Info Update Harga Hamster Campbell

Siapa yang tak kenal dengan hamster? Binatang mungil yang sepintas mirip tikus ini begitu marak dipelihara karena memiliki tingkah yang lucu dan tampilannya pun menggemaskan. Terlebih karena jenis ada beragam dengan corak tubuh yang memikat pula. Di Indonesia, terdiri dari jenis hamster syrian yang berukuran besar dan hamster mini (dwarf). Nah, salah satu jenis dwarf hamster yang populer untuk dipelihara adalah hamster campbell. Harga hamster campbell bervariasi, tergantung jenis dan corak warnanya.

Hamster campbell (sumber: kawanhewan.com)
campbell (sumber: kawanhewan.com)

Ciri Campbell

campbell (Phodopus campbelli) ditemukan pertama kali oleh W. C. Campbell pada bulan Juli 1902 di Tuora, Mongolia. Untuk menghargai dan mengenang penemuannya, hamster tersebut diberi nama sesuai nama penemunya, yaitu Campbell. Di Indonesia, hamster campbell baru muncul pada tahun 1990-an. Popularitas hamster campbell masih terbilang tinggi di mata hobiis. Ketersediaan di juga cukup banyak, baik di pet shop, breeder, maupun penjual kaki lima.

Bacaan Lainnya

Ciri fisik campbell termasuk dalam hamster mini atau kerdil (dwarf hamster). Panjang maksimum hamster dewasa sekitar 10 cm. Bobotnya 30-45 gram. Hamster ini memiliki kepala berbentuk segitiga. Hal ini disebabkan pipinya yang melebar ke samping. Jarak antara telinga, hidung, dan mata cukup seimbang. Telinganya sedikit lebih lebar dan tinggi dibandingkan dengan jenis hamster mini lainnya. Semua kakinya berbulu putih. Tulang punggung hamster campbell cenderung agak ceper.

Karakter hamster campbell termasuk hamster yang lincah dan aktif sehingga mengasyikkan untuk diajak bermain-main. Namun, hamster ini juga dikenal suka menggigit. Hamster campbell akan menggigit benda apapun yang berada di sekitar. Kebiasaan menggigit ini sebenarnya merupakan cara hamster untuk mengenali lingkungan dan makanannya. Karena itu, hamster yang dipelihara sejak kecil dan sering diajak main bersama atau dipegang-pegang, biasanya menjadi lebih jinak.

Hamster campbell adalah jenis hamster mini pertama yang diperkenalkan di Indonesia. Hamster ini disukai karena banyak memiliki corak warna. Sayangnya, hamster ini kadang menggigit gemas pemiliknya. Inilah yang menyebabkan hamster campbell disebut sebagai nippy bitter. Meskipun demikian, dengan penanganan yang baik dari kecil, hamster ini bisa jinak dan ramah. Terdapat empat utama hamster campbell di Indonesia, yakni warna dasar, platinum, mottled (dominan spot), dan satin, dan melalui empat variasi utama ini dihasilkan berbagai jenis hamster turunan hamster campbell.[1]

Hamster ini tergolong sangat mudah dikembangbiakkan. Hanya dengan dua pasang, dalam tiga bulan jumlahnya bisa mencapai beberapa kali lipatnya karena setiap bulan selalu melahirkan 6-8 ekor anak hamster.[2] Hamster yang dibeli sebaiknya berumur di bawah dua bulan. Sayangnya, daya tahan tubuh campbell terbilang lemah, terutama jika ditempatkan di kandang yang terlalu padat. Sebaiknya, satu kandang berukuran 40 x 30 x 30 cm hanya ditempati sepasang hamster.

Jika Anda tertarik untuk memelihara hamster campbell di rumah, Anda bisa membelinya di toko-toko hewan atau di pembudidaya hamster campbell. Namun, sebelum membeli hamster campbell, pastikan Anda sudah memiliki kandang, mainan, dan juga pakan yang layak untuk hewan peliharaan Anda tersebut. Rawat hamster kesayangan Anda dengan baik agar usia hidupnya lebih panjang dan bisa berkembang biak.

Hamster Campbell (sumber: newelhome.com)

Harga Hamster Campbell

Jenis Hamster Campbell Harga
Hamster campbell polos/normal Rp12.500 per ekor
Hamster campbell usia 2 bulan Rp15.000 per ekor
Hamster campbell dominan mottled Rp20.000 per ekor
Hamster campbell panda Rp20.000 per ekor
Hamster campbell platinum Rp27.000 per ekor
Hamster campbell satin Rp58.000 per ekor
Hamster campbell lilac Rp60.000 per ekor
Hamster campbell dilute Rp72.500 per ekor
Hamster campbell blue satin Rp100.000 per ekor
Hamster campbell lilac satin Rp175.000 per ekor

Harga hamster campbell di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga binatang ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan tahun 2020, harga hamster campbell tahun 2021 dan 2022 mengalami perubahan. Hamster campbell dominan mottled misalnya, dilepas Rp18 ribu hingga Rp25 ribuan per ekor tahun 2020, turun menjadi Rp10 ribu sampai Rp15 ribuan per ekor tahun 2021, naik menjadi Rp20 ribu per ekor tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Sadgala, Yulindra. 2010. Merawat Hamster: Si Imut yang Menggemaskan. Jakarta: AgroMedia, hlm. 22-24.

[2] Muhamad, K. Y., dkk. 2013. Hewan Kesayangan Mini & Eksotis . Jakarta: Penebar Swadaya Grup, hlm. 14.

Pos terkait