Info Harga Ikan Guppy Cendolan di Pasaran

Bagi Anda yang mencari ikan hias air tawar dengan corak dan warna beragam, tak ada salahnya membeli ikan guppy. Ada banyak ikan guppy dan salah satu yang terbilang cukup populer adalah ikan guppy cendolan. Harga ikan guppy cendolan juga relatif terjangkau, sehingga bisa dipelihara hampir semua kalangan.

Ikan Guppy Cendolan (sumber: theaquariumadviser.com)
Ikan Guppy Cendolan (sumber: theaquariumadviser.com)

Karakteristik Ikan Guppy Cendolan

Ikan guppy cendolan merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berukuran kecil. Ikan ini digemari karena mudah dipelihara dan memiliki bermacam-macam corak warna yang indah, terutama pada ikan jantan, sedangkan pada ikan betina lebih monoton pada satu warna.

Bacaan Lainnya

Memiliki nama ilmiah Poecilia reticulata, ikan guppy yang merupakan indukan ikan guppy cendolan berasal dari Trinidad, Barbados, Guyana, Brasil, dan Asia Tenggara. Asal nama ikan guppy adalah penemunya sendiri, yaitu Dr. Robert Lechmere Guppy. Ikan yang bersifat omnivora ini dapat berkembang biak secara optimal pada suhu sekitar 25-28°C, pH sekitar 7,0, dan kekerasan 20° dH.[1]

Untuk membedakan induk betina dan jantan tidak sulit. Warna dan morfologi tubuh jantan jauh lebih bagus dibanding betina. Sirip-sirip pada guppy jantan lebih panjang dan lebih lebar.

Baca juga  Info Cara Perawatan dan Update Harga Burung Sun Conure

Variasi corak dan warna tubuh guppy cendolan sangat kaya. Ada yang totol, berbercak halus atau kasar, dan ada juga yang menampilkan kombinasi warna yang menawan. Ciri khas dari ikan guppy cendolan adalah warna keperakan pada bagian punggungnya. Selain dari warna dan corak tubuhnya, keelokan guppy cendolan juga terletak pada corak dan bentuk ekornya yang lebar mirip kipas.

Ada empat warna dasar yang bisa berkembang menjadi warna yang menarik dan indah pada tubuh ikan guppy cendolan. Keempat warna dasar tersebut adalah abu-abu (grey), emas (gold), pirang (blonde), dan bulai (albino). Selain itu, ada guppy cendolan dengan kombinasi beberapa warna (multicolor) dan dua warna (bicolor). Warna guppy cendolan yang sampai sekarang tergolong langka adalah merah tua dan biru.

Warna berkilau pada tubuh guppy cendolan dihasilkan pigmen guanin yang terletak di bawah sisiknya. Pigmen guanin inilah yang menurunkan pigmen melanin yang banyak memengaruhi warna guppy cendolan. Kandungan pigmen melanin pada anak guppy cendolan betina atau anak guppy cendolan jantan tidak sebanyak pada guppy cendolan dewasa.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kadal Panana, Spesies Unik dengan Lidah Biru

Meskipun cara merawat ikan guppy cendolan mudah, Anda harus mengetahui dasarnya. Apalagi, jika Anda ingin mencoba ternak ikan guppy cendolan untuk dijual kembali. Berikut cara merawatnya.

Cara Merawat Ikan Guppy Cendolan

  • Pilih media pemeliharaan sesuai ikan guppy cendolan yang ingin Anda pelihara. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin besar wadah yang harus Anda siapkan. Anda bisa menggunakan aquarium berukuran sedang atau kolam berukuran kecil. Memiliki daya hidup tinggi, Anda bisa juga memelihara ikan guppy cendolan dalam drum plastik. Namun, sebaiknya pilihlah kolam atau berbatu untuk meningkatkan estetikanya.
  • Isi media pemeliharaan dengan air bersih yang sudah diendapkan untuk menetralkan pH dan menghilangkan zat berbahaya. Apalagi, jika Anda menggunakan air PDAM. Pasang juga aerator dan saringan pada media pemeliharaan untuk menjaga kejernihan dan kebersihan air.
  • Masukkan ikan guppy cendolan ke dalam media pemeliharaan secara perlahan supaya tidak stres. Setelah itu, biarkan selama satu jam sebelum diberi pakan. Ada banyak pakan yang bisa Anda berikan kepada ikan guppy cendolan, karena ikan ini termasuk omnivora.
  • Pemberian pakan tidak boleh terlalu banyak supaya tidak mengendap dan menjadi racun untuk ikan. Berikan juga pakan yang bernutrisi seperti cacing sutra atau plankton untuk memperindah tampilan warna ikan guppy cendolan.
  • Jika Anda ingin membudidayakannya, Anda harus menyiapkan akuarium khusus untuk memijahkan indukan guppy cendolan. Setelah itu, telur ikan guppy harus dipisahkan dengan induknya hingga menjadi ikan guppy anakan.
Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Lactogen Kaleng dan Kotak

Tidak sulit menemukan ikan guppy cendolan. Bahkan, Anda bisa membelinya di situs jual beli online dengan harga seperti berikut.

Harga Ikan Guppy Cendolan

Ikan Guppy Cendolan (sumber: algone.com)
Ikan Guppy Cendolan (sumber: algone.com)
Varian Ikan Guppy Cendolan Harga (Rp)
Ikan Guppy Cendolan Big Ear 1.300 per ekor
Ikan Guppy Cendolan Betina 1.500 per ekor
Ikan Guppy Cendolan Jantan 2.000 per ekor
Ikan Guppy Sepasang 3.000 per pasang
Ikan Guppy Cendolan Dragon 3.000 per ekor
Ikan Guppy Cendolan Paket isi 12 ekor 35.350 per plastik
Ikan Guppy Cendolan Paket isi 30 ekor 56.600 per plastik

Harga ikan guppy cendolan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Tentunya, harga ikan guppy cendolan tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Yusuf. 2010. Ragam Ikan Hias Air Tawar Populer. Jakarta: Penerbit Putra Danayu Publisher.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.