Info Terbaru Harga Huruf Timbul Acrylic LED untuk Papan Nama

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha yang sedang Anda geluti, salah satunya memasang papan reklame yang menggunakan huruf timbul acrylic LED. Untuk mendapatkan media ini, Anda bisa membelinya di berbagai usaha percetakan maupun situs jual beli online, dengan harga mulai puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah, bahkan jutaan rupiah, tergantung model dan ukurannya.

Shop sign huruf timbul dengan led akrilik (instagram: @denukarya_adv)
Shop sign huruf timbul dengan led akrilik (instagram: @denukarya_adv)

Apa Itu Promosi?

Dalam berbisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi konsumen atau masyarakat luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[1] Sementara itu, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[2]

Bacaan Lainnya

Meskipun sekarang mulai marak promosi lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun YouTube, tetapi cara-cara konvensional masih sering dipakai banyak pebisnis. Contoh media promosi konvensional yang lazim digunakan adalah brosur, leaflet, poster, name card, billboard, spanduk, hingga banner. Selain itu, juga bisa dilakukan lewat huruf timbul untuk mengenalkan usaha Anda kepada khalayak luas, baik berupa stainless steel atau acrylic LED.

Mengenal Promosi Huruf Timbul

Dikutip dari Creohouse.co.id, huruf timbul adalah salah satu bentuk reklame yang dapat mempresentasikan logo dan citra perusahaan Anda dengan sempurna. Media promosi ini terlihat elegan, berkelas, dan menunjukkan citra yang kuat sebuah perusahaan. Huruf timbul adalah media promosi atau media identitas suatu perusahaan, baik itu berupa tulisan atau logo yang unik, yang mempunyai tujuan untuk menarik perhatian orang yang melihatnya agar tertarik dan mau melihat produk mereka dan kemudian membeli produknya.

Baca juga  Update Harga Bathtub Toto di Indonesia (Semua Tipe)

Masih menurut sumber yang sama, huruf timbul saat ini telah menjadi tren dalam penamaan suatu bidang usaha karena huruf timbul, sekali lagi, terlihat lebih elegan, eksklusif, dan mewah. Huruf timbul pun akan lebih menarik jika dikombinasikan dengan penggunaan lampu berteknologi LED di bagian belakang huruf untuk menimbulkan kesan lebih menarik dan estetik.

Awalnya, penggunaan huruf timbul dilakukan oleh toko, mall, kantor, maupun cafe. Namun, akhir-akhir ini, media promosi tersebut juga banyak digunakan di pinggir jalan yang menandakan lokasi tempat atau objek wisata yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Salah satu penggunaan huruf timbul untuk objek wisata atau spot populer yang paling terkenal adalah tulisan ‘Hollywood’.

Huruf timbul Hollywood (sumber: detik)
Huruf timbul Hollywood (sumber: detik)

Material Huruf Timbul

  • Plat galvanil, ini adalah campuran antara zinc atau seng dan besi, hampir mirip seng tebal tetapi lebih kaku dan lebih kuat. Warna dari plat ini cenderung doff atau tidak mengilat, sehingga penggunaannya biasanya dilakukan pengecatan sesuai dengan desain dan warna yang ditentukan.
  • Bahan kuningan, merupakan material huruf timbul yang paling eksklusif karena harga material kuningan terhitung paling mahal dibandingkan bahan yang lainnya.
  • Stainless steel, bahan ini dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu stainless steel biasa, stainless steel mirror, dan stainless steel hairline. Stainless steel biasa dan stainless steel mirror memiliki perbedaan adalah lebih mengilap seperti kaca untuk tipe mirror. Sementara, stainless steel tipe hairline memiliki garis-garis tipis satu arah di permukaan plat.
  • Bahan acrylic atau akrilik, merupakan bahan seperti fiber dengan ketebalan yang berbeda-beda. Semakin tebal suatu acrylic, maka semakin mahal pula harga huruf timbul. Selain ketebalan, acrylic juga memiliki beragam warna, antara lain acrylic susu, acrylic bening, acrylic hitam, acrylic merah, acrylic kuning, dan lainnya. Untuk acrylic dengan warna selain bening atau susu, harganya relatif lebih mahal.
Baca juga  Info Terkini Harga Harley Davidson Bekas (Second)

Dari sekian bahan tersebut, acrylic sekarang semakin banyak digunakan untuk membuat huruf timbul karena mudah dibentuk, punya daya tahan, dan cenderung memiliki tampilan yang menarik.[3] Selain itu, akrilik sendiri juga merupakan bahan yang tidak mudah pecah, ringan, serta mudah untuk dipotong, dikikir, dibor, dihaluskan, maupun dicat.[4]

Harga Huruf Timbul

Berbicara mengenai harga huruf timbul, sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu hal yang memengaruhi harga huruf timbul adalah penggunaan bahan yang akan dipakai untuk membuat media ini. Biasanya, harga huruf timbul dengan material acrylic relatif lebih mahal dibandingkan dengan huruf timbul dari plat dan stainless steel. Hal ini karena acrylic, seperti disinggung di atas, memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih lentur, mudah dibentuk, dan sangat mudah dalam hal perawatan.

Selain material, faktor lain yang memengaruhi harga huruf timbul adalah desain huruf timbul yang bersangkutan. Semakin rumit desain huruf yang dibuat, maka harganya juga akan semakin mahal. Besarnya huruf timbul, atau ukuran, juga menentukan harga pembuatan huruf timbul. Jadi, sangat dianjurkan untuk jasa pembuatan huruf timbul yang menawarkan harga cukup terjangkau agar meringankan kondisi keuangan Anda.

Huruf timbul LED akrilik (sumber: dhgate.com)
Huruf timbul LED akrilik (sumber: dhgate.com)

Seperti disampaikan di atas, harga huruf timbul menggunakan bahan acrylic memang lebih mahal jika dibandingkan bahan stainless steel dan plat. Di pasaran saat ini, harga huruf timbul acrylic tanpa lampu rata-rata Rp5.000 hingga Rp10.000 per cm, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya yang ditawarkan Rp8.000 hingga Rp11 ribuan per cm. Ada juga yang mematok harga per karakter mulai Rp25 ribu untuk ukuran 10 cm.

Baca juga  Info Terbaru Harga Atap Aluminium Sun Louvre (Berbagai Ukuran)

Harga Huruf Timbul Acrylic

Ukuran Huruf Timbul Acrylic Harga
Huruf Timbul Acrylic Rp5.000 – Rp10.000 per cm
Huruf Timbul Acrylic 10 cm Rp25.000 per karakter
Huruf Timbul Acrylic 15 cm Rp37.500 per karakter
Huruf Timbul Acrylic 20 cm Rp50.000 per karakter
Huruf Timbul Acrylic 25 cm Rp62.500 per karakter
Huruf Timbul Acrylic 30 cm Rp75.000 per karakter

Lalu, bagaimana dengan huruf timbul acrylic yang ‘disinari’ dengan lampu LED? Tidak ada patokan pasti, karena tergantung ukuran dan desain yang digunakan huruf timbul tersebut. Menurut penelusuran penulis di berbagai situs jual beli online, ada jasa yang menawarkan pembuatan huruf timbul acrylic LED dengan harga Rp10 ribu, Rp13 ribu, hingga Rp16 ribuan per cm, dengan ketebalan mulai 2 mm.

Huruf timbul acrylic LED (sumber: alibaba)
Huruf timbul acrylic LED (sumber: alibaba)

Harga Huruf Timbul Acrylic LED

Ukuran Huruf Timbul Kisaran Harga
20 cm Rp10.000 per cm
30 cm Rp12.000 per cm
40 cm Rp14.000 per cm

Jika Anda memesan secara penuh, harganya juga bervariasi, tergantung model dan banyaknya huruf. Ada yang menawarkan harga mulai Rp100.000 untuk ukuran tinggi 10 cm, Rp262.500 untuk ukuran tinggi 25 cm, Rp315.000 untuk ukuran tinggi 30 cm, Rp420.000 untuk ukuran tinggi 40 cm, hingga Rp920.000 untuk ukuran tinggi 80 cm. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke jasa pembuatan huruf timbul di kota atau daerah Anda.

[1] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[2] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

[3] Edilla dan Jupri Yanda Zaira. 2017. Penentuan Suhu Optimal Proses Pembentukan Profil pada Mesin Vakum Akrilik. Jurnal Elementer, Vol. 3(2): 1-10.

[4] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.