Info Lengkap Harga Ikan Gabus Hias di Pasaran

No comment8682 views

Mengoleksi menjadi yang menyenangkan. Betapa tidak, selain dapat menghilangkan stres dengan menyaksikan gerak lincah di aquarium, hias dapat mempercantik interior rumah Anda. Salah satu hias favorit yang kerap dikoleksi sejumlah kalangan yakni gabus hias. yang satu ini terbilang beragam mulai dari yang murah hingga paling mahal.

Ikan gabus hias (sumber: gobuso.com)

Ikan gabus hias (sumber: gobuso.com)

Ikan gabus adalah sejenis ikan buas yang memiliki habitat di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah, di antaranya aruan, haruan (Bojonegoro), kocolan (Betawi), bogo (Sidoarjo), bayong, bogo, licingan (Banjarmasin), kutuk (Jawa), dan lain sebagainya. Sedangkan, dalam bahasa Inggris ikan gabus disebut dengan berbagai nama seperti Common snakehead, Snakehead murrel, Chevron snakehead, dan Striped snakehead dengan nama ilmiahnya yakni Channa striata.

Gabus dan sejenisnya termasuk dunia lama, yakni dari Asia (Channa) dan Afrika (Parachanna). Jumlah seluruh ikan gabus sekitar 30 dari kedua genus tersebut. Di Indonesia, terdapat beberapa Channa yang secara alami menyebar di sebelah barat Garis Wallace. Namun, kini ikan gabus sudah dikenal juga ke perairan bagian timur.[1]

Baca juga  Info Review & Harga Brush Pen Faber Castell Per Set

Ikan gabus bersifat karnivora dan gemar memakan cacing, udang, katak, dan ikan lainnya. Ikan gabus yang akan menyambar mangsa biasanya berdiam diri di sekitar tanaman air, sehingga tidak terlihat oleh mangsanya. Lalu secara tiba-tiba meluncur cepat ke arah mangsanya dan langsung menelannya karena memiliki mulut yang terbilang besar. Pada musim kawin, gabus jantan dan betina bekerja sama menyiapkan sarang di antara tumbuhan di tepi air. Anak-anaknya berwarna jingga merah bergaris hitam, berenang dalam kelompok yang bergerak untuk mencari makanan yang dijaga oleh induknya.

Bagi masyarakat desa khususnya petani di Pulau Jawa, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama di sawah khususnya hama keong yang sering menyebabkan gagal panen padi. Para petani mengembangbiakkan ikan gabus di sawah-sawah. Ikan gabus memiliki keistimewaan dapat hidup dalam kondisi air keruh dan kering karena memiliki alat pernapasan yang disebut labirin.

Baca juga  Info Komposisi dan Harga Makanan untuk Kucing Felibite di Pasaran

Ikan gabus bersifat teritorial dan memijah pada musim hujan dari Oktober hingga Desember. Khusus marga Channa merupakan ikan yang mampu hidup di perairan dengan karakteristik pH asam 7-8 dengan kedalaman 1-2 m, suhu 23-27 derajat celsius, oksigen terlarut relatif rendah, dan CO2 tinggi. Berdasarkan air, ikan ini mampu beradaptasi di lingkungan yang mempunyai kandungan humus tinggi berasal dari gambut.

Dilihat dari kandungan gizi, ikan gabus tidak kalah dari ikan air tawar populer lainnya seperti ikan mas dan bandeng. Keunggulan ikan gabus adalah kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Kadar protein per 100 gram ikan gabus setara ikan bandeng 100 gram, tetapi lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan mas maupun lele. Nilai cerna protein ikan gabus juga sangat baik yang mencapai lebih dari 90%. Tak heran jika budidaya ikan gabus semakin meningkat di setiap wilayah.[2]

Salah satu famili yang sama dengan ikan gabus adalah ikan toman (Channa micropeltes). Perbedaan ikan gabus dan toman terletak pada . Panjang tubuh ikan toman dapat melebihi 1 m dan beratnya lebih dari 5 kg.

Baca juga  Jenis dan Harga Ikan Arwana Termahal

Harga Ikan Gabus Hias

Ikan gabus hias (sumber: sukaikan.com)

Ikan gabus hias (sumber: sukaikan.com)

Varian Ikan Gabus HiasKisaran Harga (Rp)
Ikan Channa Maru atau Gabus Bluemaru ukuran 7-8 cm50.000
Ikan Hias Gabus Toman ukuran 15-20 cm150.000
Ikan Hias Channa Maruliodes Red Sentarum

ukuran 10-11 cm

200.000
Ikan Hias Gabus Toman ukuran 20-30 cm250.000
Ikan Gabus Hias atau Channa Asiatica RSWS Size 15 cm575.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga ikan gabus hias tentu berbeda pada masing-masing wilayah. Bahkan, ada pula penjual yang menawarkan ikan gabus hias (Channa Auranti) dengan ukuran 30 cm dan berat 1 kg seharga Rp1,5 juta. Ikan gabus hias terbesar dengan berat 25 kg dan ukuran 32 cm yang termasuk spesies Channa barca bahkan dijual mulai Rp26 jutaan.

[1] Suprayitno Eddy.  Misteri Ikan Gabus(Malang: Universitas Brawijaya Press, 2017), hlm. 7

[2] Iriana Irin. Budidaya Ikan Gabus(Jakarta: Penebar Swadaya Grup, 2016), hlm. 10

author

Leave a reply "Info Lengkap Harga Ikan Gabus Hias di Pasaran"