Harga Hidrolik Steam Mobil (Type H & Type X)

No comment295 views

Bagi Anda yang ingin menggeluti usaha pencucian , salah satu peralatan yang mungkin bisa Anda miliki adalah hidrolik steam. Ini adalah perangkat yang memiliki fungsi utama untuk mengangkat sasis dari bawah sehingga pencucian menjadi lebih sempurna. Di pasaran, hidrolik steam mobil ini ditawarkan dengan berkisar puluhan juta rupiah.

Jika Anda pernah mencucikan mobil Anda di tempat pencucian mobil, terutama cuci mobil hidrolik, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hidrolik steam. Ini adalah perangkat yang terutama digunakan untuk mengangkat mobil agar bagian bawah atau sasis dapat dibersihkan dengan baik dan leluasa. Hal tersebut penting untuk menghindari terbentuknya kerak atau kotoran pada bagian bawah mobil, yang akhirnya dapat menimbulkan keropos atau kerusakan sasis bagian bawah.

Hidrolik Steam Mobil - www.olx.co.id

Hidrolik Steam Mobil - www.olx.co.id

Pada ini, terdapat komponen yang dinamakan valve, yang dihubungkan dengan pipa angin utama yang dibuka, dan dengan cepat angin tersebut akan mengalir ke tabung hidrolik. Kemudian, tekanan angin tersebut akan langsung berinteraksi dengan oli yang terdapat dalam lubang hidrolik mobil. Karena adanya interaksi antara angin dan oli di dalam hidrolik ini, maka piston di dalam tabung akan keluar secara perlahan dari tabung hidrolik dan terdorong ke atas untuk mengangkat beban mobil.

Pengguna atau operator lalu bisa melakukan penyesuaian ketinggian mobil sesuai yang diinginkan, dengan cara membuka tutup valve. Setelah mencapai ketinggian yang diinginkan, segera tutup valve. Sementara, apabila ingin melakukan pengereman pada ketinggian hidrolik, bisa dengan menutup valve secara cepat, yakni tutup valve, buka valve kedua, dan langsung ditutup dengan cepat.

Jika sudah selesai mencuci mobil dan hendak menurunkan hidrolik mobil, usahakan Anda membersihkan piston dari kotoran yang menempel dengan air terlebih dulu. Apabila piston sudah selesai dibersihkan, langsung buka valve dua supaya tekanan angin yang terdapat pada tabung hidrolik bisa keluar semua dari valve dua tersebut.

Terkadang, valve yang terbuka akan mengeluarkan suara angin yang sangat kencang. Tetapi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena tidak membahayakan kendaraan Anda karena hidrolik akan turun secara perlahan. Begitu juga ketika valve dua dibuka dan menimbulkan semburan oli, ini tidak berbahaya karena oli ini hanyalah oli dari sisa yang tersimpan di dalam pipa hidrolik mobil dan akan habis dengan sendirinya.

Anda tidak perlu heran kenapa sebuah hidrolik steam yang kecil dapat mengangkat mobil yang lebih besar dan berat. Pasalnya, alat ini menerapkan Hukum Pascal, yang memiliki prinsip bahwa benda yang kecil bisa menghasilkan suatu gaya yang besar. Selain hidrolik steam, prinsip Hukum Pascal juga diterapkan pada dongkrak mobil.

Nah, apabila Anda membutuhkan hidrolik steam untuk membuka usaha pencucian mobil, sudah ada banyak pedagang dan toko yang menjual perlengkapan yang satu ini. Ada yang menawarkan hidrolik steam secara satuan, dan ada juga yang menjualnya dengan sistem paket cuci mobil. Harga hidrolik steam sendiri bervariasi, tetapi berada di kisaran puluhan juta rupiah. Berikut kami sajikan terbaru kisaran harga hidrolik steam mobil di pasaran.

Harga Hidrolik Steam

Merk & Hidrolik SteamHarga
Hidrolik Ikame Thunder XRp15.000.000 – Rp17.000.000
Hidrolik Ikame Storm XRp17.000.000
Hidrolik Ikame Flash HRp20.000.000
Hidrolik Ikame Thunder HRp20.000.000 – Rp25.000.000
Hidrolik Ikame Blitz HRp21.000.000 – Rp29.000.000
Hidrolik Ikame Sky HRp23.000.000
M-LIFT Type HRp25.000.000
M-LIFT Type XRp25.000.000
Hidrolik Ikame Power HRp30.000.000
M-LIFT Type H TrackRp32.500.000
Hidrolik Quick Rp36.000.000

Harga alat hidrolik steam mobil di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan suku cadang mobil dan situs jual beli online. Harga hidrolik steam mobil tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk membandingkan harga, Anda bisa berkunjung ke beberapa situs e-commerce dalam negeri.

Hidrolik Steam Mobil - www.jualo.com

Hidrolik Steam Mobil - www.jualo.com

Selain dijual satuan, ada juga beberapa toko yang menjual paket cuci mobil lengkap dengan hidrolik steam. Untuk paket dengan satu hidrolik steam misalnya, ditawarkan dengan harga mulai Rp22.420.000 hingga Rp41 jutaan, tergantung tipe hidrolik. Sementara, banderol paket cuci mobil dengan dua hidrolik mulai Rp43 jutaan, paket dengan tiga hidrolik mulai Rp59 jutaan, sedangkan paket dengan empat hidrolik mulai Rp81,9 jutaan.

Meski dapat memudahkan proses pencucian mobil, namun perangkat hidrolik steam ini juga tidak lepas dari risiko. Beberapa risiko yang dapat membahayakan kendaraan Anda antara lain:

  • Melemahkan komponen mobil, terutama suspensi. Ketika mobil Anda menggantung di atas hidrolik, maka spooring pun bisa berubah. Jika pemilik mobil terlalu sering mencuci mobilnya dengan hidrolik, maka selain spooring berubah, suspensi depan mobil bisa terkunci. Penyakit ini umumnya dialami oleh mobil-mobil yang usianya sudah di atas lima tahun.
  • Potensi mobil jatuh. Meski diklaim aman, namun potensi mobil jatuh tetap ada dan biasanya disebabkan human error. Yang jelas, ketika mobil Anda jatuh, potensi kerusakannya juga beragam. Kalau jatuhnya menyamping, sudah pasti spion hancur dan bodi mobil pun penyok atau ringsek. Jika kondisinya seperti ini, hanya ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan, yaitu membawanya ke bengkel resmi atau bengkel body repair umum.

Nah, untuk meminimalkan risiko-risiko di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Jika Anda memutuskan untuk mencuci mobil di hidrolik steam, usahakan mencari jasa yang menggunakan hidrolik tipe H karena bisa menopang ban mobil. Selain itu, usahakan juga agar Anda sudah mengikutsertakan mobil dengan asuransi.

Baca juga  Update Info Terlengkap Harga Lampu Projie LED di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Hidrolik Steam Mobil (Type H & Type X)"