koi.[1]
  • Jangan lupa untuk memasang penyaring. Khusus untuk budidaya ikan koi, Anda harus memperhatikan penyaring air. Anda disarankan untuk memakai penyaring kolam bertingkat supaya kotoran dan racun tidak kembali ke kolam.
  • Masukkan bibit ikan koi secara perlahan supaya tidak stres dan biarkan mereka beradaptasi dengan media pemeliharaan yang baru selama 30 menit sebelum diberi pakan. Untuk ikan koi, Anda harus memberinya pakan pelet apung yang tidak berisiko mengendap di media budidaya.
  • Pakan diberikan secara rutin dalam jumlah sedikit, tetapi sering. Ini membuat ikan kenyang tanpa harus menyisakan makanan di dalam kolam, sehingga media budidaya tetap bersih.
  • Pastikan Anda selalu mengganti airnya secara rutin. Untuk media budidaya akuarium, paling tidak seminggu dua kali. Sementara, untuk media yang lebih besar seperti kolam, Anda bisa mengganti air setiap bulan sebanyak tiga hingga empat kali.
  • Selalu perhatikan kesehatan ikan koi. Jika ada ikan yang sakit, segera pisahkan dengan ikan lainnya dan lakukan perawatan intensif untuk mencegah penularan.
  • Anda bisa memanen ikan koi berdasarkan permintaan pasar. Bisa dibilang, Anda tidak harus mematok kapan harus dipanen. Namun, semakin besar ukuran ikan koi, semakin mahal harganya.

Sebagai tambahan, secara umum ikan koi yang dipasarkan dalam negeri adalah ikan koi jenis kumpai (ikan koi slayer persilangan ikan mas kumpay) dan platinum. Ikan jenis ini konon lebih digemari kolektor ikan hias Indonesia. Sementara, untuk ikan koi slayer lainnya, lebih sering dipasarkan di luar negeri. Berikut referensi harga ikan koi slayer.

Koi Slayer (credit: Youtube/KedaiKoi)

Harga Koi Slayer

Jenis Koi Slayer Harga per Ekor
Koi Slayer Kabuto 7 cm Rp5.000
Koi Slayer Metalik 8 cm Rp10.000
Koi Slayer Semi 10 cm Rp15.000
Koi Slayer Kumpay 15 cm Rp38.000
Koi slayer Hajiro Karasu 12 cm Rp50.000
Koi Slayer Metalik 20 cm Rp75.000
Koi Slayer Aka Hajiro 25 cm Rp500.000
Koi Slayer Ogon 25 cm Rp520.000

Harga ikan koi slayer di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga ikan koi slayer tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga koi slayer tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, koi slayer Kabuto 7 cm yang dibanderol Rp4 ribuan, sedikit naik menjadi Rp5 ribu per ekor.

 

[Update: Almas]

[1] Puspitasari, Dian. 2020. Identifikasi dan Prevalensi Ektoparasit pada Ikan Koi Kumpay Slayer di Kota Tanjungbalai. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan ke-4, hal. 1126-1130.

Pos terkait