Update Harga Handscoon Satuan dan Per Box dalam Berbagai Merek

Dalam dunia medis, kehadiran sarung tangan atau yang biasa disebut handscoon begitu dibutuhkan. Perlengkapan satu ini sengaja dibuat melindungi tangan supaya tidak terinfeksi bakteri, kuman, atau virus. Handscoon biasanya dijual di pasaran dengan harga variatif serta tersedia dalam berbagai ukuran, warna, jenis, dan merek.

Ilustrasi: memakai handscoon (pexels: Gustavo Fring)
Ilustrasi: memakai handscoon (pexels: Gustavo Fring)

Handscoon berfungsi sebagai alat perlindungan diri agar tidak terkena darah dan virus dari luar. Sarung tangan ini biasa dipakai oleh tenaga medis agar terhindar dari infeksi serta mencegah terjadinya penularan kuman.[1] Selesai digunakan, Anda disarankan melepas handscoon dan membuangnya di tempat yang sudah disediakan.[2] Handscoon terbagi menjadi dua jenis, sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Jenis Handscoon

  • Handscoon steril: adalah jenis sarung tangan medis yang biasa digunakan sebagai pelindung oleh dokter atau perawat mencegah infeksi bakterial dari pasien.
  • Handscoon non-steril: adalah jenis sarung tangan yang memiliki fungsi memegang atau alat bantu kesehatan. Ada juga yang memakainya sebagai pelindung untuk membersihkan instrumen atau alat medis yang telah digunakan.

Selain dibedakan berdasarkan kategori steril atau non-steril, handscoon biasanya juga dibedakan dari material pembuatnya. Setidaknya ada beberapa bahan yang biasa dipakai membuat handscoon, yakni vinyl, nitrile, hingga latex. Berikut ulasan lengkapnya.

Macam-Macam Bahan Handscoon

Handscoon (sumber: biaya.info)
Handscoon (sumber: biaya.info)

Nitrile

Nitrile adalah synthetic polymer yang mempunyai banyak karakteristik latex karet alam. Handscoon dari bahan nitrile keuntungannya terbebas dari protein latex alias latex free, sehingga jarang menyebabkan alergi. Selain itu, handscoon nitrile dikenal memberi perlindungan lebih baik terhadap bahan kimia dan biohazard apabila dibandingkan dengan sarung tangan berbahan latex. Keuntungan lainnya, handscoon nitrile diklaim lebih tahan terhadap objek-objek yang tajam dan tak mudah sobek dibanding sarung tangan latex alami. Nitrile pun umumnya dirancang powder free (tanpa ada bubuk seperti bedak di dalamnya), sehingga benar-benar steril.

Baca juga  Info Terbaru Harga Polycarbonate Bening (Lembar dan Roll)

Vinyl

Sarung tangan medis dari bahan vinyl umumnya terbuat dari bahan sintetis non-biodegradable, polyvinyl klorida, dan plasticizer (plastik PBC). Jenis handscoon ini relatif murah dan cocok penanganan bahan kimia dan bahan-bahan lain yang tidak berbahaya. Sayangnya, handscoon vinyl kurang maksimal untuk melindungi tangan dari bahan kimia berbahaya dan mikroorganisme. Selain itu, handscoon vinyl agak longgar dan kurang nyaman digunakan. Sarung tangan vinyl umumnya berwarna putih natural atau krem, demikian seperti dilansir Kompasiana.

Latex

Adalah jenis sarung tangan yang terbuat dari karet alam yang berasal dari pohon karet. Handscoon dari latex tergolong elastis, pas dikenakan, dan bisa membentuk tangan. Kekurangannya, beberapa orang mungkin mengalami saat menggunakan sarung tangan berbahan latex. Alergi itu biasanya timbul karena penggunaan sarung tangan latex yang terus menerus.

Apabila dibandingkan dengan material nitrile, tingkat ketahanan handscoon latex masih berada di bawahnya, sehingga kurang tahan terhadap bahan kimia maupun objek-objek yang tajam. Perbedaan mendasar dengan handscoon nitrile adalah, sarung tangan ini biasanya powdered atau di dalamnya terdapat bubuk seperti bedak dengan aroma mint. Tujuan diberi bubuk tersebut supaya lebih memudahkan Anda saat mengenakan handscoon.

Memakai Handscoon

  1. Usahakan agar kuku jari-jari tangan Anda dalam kondisi pendek. Jika ada yang panjang, sebaiknya dipotong terlebih dahulu supaya tidak merobek sarung tangan yang hendak digunakan.
  2. Lepaskan semua aksesoris seperti cincin, gelang, jam tangan, dan lain-lain.
  3. Cucilah tangan Anda dengan sabun sampai bersih.
  4. Keluarkan sarung tangan dari kemasannya, lalu sobek bagian atas kemasan, ambil handscoon.
  5. Masukkan tangan yang paling dominan Anda gunakan terlebih dahulu. Jika lebih sering memakai tangan kanan, maka pakai sarung tangan dari tangan kanan dulu, baru kemudian tangan kiri. Begitu pula sebaliknya.
  6. Pastikan semua jari tangan masuk ke dalam handscoon, rekat, dan tidak longgar. Usahakan memakai sarung tangan sesuai dengan ukuran tangan Anda.
Baca juga  Info Terkini Harga Cumi Asin Kering 1kg & Cara Mengolahnya
Ilustrasi: memakai handscoon (sumber: medicom.com)
Ilustrasi: memakai handscoon (sumber: medicom.com)

Jika sudah memakai handscoon, sebaiknya tidak menyentuh benda-benda yang bisa menimbulkan bakteri atau infeksi. Hindari juga bergesekan dengan benda-benda tajam. Nah, bagi Anda yang penasaran soal harga, berikut kami sajikan info harga handscoon 2021.

Harga Handscoon Satuan dan Per Box

Merek Handscoon Harga (Rp)
Handscoon exam non steril Protos per biji 7.500
Handscoon Maxter per lembar 4.950
Handscoon steril Serenity 8.000
Handscoon Stardec per biji 4.500
Handscoon surgical gloves latex General Care 5.500
Handscoon Sandie Light latex gloves 12.000
Handscoon sarung tangan steril Gamex 20.000
Handscoon powder Surgi-Care 10.000
Handscoon Mas Examination Gloves 40.000
Handscoon Win Glove 40.000
Handscoon exam Remedi 65.000
Handscoon Axion 40.000
Handscoon MyGuard Sensi Gloves latex powder 41.000
Handscoon Sensi Gloves 68.500
Handscoon Nitril Safeglove per box isi 100 56.000
Handscoon Nitril Non Powder Pink Fuschia isi 100 45.000
Handscoon Supergard 46.000
Handscoon Maxter sarung tangan karet 55.999
Handscoon nitril TexGrip free powder 53.000
Handscoon Safeglove Exam OneMed 43.500
Handscoon nitril non powder Handseal 55.000
Handscoon pink Superlife nitrile 63.800
Handscoon Nitrile Examination Gloves Cobalt Blue 55.000
Handscoon nitrile black Bungu Glove 55.000
Handscoon Golden Glove 60.000
Handscoon nitrile Altamed 77.000
Handscoon Safeglove Nitrile Black 95.000
Handscoon Maxter non steril aroma peppermint 91.000
Handscoon Suntouch Golden Powder Gloves Smooth 46.000
Handscoon PD Gloves 97.500
Handscoon Cosmo Med 90.000
Handscoon Evomed Gloves 101.000
Handscoon steril Stardex 1 box 155.000
Baca juga  Update Harga Tepung Labu Kuning dan Cara Membuatnya

Jika dibandingkan 2020 lalu, harga handscoon beberapa merek mengalami perubahan pada 2021. Awalnya, handscoon Maxter per lembar ditawarkan seharga Rp3.000, naik menjadi Rp5.900, namun turun jadi Rp4.950 pada 2022. Sama halnya dengan handscoon steril Serenity yang ikut naik dari harga Rp5 ribu menjadi Rp6 ribu, kemudian sekarang naik lagi jadi Rp8 ribu. Sedangkan sarung tangan steril merk Gamex mengalami kenaikan harga sebesar Rp5 ribu dari harga Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu.

Informasi harga handscoon atau sarung tangan medis di atas diperoleh dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga handscoon dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga handscoon di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang membutuhkan handscoon, baik satuan atau 1 box, Anda bisa membelinya di toko-toko alat kesehatan (alkes) terdekat atau membeli di beberapa apotik biasanya juga tersedia.

[1] Rajab, Wahyudin dkk. 2018. Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan. Malang: Wineka Media.

[2] Lilik dan Hamanik. 2020. Modul Ajar dan Praktikum Keperawatan Maternitas. Jakarta: CV Jejak (Jejak Publisher), hlm 142.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.