Update Harga Ikan Jaguar Cichlid Terbaru (Kecil, Medium, Besar)

Di Indonesia, selain ikan endemik dan ikan , ternyata juga ada ikan asing, yakni spesies ikan yang berasal dari luar perairan wilayah Indonesia. Dari sekian banyak ikan asing tersebut, saat ini yang menjadi idola para penggemar ikan hias adalah jaguar cichlid karena punya eksotis dengan tubuh lumayan besar. Di pasaran dalam negeri, harga ikan jaguar cichlid bisa mencapai angka ratusan ribu per ekor, tergantung corak dan ukuran.

Ikan jaguar cichild (youtube: Mrlilchilly1)
Ikan jaguar cichild (youtube: Mrlilchilly1)

Seperti disinggung di atas, di Indonesia terdapat ikan yang termasuk endemik, ikan asli, dan ikan asing. Ikan endemik adalah spesies ikan yang hanya berada di suatu perairan dan tidak berada di perairan lainnya, sedangkan ikan asli adalah ikan yang awalnya berada di suatu perairan, tetapi dapat tumbuh dan berkembang di perairan lain dalam wilayah terbatas.[1] Sementara itu, ikan asing adalah ikan yang berasal dari luar perairan wilayah, datang dengan beberapa cara, termasuk program untuk peningkatan produksi perikanan dan sengaja dibawa oleh pencinta ikan hias.[2]

Bacaan Lainnya

Ciri Ikan Jaguar Cichlid

Nah, dari sekian banyak ikan asing yang telah beredar di perairan Indonesia, salah satu yang cukup terkenal adalah jaguar cichlid. Punya nama latin Parachromis managuensis, jaguar cichlid merupakan ikan air tawar yang berasal dari Nikaragua, Kosta Rika, dan Honduras, yang telah lama diintroduksi ke berbagai negara sebagai ikan hias, termasuk ke Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara.[3]

Jaguar cichlid adalah spesies yang paling umum diperdagangkan dari genusnya dan sangat dihargai di antara perdagangan akuarium. Seperti semua anggota genus, ini adalah anggota Cichlidae yang besar, agresif, dan teritorial. Ikan jaguar cichlid punya ukuran tubuh cukup besar dan kuat, dan menampilkan warna kuning/perunggu di seluruh tubuhnya.

Warna kuning tersebar dengan bintik-bintik hitam cerah yang terlihat di sepanjang sisi dan pelat insang. Serangkaian beberapa titik hitam besar kemudian berjalan mendatar di sepanjang area gurat sisi. Sirip ikan umumnya berwarna gelap hingga hitam, terutama saat dalam pewarnaan pemijahan. Betina memiliki warna yang sama, tetapi umumnya lebih kecil daripada jantan. Betina juga tidak memiliki ekstensi memanjang ke sirip punggung.

Ikan ini lebih suka hidup di air keruh, danau eutrofik, sering ditemukan di air hangat yang kekurangan oksigen. Substrat aslinya adalah dasar lumpur, tetapi juga dapat ditemukan di dan mata air dengan dasar berpasir yang tertutup puing-puing tanaman. Spesies ini mendiami danau di iklim tropis dan lebih menyukai air dengan pH 7,0–8,7, kesadahan air 10-15 dGH, dan kisaran suhu 25 hingga 36 derajat Celcius (77 hingga 97 derajat Fahrenheit).

Menurut sebuah penelitian, jaguar cichlid telah ditemukan di Indonesia, salah satunya di perairan Lombok. Tertangkap di Sungai Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, morfologi jaguar cichlid yang ditemukan di antaranya kepala besar dengan ujung moncong tumpul, mulut besar, deretan gigi yang tajam pada rahang atas dan rahang bawah, mata sedang, bentuk tubuh pilih, pola warna tubuh ungu keperakan, serta terdapat motif warna lurik hitam dari ujung kepala sampai ekor.[4]

Parachromis managuensis adalah karnivora, spesies yang sangat predator. Karena itu, saat memasuki perairan tertentu, ikan ini dikhawatirkan dapat mengancam ekosistem lokal. Selain merupakan predator, ikan memiliki karakteristik yang toleran terhadap perubahan lingkungan seperti fluktuasi suhu dan kandungan oksigen yang rendah, serta dapat berkembang biak sepanjang tahun.

Meski demikian, bagi pencinta ikan hias, jaguar cichlid termasuk spesies idola. Pasalnya, tubuh ikan ini memang cenderung lebih besar dibandingkan ikan hias kebanyakan, serta memiliki motif yang cukup unik. Karena itu, sejumlah penggemar bersedia merawat ikan ini meskipun harganya dapat dikatakan relatif mahal. Berikut kisaran harga ikan jaguar cichlid saat ini.

Pesona Ikan Jaguar Cichlid - (www.aquariumsource.com)
Pesona Ikan Jaguar Cichlid – (www.aquariumsource.com)

Harga Jaguar Cichlid

Ukuran Jaguar CichlidHarga
Jaguar Cichlid 3 – 4 cmRp15.000 per ekor
Jaguar Cichlid 5 – 6 cmRp35.500 per ekor
Jaguar Cichlid 10 – 15 cmRp100.000 – Rp178.000 per ekor
Jaguar Cichlid 17 – 20 cmRp200.000 per ekor
Jaguar Cichlid 22 – 25 cmRp300.000 – Rp534.000 per ekor

Informasi harga ikan jaguar cichlid di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko ikan hias dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga ikan jaguar cichlid tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu jaguar cichlid ukuran 19 sampai 20 cm dijual Rp200 ribu sampai Rp267 ribuan per ekor, sedangkan harga ukuran 10 cm berkisar Rp100 ribuan per ekor.

(Panca)

[1] Syafei, Lenny S. dan Dinno Sudinno. 2018. Ikan Asing Invasif, Tantangan Keberlanjutan Biodiversitas Perairan. Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, Vol. 12(3): 145-161.

[2] Ibid.

[3] Hasan, Veryl dan Maheno Sri Widodo. 2021. Parachromis managunesis (Gunther, 1867): Keberadaan Ikan Predator Asing di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Samakia Jurnal Ilmu Perikanan, Vol. 12(2): 180-184.

[4] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *