Info Manfaat dan Harga Ikan Kakatua Berbagai Jenis

No comment397 views

Dari banyaknya jenis ikan laut, Anda mungkin asing dengan ikan kakatua. Ikan kakatua termasuk jenis yang jarang dijumpai dan kerap disebut ikan somay karena bentuk giginya yang melengkung keluar seperti lekuk paruh burung kakatua. Umumnya, ikan kakatua memiliki warna kulit yang bercorak hijau dengan semburat jingga.[1] Namun saat ini, jenis ikan kakatua semakin bertambah dengan harga jual bervariasi di pasaran.

Ikan kakatua (sumber: pinterest)

Ikan kakatua (sumber: pinterest)

Ikan kakatua merupakan kelompok spesies ikan laut yang berada di perairan dangkal tropis dan subtropis di seluruh dunia, terutama di terumbu karang, pantai berkarang, dan padang lamun. Ikan kakatua hidup di perairan laut yang berasosiasi dengan terumbu karang pada kedalaman 1-25 meter. Wilayah penyebarannya meliputi Indo-Pasifik, Laut Merah, hingga Kepulauan Line dan Ducie, utara ke Jepang Selatan, selatan ke Teluk Shark, Australia Barat, Lord Howe, dan Kepulauan Rapa.

Ciri Fisik Ikan Kakatua

  • Ukuran ikan kakatua diperkirakan sekitar 17 cm dengan panjang maksimum yang dilaporkan yakni 47 cm
  • Tubuh agak lonjong pipih, bentuk moncong membundar dan kepala tumpul
  • Setiap parrotfish memiliki 1.000 gigi yang lebih keras dari tembaga
  • Sirip punggung bergabung antara 9 duri keras dan 10 duri lemah
  • Susunan gigi bergabung membentuk semacam flat di rahang atas dan bawah
  • Hanya sedikit yang aktif di malam hari, ikan Kakatua lebih banyak di siang hari
  • Perubahan kelamin pada ikan kakatua mempengaruhi warna. Pada ikan muda (betina) berwarna keabu-abuan atau kecoklatan, saat (jantan) corak warna jadi lebih berwarna kontras
Baca juga  Update Terkini Harga Alat Tukang Kayu Makita

Ikan herbivora ini kerap ditemukan bergerombol dengan spesies lain pada saat makan di luar terumbu karang. Tak banyak yang , ikan kakatua ternyata memiliki kontribusi terhadap perlindungan terumbu karang. Pasalnya, ikan kakatua memiliki kebiasaan unik yakni memakan karang-karang mati, alga, atau ganggang yang menutupi karang hidup.[2]

Perkembangbiakan Ikan Kakatua

Reproduksi ikan kakatua dilakukan melalui pemijahan. Proses pemijahan terjadi secara alamiah pada induk yang sudah matang gonad. Penampakan morfologi pada induk yang sudah matang terlihat dari bentuk tubuh yang sudah membulat. Calon induk diletakkan pada akuarium secara berpasangan. Pada akuarium ditempatkan substrat berupa batu pipih yang bertujuan sebagai tempat telur. Dalam 1 periode, sepasang ikan dapat melakukan 4 kali proses pemijahan dengan selang waktu memijah berkisar 14-18 hari. Jumlah telur (fekunditas) yang dihasilkan lebih dari 1.000-1.900 butir. Derajat pembuahan tertinggi sebesar 96% dan derajat penetasan tertinggi sebesar 78,6%.

Ikan kakatua (sumber: aquainfo.org)

Ikan kakatua (sumber: aquainfo.org)

Manfaat Ikan Kakatua

  • Spesies pemelihara terumbu karang. Berkat kebiasaannya, ikan kakatua mampu membuat terumbu karang bisa berkembang karena memakan alga yang menutupinya. Dari penelitian Maladewa yang diterbitkan di jurnal Geology menemukan bahwa ikan kakatua mampu menghasilkan sedimen pasir baru lebih dari 85% pada terumbu karang di sekitar -pulau tersebut.
  • Spesies ikan laut yang cukup digemari karena banyak nutrisi. Ikan kakatua diketahui sebagai bahan pangan yang menawarkan sumber protein rendah , sehingga baik untuk kesehatan. Ikan kakatua juga banyak mengandung omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk pertumbuhan otak.
  • sisik diolah menjadi gelatin. Selain dagingnya, limbah sisik ikan kakatua juga sangat bermanfaat sebagai gelatin yang biasanya dijadikan kapsul bagi obat kesehatan dan kecantikan.
Baca juga  Update Harga Genset Yamaha (Lengkap Semua Tipe)

Tak heran jika masyarakat sempat ramai mengulas ikan kakatua dilindungi dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi lantaran perannya yang amat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem terumbu karang. Karena belum resmi dilindungi, maka sebagian orang diperbolehkan memperjualbelikan ikan cantik ini. Ikan kakatua juga memiliki nilai ekonomi apabila sudah diolah menjadi ikan asin untuk dikonsumsi. Ikan yang berukuran kecil biasanya dipasarkan dalam kondisi hidup untuk akuarium air laut. Lalu, berapa harga ikan kakatua berbagai jenis di pasaran saat ini?

Harga Ikan Kakatua

Varian Ikan KakatuaHarga (Rp)
Ikan Kakatua Frozen per kilo20.000
Ikan Kakatua (Napoleon) segar 1 kg36.000
Ikan Kakatua Biru (Half Green) per kg60.000
Ikan Kakatua Fillet 1 kilogram70.000
Ikan Asin Kakatua 1 kilogram82.000
Ikan Hias Kakatua Merah size 7-8 cm90.000

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Anda dapat menemukan ikan dengan nama lain betet ini di pasar ikan terdekat maupun menelusuri beberapa marketplace dan situs jual beli online untuk mendapatkan harga terbaik.

Baca juga  Info Terbaru Harga Flux Solder (Semua Merk dan Jenis)

[1] Bahan, Buhar. Panduan Praktis Memilih & Menangani Produk Perikanan (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004), hlm. 38

[2] Vincentius, Angelinus. Sumber Ikan Ekonomis Penting Dalam Habitat Mangrove (Jakarta: Deepublish, 2020), hlm. 107

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Manfaat dan Harga Ikan Kakatua Berbagai Jenis"