Update Harga Ikan Kerapu Air Tawar (Semua Jenis)

Ikan kerapu merupakan salah satu komoditas sumberdaya perairan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia, karena bernilai ekonomis tinggi dan banyak penggemarnya.[1] Selain ada ikan kerapu air laut atau terumbu karang, ada juga ikan kerapu air tawar yang lebih dikenal sebagai ikan hias. Sayangnya, ikan kerapu air tawar dijual dengan harga yang tidak bisa dibilang murah.

Ikan kerapu air tawar (sumber: tokopedia)
Ikan kerapu air tawar (sumber: tokopedia)

Secara fisik, ikan kerapu identik dengan bentuk badan yang pipih dan mulut lebar. Tak hanya itu, ikan ini memiliki tubuh yang tumbuh memanjang dan besar. Seperti hewan air predator pada umumnya, rahang ikan kerapu terbilang sangat kuat dengan gigi-gigi kecil yang runcing.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, ikan kerapu air tawar adalah jenis ikan kerapu yang diambil dari laut atau biasa disebut dengan ikan kerapu karang. Namun, ikan seperti ini ternyata bisa dipelihara di air tawar dengan perawatan khusus. Bisa dibilang, ikan kerapu air tawar adalah hewan laut yang sudah bisa beradaptasi di air tawar.

Memelihara ikan air kerapu tawar tentunya tidak bisa sembarangan, mengingat habitat aslinya ada di laut. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, termasuk cara mengisi akuarium dengan air yang tepat, mengatur aerasi, memberi pakan, hingga perawatan bulanan untuk mencegah penyakit. Sebagai referensi cara memelihara ikan kerapu air tawar, Anda bisa melihat rincian berikut.

Cara Merawat Ikan Kerapu Air Tawar

  • Bagi Anda yang ingin memelihara ikan kerapu sebagai ikan hias, Anda bisa memilih media akuarium sebagai wadah ikan. Namun, jika Anda ingin membudidayakan ikan kerapu, tak ada salahnya untuk memilih kolam semen.
  • Akuarium atau kolam semen yang akan dipakai harus dicuci terlebih dahulu hingga bersih dan dibilas dengan air tawar sebanyak dua hingga tiga kali. Setelah itu, isi air secara bertahap mulai dari ketinggian 10 cm hingga 30 cm. Biarkan sesaat untuk mengecek apakah air yang ada di dalam media pemeliharaan mengandung endapan kotoran atau tidak.
  • Air yang mengandung endapan kotoran harus dibuang dan diganti dengan air bersih. Setelah mengetahui air benar-benar bebas kotoran dan tidak terkontaminasi bahan kimia atau limbah, isilah akuarium atau kolam.
  • Pengisian air tidak perlu penuh atau rata dengan bagian atas media, karena bisa membuat ikan kerapu kekurangan oksigen. Anda harus menyisakan paling tidak 1 hingga 2 cm ruang udara di atas permukaan air.
  • Jangan lupa untuk melengkapi media pemeliharaan dengan filter atau penyaring, lampu, dan aerator. Pastikan juga kolam atau akuarium Anda dekat dengan sumber listrik supaya Anda bisa mengatur tekanan udara dengan baik.
  • Filter yang digunakan tidak hanya harus berbahan kapas penyaring dan protein skimmer, tetapi juga zeolite. Bahan ini berfungsi untuk menyaring berbagai bahan kimia beracun dan logam berat yang lolos dari saringan protein skimmer. Pastikan juga Anda memakai air bersih dengan pH mendekati netral (7), kesadahan 8, dan salinitas 31 ppm.
  • Pemberian pakan harus secara rutin dan tidak boleh telat, karena ikan kerapu bisa stres atau memakan ikan lainnya. Jenis pakan terbaik untuk ikan kerapu adalah pakan dengan kandungan protein tinggi, seperti ikan rucah dan potongan siput.
  • Setiap bulan, filter pada media pemeliharaan harus diganti supaya air tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, Anda harus membersihkan media pelihara setiap minggu sekali.
Ikan kerapu air tawar (sumber: investasio.com)

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan kerapu air tawar, pastikan Anda mengetahui jenisnya. Sebagai referensi varian dan harga ikan kerapu air tawar, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Ikan Kerapu Air Tawar

Jenis Ikan Kerapu Air Tawar Harga per Ekor
Ikan Kerapu Jaguar Cichlid 5 cm – 7 cm Rp20.000
Ikan Kerapu Jaguar Cichlid 7 cm – 10 cm Rp29.000
Ikan Kerapu Cantang Air Tawar 9 cm Rp110.000
Ikan Kerapu Cantang Air Tawar ukuran 15 cm – 17 cm Rp132.000
Ikan Kerapu Golden Trevally 3 cm – 5 cm Rp160.000
Ikan Kerapu Predator 15 cm – 18 cm Rp160.000
Ikan Kerapu Titik Biru (Lodi) 15 cm – 19 cm Rp220.000
Ikan Kerapu Lodi 23 cm – 25 cm Rp510.000
Ikan Kerapu Cantang Air Tawar 30 cm – 35 cm Rp720.000
Ikan Kerapu Bumblebee Grouper (Kerapu Emas) Air Tawar 15 cm Rp1.500.000
Ikan Kerapu Bumblebee Grouper (Kerapu Emas) Air Tawar 20 cm Rp2.000.000

Harga ikan kerapu air tawar di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga ikan kerapu tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga ikan kerapu air tawar tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, ikan kerapu bumblebee grouper (kerapu emas) air tawar 20 cm yang dibanderol Rp1,8 jutaan tahun 2021, naik menjadi Rp2 juta tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Septinawati, Atmirah & Wahyu Tjahjaningsih. 2010. Manajemen Pembesaran Kerapu Tikus (Cromileptes altivelis) di Balai Besar Pengembangan Air Payau (BBPBAP) Jepara Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga, Vol. 2(1): 67-75.

Pos terkait