Update Harga Honda CRF 150 Supermoto

Honda CRF150L merupakan salah satu kuda besi yang dihadirkan perusahaan otomotif berlogo sayap mengepak untuk memenuhi kebutuhan konsumen guna menjelajah medan terjal atau off-road. Selain model trail, kabarnya di Indonesia sempat beredar Honda CRF150L versi supermoto. Motor ini pun ditawarkan kepada konsumen dengan harga yang cukup kompetitif.

Ilustrasi: Mengendarai Honda CRF150L (credit: hondacommunity.net)
Ilustrasi: Mengendarai Honda CRF150L (credit: hondacommunity.net)

Meningkatnya mobilitas masyarakat dan didukung dengan kurang representatifnya transportasi umum di Indonesia, membuat industri otomotif mobil maupun sepeda motor berkembang dengan pesat. Kemunculan kendaraan roda dua membuktikan bahwa sepeda motor bukan hanya alat transportasi gerak cepat, melainkan juga alat transportasi yang praktis dan terjangkau.[1] Sepeda motor ini merupakan jenis kendaraan yang dapat dimiliki oleh berbagai kalangan ekonomi, mulai dari kalangan atas, menengah, bahkan kalangan ekonomi ke bawah.

Bacaan Lainnya

Nah, dari sekian banyak merk sepeda motor yang beredar di pasaran dalam negeri, Honda bisa dikatakan sebagai brand teratas. Merk asal Jepang ini tidak hanya dapat ditemui di jalanan perkotaan, melainkan juga di pedesaan, bahkan kawasan pegunungan. Saking terkenalnya merk tersebut, banyak yang akhirnya menyebut sepeda motor dengan nama ‘Honda’, walau merk-nya berbeda.

Kenapa brand ini sangat populer, salah satunya berkat kualitas sepeda motor. Kualitas motor buatan Honda memang sudah teruji, awet atau tahan lama, irit bahan bakar, serta memiliki harga jual kembali yang relatif tinggi. Bahkan, menurut sebuah penelitian, kualitas produk sepeda motor Honda memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen.[2]

Keunggulan Motor Honda

  • Masyarakat Indonesia sudah sama-sama tahu bahwa kualitas mesin dan spare part Honda patut diacungi jempol. Selain dari ketangguhan mesin, konsumsi bahan bakar Honda diklaim yang terbaik. Sebut saja legenda motor Honda, yaitu Astrea 800, yang dikatakan mampu menempuh jarak 100 km hanya berbekal 1 liter bensin. Motor yang satu ini juga memiliki performa yang masih sangat layak melalui jalanan. Tentu ini menjadi bukti nyata bahwa mesin motor Honda sangat tangguh dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit.
  • Setali tiga uang, jika produk Honda terdahulu sudah dikenal tangguh, motor keluaran Honda era sekarang juga tidak kalah. Berbagai inovasi dalam dapur pacu motor Honda juga memberikan tenaga dan daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi. Untuk masalah hemat bahan bakar, teknologi dari Honda bisa dikatakan menduduki peringkat teratas. Sebut saja teknologi FI, ISS, dan eSP. Meski mengusung begitu banyak teknologi, faktanya harga motor Honda terbaru masih sangat bersaing.
  • Produk yang baik harus pula didukung dengan jasa layanan after sale yang baik pula. Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, Honda juga telah membuka banyak bengkel resmi. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya bengkel resmi yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Namun, jika pemilik merasa jauh untuk datang ke bengkel resmi Honda, bisa datang ke bengkel langganan. Tidak perlu khawatir karena bengkel umum pun biasanya dapat menangani masalah pada motor Honda. Untuk urusan suku cadang, pelanggan tidak perlu cemas karena suku cadang Honda juga sangat mudah didapatkan dan harganya relatif terjangkau. Bahkan, konon suku cadang untuk motor 10 tahun ke belakang pun masih mudah ditemui.
Baca juga  Update Harga Metanol di Pasaran (Literan dan Drum)
Honda CRF Supermoto (sumber: motorplus)
Honda CRF Supermoto (sumber: motorplus)

Review dan Specs Honda CRF150L

Di pasaran dalam negeri, mungkin banyak yang lebih familiar dengan motor Honda tipe moped atau sepeda motor bebek, skuter matik (Honda BeAT, Honda Vario, Honda PCX), atau motor sport. Selain tiga model tersebut, pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ternyata juga punya gacoan untuk bersaing di jalanan off-road dengan varian CRF150L.

Model prototype sepeda motor ini pertama kali dipamerkan ke Indonesia pada bulan Agustus 2017. Kemudian, pada November di tahun yang sama, PT AHM resmi meluncurkan Honda CRF150L untuk pasaran dalam negeri. Didesain untuk on dan off-road, perakitan dan produksi Honda CRF 150L ternyata dilakukan perusahaan di pabrik mereka di kawasan Pegangsaan.

CRF150L menjadi model CRF paling kecil yang dimiliki AHM. Sebelumnya, perusahaan sudah meluncurkan CRF1000L Africa Twin dan CRF250 Rally yang menjadi model pembuka. Menurut pihak Honda saat peluncuran, CRF merupakan merk ternama yang telah terbukti di seluruh dunia dengan performa yang dapat menghadirkan pengalaman seru bagi pecinta sepeda motor dan pabrikan berkomitmen memasuki babak baru melalui varian CRF150L.

Baca juga  Info Terbaru Harga V-Belt Honda BeAT (Injeksi dan Karburator)

CRF150L yang didesain untuk kondisi on dan off-road merupakan konsep pertama di dunia untuk CRF150. CRF150L merupakan model street legal (dengan embel-embel L di belakang namanya), sebelumnya di pasar global Honda sudah memiliki CRF150R dan CRF150F yang ditujukan hanya untuk off-road. Ditujukan untuk pemula, CRF150L bakal membuka lebih banyak masyarakat yang bisa mencicipi petualangan off-road.

Secara tampilan, dikutip dari Tirto, kompetitor Kawasaki KLX150BF ini memang punya tongkrongan seperti kebanyakan motor trail pada umumnya, meskipun sedikit terkesan ‘manis’ berkat warna merah yang pas dan kerangka yang tertutup rapi bodi plastik. Penampilan di bagian kemudi terlihat sederhana, terpasang saklar lampu sein, klakson, dan tombol starter di sisi kiri dan kanan stang. Sementara, panel meter digital terselip di bagian tengah. Panel meter itu dibuat sangat ringkas, memuat informasi kecepatan, indikator bahan bakar, dan odometer.

Masih menurut referensi yang sama, sensasi duduk di atas jok ‘cungkring’ CRF150L bagi mereka yang berpostur tinggi sekitar 170-an cm akan cukup mudah untuk menguasai motor ini. Tinggi jok dari tanah 869 mm dengan motor sekitar 122 kg, relatif ramah bagi postur orang Indonesia. Bagian kemudi CRF150L juga menyenangkan, dengan stang lebar dan posisi duduk relatif tegak yang menjadi ciri khas motor penggaruk tanah.

Honda CRF (sumber: kompas)
Honda CRF (sumber: kompas)

Sementara itu, untuk urusan jantung pacu, perusahaan asal Negeri Sakura sudah membekali sepeda motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, silinder tunggal, berkapasitas 149,15cc, PGM-FI (programmed fuel injection). Dengan modal tersebut, Honda CRF150L dikatakan dapat memuntahkan tenaga maksimal 9,51 kW atau 12,91 PS pada putaran 8.000 rpm dan menggapai torsi puncak di angka 12,43 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Baca juga  Update Harga Ban Tubles Honda BeAT (Depan dan Belakang)

Harga Honda CRF150L

Menurut situs resmi perusahaan, AHM kini menghadirkan Honda CRF150L dalam empat pilihan warna, yakni Extreme Red, Extreme Green, Extreme White, dan Extreme Black. Untuk konsumen yang mengidamkan sepeda motor ini, harga produk barunya sekarang Rp35.384.000 per unit, naik dari penawaran sebelumnya yang dilepas Rp34,745 juta. Sementara itu, model bekasnya dilepas dengan harga mulai Rp22 jutaan, tergantung kondisi barang dan tahun rilis.

Harga Honda CRF 150 Supermoto

Lalu, bagaimana dengan konsumen yang mengidamkan CRF 150L Supermoto, yang dapat dipakai untuk jalanan beraspal maupun medan off-road? Menurut pihak AHM, model supermoto saat ini masih belum menjadi fokus perusahaan. Selain itu, untuk mengubah bentuk trail ke supermoto pun relatif mudah, hanya dengan mengganti ban. Jadi, meski tidak diluncurkan, pengguna bisa memodifikasi sendiri CRF 150L mereka menjadi supermoto.

Namun, dikutip dari berbagai sumber, meski pabrikan secara terang-terangan belum tertarik merilis Honda CRF 150 Supermoto, tetapi dealer Honda di Pekanbaru beberapa waktu lalu sempat menjual sepeda motor ini. Kuda besi ‘dua alam’ tersebut ditawarkan dengan harga mulai Rp37.455.000 per unit. Di beberapa situs e-commerce, banyak juga yang menawarkan motor Honda CRF150L yang telah dimodifikasi menjadi supermoto dengan harga mulai Rp25 juta hingga Rp35,8 jutaan, sedikit turun dari tahun sebelumnya yang dilepas Rp27,5 juta hingga Rp40 jutaan.

[1] Amrullah, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen UNMUL, Vol. 13(2): 99-118.

[2] Hakim, Mustika, dkk. 2019. Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda di Kota Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 2(3): 18-23.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *