Harga Helm KYT Falcon 2 Original (Solid, Armour, Spike, Carbon, Faster)

Kalau mobilitas harian Anda cenderung menggunakan , pasti Anda familiar dengan KYT. Ini adalah salah satu merk yang cukup populer di Indonesia, karena selain sudah berstandar nasional, juga punya desain yang kece. Brand lokal ini pun sudah menyediakan banyak , termasuk KYT Falcon, yang rata-rata dijual di angka ratusan ribu rupiah per unit.

Pebalap motor memakai helm KYT (sumber: motorexpertz.com)

Pebalap memakai helm KYT (sumber: motorexpertz.com)

Helm secara sederhana dapat dikatakan sebagai bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya terbuat dari bahan metal atau keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. Selain untuk mengendarai sepeda motor, alat ini juga digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer) hingga aktivitas seperti olahraga dan pertambangan.

Kata helmet bersifat kecil dari helm, kata abad pertengahan untuk pelindung kepala dalam pertempuran.[1] Helm agung abad pertengahan menutupi seluruh kepala dan sering disertai dengan camail yang juga melindungi tenggorokan dan leher Awalnya, helmet adalah helm yang menutupi sebagian kepala dan melindunginya dari cedera saat kecelakaan.

Meski secara umum berguna untuk melindungi kepala dari risiko cedera akibat kecelakaan atau lainnya, helm ternyata memiliki dua fungsi utama.[2] Pertama, yang basic atau dasar adalah menahan benturan langsung ke kepala, sedangkan yang kedua adalah untuk meredam dan menyerap energi kejut secara sempurna. Helm untuk harian maupun untuk balapan melakukan dua fungsi penting ini agar kepala lebih aman dan terlindungi.

Baca juga  Harga Autosol (Kemasan Kecil dan Besar)

Khusus untuk berkendara dengan sepeda motor, helm terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Secara umum, helm dapat dibedakan menjadi dua, yakni helm dengan pelindung muka penuh alias full face dan helm tanpa pelindung muka atau half face. Selain itu, ada juga helm dengan model lain yang juga sering dipakai para pengendara.

Jenis Helm[3][4]

  • Helm Open Face, secara penggunaan lebih praktis dan lebih mudah untuk dilepas-. Pengendara tidak perlu membuka helm saat ingin berbicara tatap muka, bahkan makan atau minum di atas motor. Helm model ini lebih cocok digunakan untuk berkendara jarak dekat. Merujuk kategori tipenya, helm open face juga terbagi dua. Yang pertama tentu helm dengan pelindung penuh kepala dan helm setengah pelindung kepala (shorty helmet) atau lazim disebut helm catok.
  • Helm Full Face, dirancang untuk pengendara yang akan bermotor jarak jauh, atau untuk kebutuhan olahraga bermotor, seperti motocross atau road race di lintasan balap. Karena diperuntukkan aktivitas yang tak main-main, maka helm ini dirancang sedemikian rupa untuk melindungi kepala secara menyeluruh, termasuk wajah, telinga, dan tempurung kepala. Ada beberapa kategori helm jenis ini, seperti helm road race, helm motocross, dan helm modular.
  • Helm Flip-Up, sekilas mirip helm full face, hanya saja model ini memiliki bagian depan yang bisa diputar ke atas (flip-up). Sehingga, bisa memudahkan pemakainya untuk makan atau minum tanpa harus melepas helm. Helm jenis ini mampu memberikan perlindungan yang cukup baik, sama halnya dengan jenis full-face. Di , helm ini biasanya cukup mahal.
Baca juga  Info Terkini Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original

Review KYT Falcon 2

Moncong helm KYT Falcon 2 (sumber: pertamax7.com)

Moncong helm KYT Falcon 2 (sumber: pertamax7.com)

Di pasaran dalam negeri, sudah ada beragam merk helm yang dapat Anda temukan. Salah satu yang cukup populer dan konon sudah mendunia adalah KYT. Ini adalah brand helm asli Indonesia yang diproduksi oleh PT Tara Kusuma Indah. Namanya diambil dari salah satu kota di Jepang, Kyoto, awalnya brand ini ditujukan untuk spare part.

Menurut pihak perusahaan, mereka terus berkomitmen untuk memproduksi atau mengembangkan helm yang aman dan nyaman dipakai oleh pengendara motor alias. Selain itu, PT Tara Kusuma Indah juga ikut berpartisipasi di berbagai kegiatan balap, sebagai ajang pembuktian kualitas KYT, mendukung pembalap yang berlaga di MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Ada banyak model helm yang sudah dirilis pabrikan ke pasaran dalam negeri. Salah satu yang cukup menyita perhatian konsumen adalah model KYT Falcon 2. Ini sering dibilang sebagai kembaran Vendetta 2 yang juga berada di bawah merk KYT. Pasalnya, dari segi bentuk fisik, kedua helm ini mengusung desain yang memang serupa.

Baik KYT Falcon 2 maupun KYT Vendetta 2 sama-sama mengusung visor berbentuk cembung serta dilengkapi dengan sun visor. Penguncian helm pun keduanya mirip, yakni memakai Double D-Rings. Hanya saja, model KYT Falcon 2 belum dibekali dengan busa pipi, sedangkan varian KYT Vendetta 2 sudah memiliki fitur tersebut. Karena itu, tidak heran jika kemudian bobot KYT Falcon 2 lebih ringan daripada KYT Vendetta 2, sekitar 1.500 gram berbanding 1.650 gram.

Baca juga  Update Kisaran Harga Yamaha FZ1 Bekas di Pasaran 

Selain di pasaran dalam negeri, ternyata PT Tara Kusuma Indah juga memproduksi KYT Falcon 2 untuk pasar Eropa. Model ekspor ini memiliki desain yang berbeda dengan varian lokal. Sama-sama berbasis KYT Vendetta, model ekspor sudah dilengkapi visor cembung plus pin post pinlock ready. Selain itu, varian ekspor ini juga memiliki pompa busa pipi dengan patented U air pump system.

Harga KYT Falcon 2

Helm KYT Falcon 2 (sumber: Bukalapak)

Helm KYT Falcon 2 (sumber: Bukalapak)

Model Helm KYT FalconHarga
KYT Falcon SolidRp710.000
KYT Falcon Black Red FluoRp755.000
KYT Falcon CarbonRp766.000
KYT Falcon ArmourRp766.000
KYT Falcon SpikeRp766.000
KYT Falcon FasterRp766.000

Harga helm KYT Falcon di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dalam negeri. Harga helm KYT Falcon tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Sementara, untuk varian yang diekspor, harga helm KYT Falcon jauh lebih mahal, berkisar Rp1,9 jutaan untuk pasar Eropa.

[1]Helmet. Etymonline.com. Diakses 28 November 2019.

[2] Andika, M. Luthfi. 2018. Ini Fungsi Helm Sesungguhnya (//oto.detik.com/motor/d-3951722/ini-fungsi-helm-sesungguhnya, Online). Diakses 28 November 2019.

[3] Iman, Mustafa. 2018. Mengenal Ragam Helm dan Peruntukannya (//beritagar.id/artikel/otogen/mengenal-ragam-helm-dan-peruntukannya, Online). Diakses 28 November 2019.

[4]Mini Motor.2017. Jenis Helm dan Fungsi Jika Dilihat dari Bentuknya (//minimotor.co.id/tag/helm-adalah, Online). Diakses 28 November 2019.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Helm KYT Falcon 2 Original (Solid, Armour, Spike, Carbon, Faster)"