Update Harga Hammer Drill Bosch (Semua Tipe)

Anda yang saat ini bergelut di dunia pertukangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan hammer drill. Ini adalah salah satu alat yang memiliki fungsi utama untuk mengebor benda atau peranti yang keras. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merek hammer drill, salah satunya Bosch, dan ditawarkan dengan harga berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Hammer Drill Bosch (sumber: protoolreviews.com)
Hammer Drill Bosch (sumber: protoolreviews.com)

Seperti dilansir dari Wikipedia, hammer drill, atau bor palu, juga dikenal sebagai bor perkusi atau bor impak, adalah alat listrik yang digunakan terutama untuk mengebor material keras. Perkakas ini adalah jenis bor putar dengan mekanisme tumbukan yang menghasilkan gerakan memalu. Mekanisme perkusi memberikan suksesi cepat dorong untuk melumatkan agar melunak, sehingga memberikan pengeboran lebih cepat dengan hanya sedikit usaha. Jika mekanisme palu bor dapat dimatikan, alat ini dapat digunakan seperti bor konvensional untuk juga melakukan tugas-tugas seperti obeng.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, teknik pengeboran utama konon berasal dari Tiongkok kuno, pengeboran perkusi, ditemukan selama Dinasti Han. Proses ini melibatkan dua hingga enam pria yang melompat setinggi-tingginya dengan interval ritmis untuk menaikkan sedikit besi yang melekat pada kabel bambu panjang dari derek bambu. Memanfaatkan besi cor dan alat-alat yang terbuat dari bambu, orang China dapat menggunakan pengeboran perkusi untuk mengebor lubang hingga kedalaman 3.000 kaki.

kabel mesin bor yang dikembangkan oleh orang China awal menaikkan dan menjatuhkan sejumlah besar alat pengeboran untuk menghancurkan batu menjadi pecahan kecil. Selain itu, orang Negeri Tirai Bambu juga menggunakan kepala pemotong yang diikat ke batang bambu untuk mengebor hingga kedalaman 915 m. Mengangkat dan menjatuhkan bor bambu memungkinkan mesin bor menembus formasi batuan yang lebih padat dan tidak terkonsolidasi.

Baca juga  Update Tarif/Ongkir Paket Berbagai Ekspedisi dari Bandung ke Bogor

Asal usul hammer drill pertama masih simpang-siur hingga sekarang. Perusahaan Jerman, Fein, mematenkan ‘Bohrmaschine mit elektro-pneumatischem Schlagwerk’ pada tahun 1914. Kemudian, perusahaan Jerman lainnya, Bosch menghasilkan ‘Bosch-Hammer’ pertama sekitar tahun 1932 dan telah diproduksi massal. Sementara, perusahaan AS, Milwaukee Electric Tool Corporation, menyatakan bahwa pada tahun 1935, mereka menjual hammer drill listrik berukuran 1/4 inci (cam-action).

Cara Kerja Hammer Drill

Hammer drill memiliki mekanisme cam-action atau perkusi palu, dengan dua set bergigi berinteraksi secara mekanis satu sama lain untuk memalu sambil memutar mata bor. Dengan cam-action drill, chuck memiliki mekanisme yang membuat seluruh chuck dan bit bergerak maju dan mundur pada sumbu rotasi, dan gerakan ini terkait dengan rotasi chuck. Jenis bor ini sering digunakan dengan dan tanpa aksi palu, tetapi tidak mungkin menggunakan aksi palu sendirian karena rotasi atas ‘cams’ yang menyebabkan gerakan palu.

Hammer Drill Bosch (sumber: toolsfirst.com)
Hammer Drill Bosch (sumber: toolsfirst.com)

Bor palu memiliki kopling yang dirancang khusus, yang memungkinkannya untuk tidak hanya memutar mata bor, tetapi juga memukul keluar dan masuk (sepanjang sumbu bit). Jarak sebenarnya dari perjalanan bit masuk dan keluar dan kekuatan pukulan keduanya sangat kecil, dan tindakan memalu sangat cepat, mencapai ribuan BPM (blows per minute) atau IPM (impact per minute).

Meskipun setiap pukulan memiliki kekuatan yang relatif rendah, ribuan pukulan per menit ini lebih dari cukup untuk memecah beton atau batu bata, menggunakan bilah karbida pasangan bor untuk meremukkannya. Untuk alasan ini, hammer drill lebih cepat daripada bor biasa ketika digunakan untuk menembus beton atau batu bata. Sekarang, hammer drill semakin didukung oleh teknologi nirkabel.

Baca juga  Info Terbaru Harga Atap Aluminium Sun Louvre (Berbagai Ukuran)

Fungsi Hammer Drill

Secara umum, hammer drill biasanya tidak digunakan untuk pengeboran konstruksi produksi, tetapi untuk pengeboran sesekali lubang ke beton atau ke batu. Alat ini juga digunakan untuk mengebor lubang di pijakan beton untuk menyematkan bentuk dinding beton dan mengebor lubang di lantai beton untuk menjepit dinding.

Hammer drill hampir selalu memiliki tuas atau sakelar yang mengunci ‘palu’, mengubah alat menjadi bor konvensional untuk pekerjaan atau logam. Hammer drill memang lebih mahal dan lebih besar daripada bor biasa, tetapi lebih disukai untuk aplikasi pengeboran blok beton atau kancing kayu. Misalnya, seorang ahli listrik yang akan memasang kotak listrik ke dinding akan dapat menggunakan bor yang sama untuk mengebor ke dalam kancing kayu (hammer disabled) atau dinding pasangan bata (hammer enabled).

Varian Hammer Drill Bosch

Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak merk hammer drill. Nah, salah satu brand yang direkomendasikan adalah Bosch. Bosch adalah perusahaan multinasional yang bergerak pada bidang teknik dan elektronika, yang memiliki kantor pusat di kawasan Gerlingen, dekat Stuttgart, Jerman. Produk utama pabrikan ini adalah komponen otomotif, produk industri, serta produk bangunan.

Untuk peralatan hammer drill, Bosch sudah merilis banyak varian produk. Salah satu yang cukup laris adalah tipe Bosch GBH 2-26 DRE Professional. Ini diklaim sebagai material berkualitas, cukup awet, dan tidak mudah rusak meski sering Anda gunakan. Selain itu, rotation control clutch-nya juga menjaga mesin ini untuk tidak mudah rusak.

Baca juga  Update Harga Cat Jotun 25 Kg (Interior dan Eksterior)

Kelebihan lainnya produk ini adalah telah dilengkapi dengan tambahan handle di dekat mata bor, dengan tujuan menghasilkan handling yang lebih baik. Handle tersebut bertipe soft grip sehingga terasa semakin nyaman dan lekat ketika digunakan. Produk ini pun praktis dan user friendly dengan adanya fitur pengatur kecepatan.

Menggunakan Hammer Drill Bosch - www.bosch-pt.co.id
Menggunakan Hammer Drill Bosch – www.bosch-pt.co.id

Harga Hammer Drill Bosch

Tipe Hammer Drill Bosch Harga
Bosch GBM 320 Rp565.000
Bosch GSB 550 Professional Rp635.000
Bosch GSB 10 Rp848.000
Bosch GBM 13 RE Rp1.161.000
Bosch GBH 2-20 DRE Rp1.646.000
Bosch GBH 2-18 Rp1.899.000
Bosch GBH 2-23 RE Rp1.952.500
Bosch GBH 2-24 DRE 790W Rp2.596.000
Bosch Demolition Hammer GSH 500 Rp3.150.000
Bosch GBH 2-28 DFV Rp3.257.000
Bosch GBH 3-28 DRE Rp5.545.000
Bosch GBH 4-32 DFR Rp9.214.000
Bosch GBH 5-40 D Rp9.399.000
Bosch GBH 8-45 DV Rp13.375.000
Bosch GBH 36 VF-LI Plus Rp16.500.000

Harga hammer drill Bosch di atas sebagian besar kami rangkum dari situs resmi Bosch. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya rata-rata mengalami kenaikan. Varian Bosch GBH 8-45 DV misalnya, awalnya dijual Rp12,36 juta, sekarang menjadi Rp13,375 jutaan. Sementara itu, harga Bosch GBM 320 yang semula Rp521 ribu, saat ini sedikit naik menjadi Rp565 ribuan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa berkunjung ke website resmi Bosch atau datang langsung ke toko perkakas teknik dan bangunan di kota Anda.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.