Info Harga Ikan Baung (Asap, Segar, Frozen) di Pasaran

Anda pernah mencicipi ikan baung? Ikan yang sepintas mirip dengan lele ini kabarnya memiliki cita rasa yang lezat ketika sudah diolah menjadi aneka masakan. Harga ikan baung sendiri dipatok mulai puluhan ribu per kilo. Jika sudah diolah seperti diasap, biasanya harga ikan baung akandibanderol lebih mahal.

Ikan baung (sumber: lalaukan.com)
Ikan baung (sumber: lalaukan.com)

Dilansir dari Wikipedia, baung adalah nama segolongan ikan yang termasuk ke dalam marga Hemibagrus, suku Bagridae. Ikan yang menyebar luas di India, China selatan, dan Asia Tenggara ini juga dikenal dengan banyak nama daerah, seperti ikan duri, baong, baon, bawon, senggal atau singgah, tagih, tageh, beong, rengkik,niken, siken, tiken, tikenbato, dan lain-lain.

Bacaan Lainnya

Ikan baung adalah ikan asli perairan darat yang dapat hidup di danau, dan rawa. Provinsi Riau ikan ini hidup di Sungai Kampar, Kalimantan di Sungai Barito, Jambi di Sungai Batanghari, Sumatera Selatan di Sungai Musi, Sumatera Barat di Danau Singkarak. Ikan ini digemari oleh masyarakat karena berdaging tebal, sedikit berduri dan memiliki rasa yang lezat, sehingga memiliki nilai ekonomi penting, dan menjadi lebih tinggi lagi karena ada permintaan dari Malaysia dan Singapura.[1]

Baung adalah jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan umum dan banyak ditangkap pemancing di sungai. Ikan yang aktif mencari makan pada malam hari ini menyukai yang berair jernih, dari hulu hingga ke muara. Makanan utama ikan yang bersifat omnivora ini antara lain ikan kecil, udang, remis, insekta, moluska, dan rumput.

Ada beberapa jenis ikan baung, tetapi yang paling banyak dikenal dan banyak dicari pemancing di perairan umum adalah baung putih (Macrones nemurus) dan baung hitam (Macrones nigriceps). Ukuran baung putih sekitar 35 cm dan baung hitam sekitar 35,5 cm. Baung putih disebut juga dengan baung, tagel, sengal (Jawa), baong (Sumatera), dan baung putih (Kalimantan). Sementara itu, baung hitam disebut juga dengan baung banir (Kalimantan), tageh (Jawa), sengat (Bengkulu), dan beringit atau singaringan (Jambi dan Palembang).[2]

Ciri-ciri Ikan Baung

Ciri-ciri ikan baung pada umumnya adalah mempunyai empat pasang sungut peraba, sepasang di antaranya berukuran panjang yang terletak di sudut rahang atas dan memanjang sampai sirip dubur. Sirip punggung mempunyai dua jari-jari keras, satu di antaranya keras dan meruncing menjadi patil. Kepala berukuran besar dan warna tubuh cokelat kehijauan. Punggungnya lebih gelap dan warna pada bagian perut tampak lebih cerah.[3]

Rasa Daging Ikan Baung

Ikan baung segar dapat dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan seperti umumnya ikan lele maupun patin. Di Provinsi Riau (Pekanbaru, Batam, dan Tanjung Pinang), ikan baung banyak disajikan di restoran sebagai asam pedas atau gulai kuning pakai santan. Hal ini dimungkinkan karena rasa dagingnya sangat gurih dan lezat serta tidak mudah hancur ketika dimasak.

Ikan baung juga dikonsumsi dalam bentuk ikan asapan atau biasa dikenal sebagai ikan salai. Rasa daging ikan baung yang disalai, bila digoreng kering mirip dengan rasa daging belut yang didendeng dan dikeringkan. Biasanya, baung salai dimasak dengan cara digoreng kering dan dibubuhi sambal dari cabai atau cabai hijau, atau digulai dengan menggunakan kuah santan yang dicampur dengan daun singkong muda atau terung muda.[4]

Ikan baung (sumber: umko.ac.id)

Harga Ikan Baung

Jenis Ikan Baung Harga (Rp)
Bibit ikan baung size 1 inci 700
Ikan Baung asap 100 gr 14.800
Ikan baung segar 1 kg 40.000
Ikan baung asin kering 250 gram 45.000
Ikan baung asap 500 gram 75.000
Ikan baung frozen 1 kg 90.000
Ikan baung asap kering 1 kg 145.000
Ikan Baung Hemibagrus Nemurus size 30 cm 500.000
Ikan HemibagrusWyckii Black Devil Catfish (Baung Jaksa) 1.500.000
Ikan baung hias (hemibagrus nemurus) albino 2.000.000

Informasi harga ikan baung di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ingat bahwa harga ikan baung dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga ikan baung yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda. Apabila Anda membutuhkan ikan baung, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau membeli secara online.

[1]Roza, M dkk. 2014. Kajian Pemeliharaan Ikan Baung (Hemibagrus nemurus) Dengan Padat Tebar Yang Berbeda Pada Keramba Jaring Apung Di Waduk Paku, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau. ActaAquatica. 1(1): 2-6.

[2]Khairuman&Khairul A. 2003. Petunjuk Praktis Memancing Ikan Air Tawar. Jakarta: Agromedia Pustaka, hlm 24.

[3]Handoyo, B dkk. 2010. Cara Mudah Budidaya dan Peluang Ikan Baung Dan Jelawat. Bogor: IPB Press, hlm 7.

[4]Khairuman&Khairul A. 2008. Ikan Baung: Peluang Usaha dan Teknik Budi Daya Intensif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 16.

Pos terkait