Protokol Pemakaian dan Update Harga Handscoon Steril Berbagai Merek

Salah satu perlengkapan kesehatan yang tak asing bagi pasien yakni tangan atau kerap disebut handscoon. Alat yang satu ini digunakan sebagai pelindung tangan untuk menghindarkan infeksi silang atau transmisi mikroorganisme penyakit (patogen) melalui darah. Terdapat dua jenis handscoon di medis, yakni steril dan tidak steril dengan fungsi dan harga berbeda di apotek.

Handscoon steril (sumber: numedika.id)
Handscoon steril (sumber: numedika.id)

Hampir semua dokter yang telah mengakui bahwa keberadaan handscoon digunakan sebagai alat pelindung diri dan efektif untuk mencegah penyakit berbahaya. Meski handscoon memiliki fungsi melindungi diri dari bakteri, bukan berarti Anda tak perlu cuci tangan. Ada dua jenis handscoon (sarung tangan) yang kerap digunakan tenaga medis, di antaranya handscoon non steril dan handscoon steril.

Bacaan Lainnya

Jenis Handscoon

  • Handscoon non steril: biasa digunakan untuk memegang instrumen atau alat saja tapi tak tentu juga banyak kalangan yang menggunakan sebagai pelindung untuk membersihkan instrumen atau alat yang telah digunakan.
  • Handscoon steril umumnya digunakan dalam penanganan medis seperti persalinan pervaginam, prosedur radiologi invasif, melakukan akses dan prosedur (central lines) pembuluh darah, dan mempersiapkan nutrisi parenteral total serta agen kemoterapi. Tujuan dari penggunaan sarung tangan steril adalah agar tidak ada mikroorganisme hidup dari sarung tangan tersebut yang mana bisa berbahaya jika berpindah ke tubuh pasien.

Handscoon steril digunakan sebagai pelindung dokter atau perawat untuk mencegah infeksi bakterial dari pasien. Handscoon steril terbukti ampuh mencegah penyakit berbahaya seperti HIV, Hepatitis B, dan lainnya. Jika Anda tidak didampingi asisten, berikut cara memakai handscoon steril.

Protokol Pemakaian Handscoon Steril

  1. Sebelum mengenakan handscoon steril, Anda wajib mencuci tangan dan mengeringkannya.
  2. Buka pembungkus bagian luar handscoon steril.
  3. Keluarkan pembungkus dalamnya dan letakkan di atas bidang kerja yang bersih agar bagian yang terbuka dari handscoon steril mengarah pada diri Anda.
  4. Buka pembungkus dalamnya dengan ibu jari dan telunjuk agar pembungkus bagian dalam yang tersentuh berada pada bagian bawahnya.
  5. Pegang handscoon steril pada mansetnya dengan ibu jari kiri dan telunjuk kiri.
  6. Pegang handscoon steril tersebut dalam jarak yang agak jauh dari seragam dan perhatikan di mana letak ibu jarinya lalu dorong tangan kanan ke dalamnya.
  7. Masukkan handscoon steril secara keseluruhan dan buka mansetnya.
  8. Pegang handscoon steril kiri pada lipatan mansetnya, usahakan agar ibu jari tidak menyentuh sarung tangan tersebut.
  9. Masukkan tangan kiri ke dalam handscoon steril, di sini tangan kiri yang belum memakai sarung tangan memegang sarung tangan kanan yang steril.
  10. Pakai handscoon steril kiri secara hampir keseluruhannya dan aturlah kemudian jari-jari tangannya yang belum tepat kedudukannya.
  11. Letakkan handscoon steril secara keseluruhan sesuai dengan posisi jari-jari dan kedua tangan tersebut dengan cara melipat-lipat dan merangkapkan kedua tangan.[1]

Setelah pemakaian, usahakan handscoon tetap steril. Untuk melepasnya, tarik handscoon steril pada telapak tangan ke atas, hindari menyentuh pergelangan tangan. Selanjutnya, untuk melepas handscoon steril kedua, masukkan jari Anda ke dalam ujung pergelangan tangan, sedikit demi sedikit tarik hingga ke atas sehingga posisi sarung tangan menjadi terbalik (yang bersih di luar). Berikut informasi kisaran harga dari handscoon steril.

Ilustrasi: Tenaga Medis Menggunakan Handscoon Steril (credit: merdeka)
Ilustrasi: Tenaga Medis Menggunakan Handscoon Steril (credit: merdeka)

Daftar Harga Handscoon Steril di Apotek

Merek Handscoon Steril Harga (Rp)
Handscoon Steril MPM No 6,5 5.280
Handscoon Steril Gloves Maxter 5.700
Handscoon Steril MPM No 7 6.000
Handscoon Steril Safe Glove Pre Powdered Beaded 1 pasang 6.200
Handscoon Steril Shamrock No 7 Powder Free 6.400
Handscoon Steril General Care No 7 6.500
Handscoon Steril MPM No 7,5 6.800
Handscoon Steril Latex Safe Glove Powder Free 9.000
Handscoon Steril General Care No 6,5 10.000
Handscoon Steril Gammex Nomor 7,5 12.500
Handscoon Steril Gammex Nomor 8 13.500
Handscoon Latex Obgyn Gynaecology Steril OneMed 1 pasang (ukuran panjang) 45.000
Handscoon Karet Sensi Latex Examination 1 Box isi 10 pasang 78.900
Handscoon Steril Nomor 8 Serenity 186.840
1 Box Handscoon Steril Ginekologi No 7 226.600
Handscoon Steril Gloves Maxter 1 box isi 50 pasang 230.000
Handscoon Steril 6,5 EWG China per box 274.000
Handscoon Steril 7 EWG China per box 274.000
Handscoon Steril 7,5 EWG China per box 274.000
Handscoon Steril 8 EWG China per box 274.000
Handscoon Steril MPM panjang per box isi 5 pasang size 6 300.300

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga handscoon steril mengalami perubahan pada 2021. Misalnya, Handscoon Steril Gloves Maxter yang semula dijual mulai harga Rp5.000, kini naik sedikit menjadi Rp5.700. Begitu pula dengan Handscoon Steril merk MPM No 7 yang naik dari harga Rp5.280 menjadi Rp6.000. Sedangkan Handscoon Steril MPM No 7,5 naik dari harga Rp6.600 sekarang menjadi Rp6.800.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga handscoon steril dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli handscoon steril di apotik terdekat maupun toko alat kesehatan online dengan harga bersaing.

[1] Mantgem, Van. 1997. Ilmu Keperawatan Jilid 2. Jakarta: ECG. Hlm 372.

Pos terkait