Manfaat dan Harga Ikan Gurame 1 Kg Saat Ini

No comment139 views

Ikan gurami, sering juga disebut gurame, merupakan salah ikan air tawar yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Banyak makanan yang menjadikan gurame sebagai bahan dasar, seperti gurame asam manis pedas, gurame bakar, hingga gurame goreng dan sup ikan gurame. Di pasaran sendiri, gurame cenderung fluktuatif, namun berada di kisaran Rp50 ribuan per 1 kg.

Dilansir dari Wikipedia, ikan gurami (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya, gurami juga sering dipelihara dalam akuarium. Umumnya dikenal dengan nama gurami, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame, grameh (Jawa), kaloi, ikan kali, dan lain-lain.

Harga Ikan Gurame - gdmorganic.com

Harga Ikan Gurame - gdmorganic.com

Menurut Departemen (1986), ikan gurami memiliki pernapasan yang disebut dengan labirin, yakni lipatan-lipatan epitelium pernapasan yang merupakan turunan dari lembar insang pertama, sehingga ikan dapat mengambil langsung dari udara. Ikan ini sendiri tergolong dalam orto Labyrinthici. Dengan kadar oksigen yang rendah, ikan gurami masih dapat hidup karena memiliki labirin.

Habitat asli ikan gurami di perairan tawar yang tergenang seperti di rawa-rawa dan danau. Namun, ada juga gurami yang dapat hidup di perairan payau. Namun, ikan ini tidak dapat hidup di perairan yang ditumbuhi tanaman air, seperti enceng gondok, karena gurami harus mengambil langsung udara dari udara bebas. Selain itu, organ penyimpanan udara pada gurami tidak akan berfungsi jika ikan ini tidak muncul ke permukaan air.

Pendapat senada diutarakan Cahyono (2000), yang mengatakan bahwa ikan gurami di alam aslinya merupakan ikan yang mendiami daerah yang tenang dan tergenang. Ikan ini tidak menyukai daerah yang seluruh permukaan air kolamnya tertutup oleh tanaman air, seperti enceng gondok. Hal ini erat kaitannya dengan alat pernapasan tambahan yang memungkinkan ikan menghirup oksigen dari udara bebas.

Untuk ciri-cirinya, Rusito (2013) menuturkan bahwa ikan gurami memiliki beberapa ciri khusus. Bentuk badan ikan ini agak panjang, lebar, dan pipih ke samping. Ikan gurami yang sudah dewasa memiliki lebar badan dua kali panjang kepala. Selain itu, ikan gurami memiliki sisik berukuran besar, membulat tidak penuh, pada tepian sisiknya agak kasar, terutama di bagian kepala.

Sementara, pada ikan gurami yang masih muda, memiliki bentuk kepala yang lancip, berdahi rata. Ikan gurami yang masih belia juga memiliki 7 hingga 8 garis tegak berwarna hitam, dan akan hilang apabila sudah tumbuh menjadi tua. Umumnya, ikan gurami muda ini juga memiliki warna tubuh biru kehitaman, dengan perut berwarna biru. Kemudian, ketika dewasa, warna-warna tersebut akan berubah menjadi hitam dan perutnya menjadi putih keperakan atau kekuning-kuningan. 

Di bagian kepala, ikan gurami memiliki mulut yang kecil, bibir bagian bawahnya sedikit lebih maju dari pada bibir bagian atas dan dapat disembunyikan. Gigi-giginya tumbuh kecil pada rahang bawah dan berbentuk mengerucut. Biasanya, deretan gigi bagian luar lebih besar daripada deretan gigi bagian dalam. Rahang atas dan rahang bawahnya sendiri cenderung tidak rata.

Untuk pakannya, dituturkan Mahyudin (2009), ikan gurami yang masih larva atau benih bersifat karnivora, yakni pemakan daging. Namun, ketika ikan gurami beranjak dewasa, hewan ini berubah menjadi omnivora atau pemakan segala (hewan dan tumbuhan), meski lebih cenderung herbivora (pemakan tumbuhan).

Manfaat Ikan Gurame

Seperti ikan lainnya, ikan gurame juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Manfaat ikan antara lain dapat meminimalkan risiko Anda terkena penyakit terkait kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, menyehatkan sistem kardiovaskular Anda, hingga dapat memfasilitasi program sehat yang sedang Anda lakukan.

Harga Ikan Gurame - www.berwirausaha.net

Harga Ikan Gurame - www.berwirausaha.net

Di samping itu, ikan gurame juga memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil. Pasalnya, dilansir The Asian Parent, tak hanya memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa ikan gurame memiliki kandungan protein 19% lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan lele, ikan nila, dan ikan mas yang berkisar antara 18,2%, 16,1%, dan 16%.

Untuk ibu hamil, ikan ini dikatakan mengandung protein dan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi ikan ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi masalah kulit yang seringkali terjadi selama kehamilan. Dengan rutin mengonsumsi ikan gurame, ibu hamil juga diklaim bisa mengganti sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Selain itu, ibu hamil juga bisa memenuhi kebutuhan protein harian yang dibutuhkan setiap hari.

Agar nutrisi dalam tubuh tetap terjaga, maka ibu hamil butuh makanan pengganti yang memiliki nutrisi tinggi tapi dengan kandungan kolesterol yang rendah, salah satunya ialah ikan gurame. Ikan gurame memiliki kandungan protein tinggi dan mengandung kolesterol yang sangat rendah, yaitu 55 mg per 10 gr, sehingga dapat mencegah penyakit degeneratif.

Harga Ikan Gurame

Tidak sulit mendapatkan ikan gurame, karena Anda bisa membeli ikan ini di pasar tradisional atau swalayan modern. Harga ikan gurame sendiri cukup fluktuatif, tergantung jumlah persediaan dan permintaan dari konsumen. Pada tahun 2019, 1 kg ikan gurame di beberapa , seperti Riau dan Lampung, dijual dengan harga Rp45 ribu hingga Rp50 ribuan.

 

Baca juga  Info Terbaru Harga Cangkul di Pasaran (Lokal dan Impor)

Referensi:

Cahyono, B. 2000. Budidaya Ikan Air Tawar: Ikan Gurami, Ikan Nila, Ikan Mas. Yogyakarta: Kanisius. 

Departemen Pertanian. 1986. Budidaya Gurami. Bandung: Balai .

Mahyudin, Kholis. 2009. Panduan Lengkap Ikan Gurami. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rusito, Edi. 2013. Kiat Picu Produksi Gurami & Nila Agar Panen Semakin Melimpah. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Manfaat dan Harga Ikan Gurame 1 Kg Saat Ini"