Info Harga Ikan Kerapu dalam Berbagai Jenis

No comment429 views

(Epinephelus sp) atau dikenal dengan nama dagang “groupers” dan merupakan salah satu komoditas yang bernilai ekonomis tinggi dan berpeluang dipasarkan baik di domestik maupun internasional. Ekspor kerapu melaju pesat sebesar 350% yaitu dari 19 ton (tahun 1987) menjadi 57 ton (tahun 1988) (Departemen Pertanian, 1990).

Ikan kerapu (sumber: komira.co.id)

Ikan kerapu (sumber: komira.co.id)

Keuntungan ikan kerapu dikarenakan pertumbuhannya yang cepat dan dapat diproduksi secara massal, terutama untuk melayani permintaan pasar akan ikan kerapu hidup.

Ada beberapa macam ikan kerapu di pasaran, diurut dari nilai ekonomis yang tertinggi, yaitu ikan kerapu lodi, kerapu macan, kerapu lumpur, kerapu tikus, kerapu bebek, dan lainnya. Di pasaran, ikan kerapu yang banyak dijumpai adalah ikan kerapu macam (Epinephelus fuscoguttatus). Ikan kerapu lodi memiliki nilai ekonomis yang paling tinggi di antara ikan kerapu lainnya. Ikan kerapu memiliki daging yang empuk dan biasanya diolah dengan cara di-tim dengan bumbu oriental.

Ikan kerapu macam (Epinephelus fuscoguttatus) sudah dapat dibudidaya sejak tahun 1993 oleh Balai Budidaya Laut Lampung dengan menghasilkan benih melalui pembenihan buatan dengan teknologi rekayasa lingkungan dan hormon.

Baca juga  Info Cara Merawat dan Harga Handuk Magnolia Emerald Terbaru

Dewasa ini banyak ikan kerapu yang diambil fillet-nya untuk kebutuhan ekspor atau sebagai olahan. Untuk kebutuhan fillet, biasanya ikan kerapu yang digunakan berukuran 4-5 kg/ekor. Ikan kerapu bahkan ada yang bisa mencapai 7-10 kg/ekor.[1]

Jenis-jenis Ikan Kerapu

Kerapu Batik

Dilansir dari Wikipedia, kerapu batik (Epinephelus polyphekadion) adalah kerapu tangkap dan konsumsi yang dapat ditemukan di kawasan perairan Indo-Pasifik. Habitat alaminya adalah lautan terbuka, lautan dangkal, perairan pasang-surut, terumbu karang, dan laguna pantai. Sama seperti jenis-jenis kerapu lainnya, spesies ini terancam kelestariannya karena rusaknya habitat dan penangkapan berlebih. Kerapu batik dapat diternakkan, biasanya pada jala karamba.

Ikan kerapu batik (sumber: bulelengkab.go.id)

Ikan kerapu batik (sumber: bulelengkab.go.id)

Kerapu Kertang

Kerapu kertang (Epinephelus lanceolatus) adalah ikan bertulang sejati (Osteichthyes) terbesar di terumbu karang dan merupakan salah satu ikan terpopuler di perairan Indonesia. Ikan ini juga menjadi emblem bagian Queensland, Australia. Habitat alaminya adalah perairan terumbu dengan kedalaman sampai 100 m di seluruh kawasan Indo-Pasifik dengan perkecualian Teluk Persia, selain itu ia juga dapat memasuki muara/estuarin.

Ikan kerapu kertang (sumber: fishsizematters.eu)

Ikan kerapu kertang (sumber: fishsizematters.eu)

Kerapu Sunuk

Kerapu sunuk atau kerapu merah (Plectropomusleopardus) adalah sejenis ikan dari keluarga Serranidae yang ditemukan di Samoa Amerika, Australia, Brunei, Kepulauan Cocos, Fiji, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Mikronesia, Kaledonia Baru, Kepulauan Mariana Utara, Pulau Palau, Papua Nugini, Filipina, Samoa, Singapura, Kepulauan Solomon, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Namanya dalam Bahasa Inggris adalah coral trout, leopard coral grouper atau leopard coral trout. Habitat alaminya adalah lautan terbuka dan karang.

Ikan kerapu sunuk (sumber: similandivecenter.com)

Ikan kerapu sunuk (sumber: similandivecenter.com)

Kerapu Macan

Kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) adalah sejenis kerapu yang menghuni perairan Indo-Pasifik. Bersama-sama dengan kerapu kertang, ikan ini merupakan ikan tangkap yang di nusantara. Ikan yang berstatus terancam punah karena rusaknya habitat ini menghuni perairan terbuka, laut dangkal, kawasan pasang-surut, terumbu karang, dan laguna pantai.

Ikan kerapu macan (sumer: reefguide.org)

Ikan kerapu macan (sumer: reefguide.org)

Kerapu Muara

Kerapu muara atau kerapu balong (Epinephelus coioides) adalah ikan laut dari suku Serranidae yang mencakup banyak jenis kerapu yang menghuni perairan Indo-Pasifik. Terdapat populasi yang menghuni Laut Merah. Ikan ini menyukai perairan dekat pantai seperti hutan mangrove (bakau), laut dangkal, terumbu karang, muara/estuarium, pantai pasang surut, dan laguna berair asin. Hewan ini terancam punah karena gangguan habitat.

Ikan kerapu muara (sumber: researchgate.net)

Ikan kerapu muara (sumber: researchgate.net)

Kerapu Bebek

Kerapu bebek atau kerapu tikus (Chromileptes altivelis) adalah jenis ikan dari keluarga Serranidae yang ditemukan di Australia, Cina, Guam, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Kenya, Malaysia, Kaledonia Baru, Kepulauan Mariana Utara, Papua Nugini, Filipina, Pulau Pitcairn, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan mungkin di Mozambique dan di Vanuatu. Habitat alaminya adalah karang laguna pantai. Jenis ini terancam kehilangan habitatnya. Dalam Bahasa Inggris, kerapu bebek disebut humpback grouper atau panther grouper dan khususnya di Australia, lebih dikenal dengan nama barramundi cod.

Baca juga  Info Terkini Daftar Harga Terpal per Meter dan per Roll
Ikan kerapu bebek (sumber: flickriver.com)

Ikan kerapu bebek (sumber: flickriver.com)

Harga Ikan Kerapu

Jenis Ikan KerapuKisaran Harga (Rp)
Ikan Kerapu Macan130.000
Ikan Kerapu Lumpur150.000
Ikan KerapuCantang150.000
Ikan Kerapu Cantik150.000
Ikan Kerapu Fillet160.000
Ikan Kerapu Kertang170.000
Ikan Kerapu Batik200.000
Ikan Kerapu Batu250.000
Ikan Kerapu Sunu360.000
Ikan KerapuKustang380.000
Ikan Kerapu Tikus390.000
Ikan Kerapu air tawar500.000

Informasi harga ikan kerapu di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga ikan kerapu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga ikan kerapu yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda.

[1]Bahar, B. 2006. Panduan Praktis Memilih dan Menangani Produk Perikanan. Winarno EG, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Ikan Kerapu dalam Berbagai Jenis"