Harga Honda X-ADV, Skuter Adventure Premium di Segmen Off-road

Dalam gelaran Indonesia International Show (IIMS) 2018 lalu, pabrikan asal Jepang, , turut ambil bagian dengan mengenalkan beberapa andalan mereka, salah satunya Honda X-ADV. Dipamerkan pertama kali dalam ajang EICMA 2016 di Milan, ini adalah yang ditujukan untuk menjelajah medan yang terjal. Merupakan premium, tidak aneh jika kemudian perusahaan melepas skuter keren tersebut dengan harga gila-gilaan.

Spesifikasi Honda X-ADV

Merupakan hasil karya tim R&D Honda Italia, tidak mengherankan jika yang dibawa Honda X-ADV terlihat lebih futuristik dibandingkan dengan kebanyakan motor produksi Honda lainnya. Tidak seperti skuter matik pada umumnya, yang dibawa kendaraan ini memang disesuaikan untuk segmen off-road. Ini bisa dilihat dari keseluruhan yang tampak kekar sekaligus sporty.

Honda X-ADV - www.bennetts.co.uk

Honda X-ADV - www.bennetts.co.uk

Pada bagian depan, Honda X-ADV membawa dua buah lampu utama (headlamp) yang didesain sporty, dengan bentuk sedikit menyipit sehingga menampilkan kesan tatapan yang tajam. Dibekali dengan teknologi LED, dual headlamp tersebut tentunya dijamin bakal memberikan pencahayaan yang cukup terang bagi pengendara, terutama ketika touring di malam hari.

Masih di sisi depan, layaknya motor adventure kebanyakan, Honda pun tidak lupa menyematkan sebuah windshield yang berfungsi melindungi pengendara dari terpaan angin. Menariknya, kemiringan windshield pada sepeda motor ini bisa diatur dengan lima posisi berbeda, dari posisi rendah hingga ke posisi yang tinggi.

Untuk bagian jok atau tempat duduk, Honda menghadirkan jok yang dibuat menyatu antara pengemudi dan penumpang, namun dengan desain sedikit meninggi ke belakang layaknya motor sport. Di bawah tempat duduk ini, sudah tersedia ruang penyimpanan berkapasitas 21liter yang dilengkapi dengan lampu LED dan soket 12 Volt yang bisa digunakan untuk mengisi ulang gadget atau ponsel cerdas milik pengendara.

Beralih ke bagian buritan, desain bodi futuristik dipertegas dengan tail light berdesain tipis dan telah didukung teknologi LED, sehingga mampu memancarkan cahaya lampu yang cukup terang, namun tidak membuat pengendara di belakang menjadi silau. Secara keseluruhan, bodi yang diusung Honda X-ADV ini telah mengesankan ciri khas skuter off-road bergaya adventure.

Ditujukan untuk penggunaan adventure dan off-road, tentunya Honda X-ADV juga telah dibekali dengan rangka yang kuat. Rangka penyusun skuter ini berupa steel diamond yang dirancang dengan ukuran panjang 2.245 mm, lebar 910 mm, dan ketinggian 1.375 mm, serta memiliki jarak sumbu roda hingga 1.590 mm. Jika melihat dimensi bodi dan jarak sumbu roda tersebut, tidak mengherankan jika skuter bongsor ini punya berat mencapai 238 kg.

Untuk menyokong bodi yang lebar dan berat, Honda sudah menyiapkan kaki-kaki yang kokoh untuk X-ADV. Skuter ini mengusung suspensi tipe upside down berukuran 41 mm di bagian depan, serta suspensi Pro-Link with rear shock preload adjustment di bagian belakang dengan daya redam yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Roda depan memiliki ukuran 120/70-R17, sedangkan roda belakang memiliki ukuran 160/60-R15.

Honda X-ADV - www.gridoto.com

Honda X-ADV - www.gridoto.com

Selain punya desain futuristik dan bodi yang kuat, Honda X-ADV pun mengusung instrumen speedometer full digital yang elegan dan informatif. Panel digital yang dibawa skuter keren ini akan menampilkan beberapa informasi simpel namun cukup penting, seperti kecepatan km per jam, jarak tempuh, penunjuk waktu atau jam digital, serta indikator notifikasi . Selain itu, juga terdapat lampu indikator untuk lampu sein kanan/kiri, lampu netral, indikator lampu tembak/high beam, kecepatan rpm, dan indikator oli .

Mengusung bodi yang keren dan panel speedometer digital bakal terasa percuma jika kendaraan tidak dibekali dengan spesifikasi jeroan yang mumpuni. Karena itu, Honda pun menyematkan mesin berteknologi SOHC, L2, berkapasitas 745cc, dengan sistem pendingin cairan. Dengan modal tersebut, Honda X-ADV diklaim mampu menumpahkan tenaga maksimal hingga 40,3 kW pada putaran 6.250 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 68 Nm pada putaran 4.750 rpm, yang disalurkan via transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) enam percepatan. Berikut spesifikasi teknis Honda X-ADV.

Tipe MesinSOHC, L2, liquid-cooled
Kapasitas Mesin745cc
Diameter x Langkah77 mm x 80 mm
Rasio Kompresi10,7:1
Daya Maksimum40,3 kW @ 6.250 rpm
Torsi Maksimum 68 Nm @ 4.750 rpm
Sistem Transmisi Dual Clutch Transmission (DCT), 6 speed
Sistem StarterElektrik
Kapasitas Oli4,1 L
Suspensi DepanUpside down 41 mm
Suspensi BelakangPro-Link with rear shock preload adjustment
Ban Depan120/70-R17
Ban Belakang160/60-R15
Dimensi (P x L x T)2.245 mm x 910 mm x 1.375 mm
Jarak Sumbu Roda1.590 mm
Jarak ke Tanah162 mm
Tipe RangkaSteel Diamond
Berat238 kg
Instrumen & ElektrikSocket 12 Volt, LED headlamp, digital speedometer, LED tail light

Harga Honda X-ADV

Meski sempat dipamerkan dalam ajang IIMS 2018, namun PT Astra Honda Motor (AHM) masih belum menjual skuter adventure ini untuk pasar dalam negeri. Namun, untuk pasar Inggris Raya, skuter ini telah dijual secara resmi dengan harga mulai 9.959 pound sterling atau setara Rp189,2 jutaan (kurs 1 pound sterling = Rp19.000) dan hadir dalam pilihan warna Matt Bullet Silver, Pearl Glare White, Victory Red, serta Digital Silver Metallic. Sementara, di pasar Vietnam, Honda X-ADV dilepas dengan harga mencapai 560 juta dong atau setara Rp326,2 jutaan (setara satu unit mobil SUV atau motor sport), cukup mahal dan tentunya hanya dapat dibeli oleh kalangan atas saja.

Baca juga  Harga Lidah Membran RX King (Asli, KW, Racing, Fiber)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Honda X-ADV, Skuter Adventure Premium di Segmen Off-road"