Karakteristik, Cara Memelihara, dan Harga Iguana Red

Selain ular dan tokek, salah satu reptil yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah iguana red. Termasuk reptilia, iguana red merupakan kelompok hewan vertebrata yang hidupnya merayap atau melata.[1] Anda bisa membeli iguana red secara langsung di toko reptil atau melalui situs jual beli online dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per ekor.

Iguana merah super (sumber: OLX)
Iguana merah super (sumber: OLX)

Karakteristik Iguana Red

Juga disebut sebagai kadal besar, iguana red berasal dari Amerika. Ciri khas iguana red adalah kulitnya yang bertekstur dan berwarna kemerahan. Ini membuatnya mudah dikenali dan dibedakan dari lainnya. Selain itu, dibandingkan iguana hijau, iguana red memiliki cakar lebih besar. Inilah alasan Anda harus berhati-hati ketika memeliharanya dan menyiapkan kandang khusus supaya reptil tidak berkeliaran di dalam dan membahayakan anak-anak.

Bacaan Lainnya

Secara morfologi, iguana red memiliki postur tubuh yang tegap dan cenderung berotot. Pada bagian atas cakarnya, Anda bisa melihat ada guratan-guratan kulit yang menonjol dan itu adalah ototnya. Selain itu, bagian ekor dan kepalanya sejajar membentuk garis lurus. Ini adalah salah satu ciri hewan bertulang belakang dan berekor.

Baca juga  Info Terbaru Harga Capo Gitar (Berbagai Merk dan Model)

Bagian punggung iguana red ditumbuhi sisik yang menonjol dan memanjang. Sekilas, itu seperti rumbai pada topi koboi. Sisik tersebut tidak tajam dan terbilang halus, sehingga tidak terlalu membahayakan. Rumbai pada bagian belakang iguana adalah alat pertahanan untuk menakut-nakuti musuh.

Rumbai pada iguana red (RD) tumbuh pada bagian bawah kepala hingga ujung ekor. Sementara itu, di bagian bawah kepala terdapat jengger atau janggut yang bergelambir. Ini adalah salah satu kantung udara yang bisa mengembang dan digunakan untuk menakut-nakuti musuh. Jengger iguana red akan muncul ketika reptil ini mulai beranjak dewasa.

Perbedaan Bunglon, Kameleon, dan Iguana Red

Memiliki warna yang unik pada kulitnya, banyak yang bingung membedakan red iguana dengan bunglon atau calotes. Sebenarnya, sangat mudah untuk membedakan bunglon dan iguana, yakni dari ukuran tubuhnya. Bunglon paling umum hanya mampu tumbuh hingga 40 cm, sementara iguana red bisa mencapai lebih dari 1 m.

Selain itu, banyak yang bingung mengenai perbedaan chameleon (kameleon) dan iguana. Dua reptil ini memiliki bentuk fisik yang hampir sama, tetapi iguana lebih gahar dibanding kameleon. Iguana juga diklaim masih satu suku dengan bunglon, tetapi tidak dengan kameleon.

Baca juga  Info Spesifikasi & Update Harga Aquarium Nisso NS-19ML

Untuk perbedaan paling spesifik bisa dilihat dari perubahan warna kulitnya. Iguana red bisa berubah warna dari cokelat kemerahan menjadi oranye karena perubahan suhu ruangan. Sementara chameleon bisa merubah warna kulitnya seperti warna tempatnya hinggap dan tidak terlalu tergantung dengan cuaca atau suhu.

Setelah mengetahui perbedaan tiga reptil di atas, Anda juga perlu memahami cara memelihara iguana red. Merawat iguana red tidak seperti ketika Anda memelihara chameleon dan bunglon. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan detail, mulai dari kandang, kebersihan, hingga pakannya.

Cara Memelihara Iguana Red

Iguana merah super (sumber: aquasnack.co.uk)
Iguana merah super (sumber: aquasnack.co.uk)
  • Pilih kandang yang terbuat dari besi dan berukuran sedang. Namun, akan lebih baik jika Anda memelihara iguana red dalam akuarium atau box kayu dengan bagian atas transparan.
  • Seperti reptil pada umumnya, iguana red memerlukan waktu berjemur untuk menghangatkan suhu tubuh sekaligus mencegah jamur di kulitnya. Paling tidak, jemur iguana Anda selama 15-20 menit setiap pagi.
  • Mandikan iguana red setiap minggu dengan air bersih dan bersuhu normal. Gunakan handuk untuk mengeringkan dan jangan gunakan hairdryer.
  • Pakan harus diberikan secara rutin dan tidak boleh telat, karena iguana bisa stres dan mudah terserang penyakit. Berikan pakan yang bernutrisi dan berserat, seperti buah-buahan dan sayuran.
Baca juga  Cara Budidaya dan Update Harga Ayam Kapas

Merawat iguana red memang gampang-gampang sulit, tetapi Anda harus melakukannya jika ingin iguana red Anda bisa berumur panjang. Tidak sulit menemukan iguana red saat ini, karena Anda bisa membelinya secara online di situs e-commerce atau forum jual beli reptil terpercaya. Berikut kisaran harga iguana red saat ini.

Harga Iguana Red

Kategori Iguana Red Harga per Ekor (Rp)
Iguana Red Baby 40 – 45 cm 200.000
Iguana Red Super Baby 355.000
Iguana Red 60 cm 400.000
Iguana Red Super Columbia 750.000
Iguana Red Dewasa 70 cm 2.000.000
Iguana Red Hypo 10.000.000

Harga iguana red di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga iguana red tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

 

 

[1] Anggara, Fredian Dwi, Darwin Yuwono Riyanto, Dhika Yuan Yurisma. 2016. Perancangan Buku Pengenalan Reptil Iguana Hijau Berbasis Fotografi Sebagai Sarana Informasi bagi Masyarakat Surabaya. Jurnal Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Vol. 5(2): 1-9.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.