Harga Gypsum Jayaboard 12mm per Lembar

Ada banyak cara untuk memperindah tampilan rumah Anda, salah satunya dengan menggunakan gypsum board. Selain dapat digunakan sebagai finishing, papan ini ternyata juga cocok dipakai sebagai partisi atau sekat antar-ruangan. Di pasaran sendiri, gypsum umumnya hadir dalam dua ukuran ketebalan, yakni 9mm dan 12mm. Beberapa merk yang cukup populer antara lain Jayaboard dan Aplus, yang dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah per lembar.

Papan gypsum (sumber: alibaba)
Papan gypsum (sumber: alibaba)

Keunggulan Gypsum Board

Papan gipsum adalah satu produk panel atau papan komposit dan merupakan sedikit dari bahan bangunan yang diminati banyak orang karena punya tampilan yang dekoratif dalam menghiasi dan memperindah ruangan.[1] Selain untuk plafon rumah, papan gypsum juga dapat digunakan sebagai bahan pelapis untuk dinding interior rumah. Jika dahulu umumnya dinding rumah diplester, maka kini melapisinya dengan gypsum akan lebih efisien dan praktis.

Bacaan Lainnya

Keunggulan papan gipsum antara lain tahan terhadap api, jamur, dan serangga, serta mudah dalam pengerjaan.[2] Selain itu, keberadaan gypsum board juga cukup menguntungkan, karena dapat mengurangi dan bahkan menggantikan pemakaian plafon dari lapis, sehingga secara tidak langsung dapat memberikan dampak positif bagi penghematan penggunaan kayu utuh.

Tidak hanya untuk kebutuhan bangunan atau hunian, gypsum ternyata juga bermanfaat untuk bidang-bidang yang lain. Material ini dikatakan dapat dipakai sebagai bahan perekat, penyaring dan sebagai pupuk tanah, campuran bahan pembuatan lapangan tenis, sebagai pengganti kayu, sebagai pengental tofu karena punya kadar kalsium yang tinggi, sebagai penambah kekerasan bahan bangunan, untuk bahan baku kapur tulis, hingga sebagai indikator pada tanah dan air.

Untuk perawatan, papan gypsum dikatakan terbilang simpel. Apabila papan gypsum rumah Anda kebetulan , material ini sangat mudah diperbaiki. Jika dinding gypsum ini mengalami kerusakan seperti berlubang atau lecet, Anda cukup memberikan dempul atau memotong bagian yang rusak tersebut, lalu menempelkannya kembali dengan papan gypsum yang baru.

Umumnya, produk gipsum yang berada di pasaran terbuat dari tepung gips yang dicampur dengan air, serat fiber, atau tali dari nilon, dan hasilnya berupa lembaran, cetakan, atau lis. Sifat fisis dan mekanis gypsum board dapat dipengaruhi beberapa faktor, antara lain bahan baku, jenis perekat, dan kadar perekat yang digunakan. Penggunaan perekat yang semakin banyak, cenderung meningkatkan papan partikel.[3]

Review Gypsum Jayaboard

Saat ini, sudah ada beberapa merk papan gypsum yang dapat ditemukan di pasaran dalam negeri, salah satunya Jayaboard. Menurut USG Boral selaku produsen, papan gypsum Jayaboard terbuat dari bahan berkualitas baik dan tidak berbahaya bagi . Aplikasi material ini juga diklaim sangat mudah dan dapat digunakan pada rangka kayu, metal, maupun dinding batu bata. Produk ini pun dikatakan memiliki bobot yang ringan tetapi kuat, lendutan paling maksimal, serta kualitas paling konsisten.

Papan gypsum Jayaboard (sumber: bukalapak)
Papan gypsum Jayaboard (sumber: )

Dilansir dari situs resminya, perusahaan meluncurkan papan gypsum Jayaboard dalam dua tipe besar, yaitu Standard Board dan Technical Board. Untuk Standard Board, terdiri atas Jayaboard Sheetrock, Indoboard, Ecogyp, Mini8, dan Jayaflex Easiboard. Sementara, untuk varian Technical Board, tersedia model Firestop, Wet-area Optimum, Wet-area Firestop, Soundstop, Jayabelt, Heatstop, Moldstop, Shaftwall Liner, dan Impactstop.

Jika Anda membutuhkan papan gypsum Jayaboard dengan ketebalan 12 mm, maka varian Jayaboard Sheetrock menjadi pilihan yang tepat. Produk ini diklaim merupakan papan gypsum pertama dan terbaik di Indonesia, dengan teknologi Sheetrock yang menghasilkan papan gypsum paling tahan lendut, ringan tanpa mengurangi performa lainnya, dengan kualitas yang paling konsisten. Material ini dapat diaplikasikan sebagai plafon dan partisi di berbagai jenis bangunan.

Secara rinci, Jayaboard Sheetrock memiliki berat 5,1 kg per m2 untuk ketebalan 9 mm atau 7,1 kg per m2 untuk ketebalan 12 mm, dengan panjang 2.400 mm dan lebar 1.200 mm. Produk ini dikatakan sudah mengantongi sertifikasi Green Label Singapore & Green Listing, bebas asbestos, kandungan TVOC rendah, non-radioactive material, serta inovasi garis sekrup satu-satunya di Indonesia.

Harga Gypsum Jayaboard 12mm

Tidak susah menemukan papan gypsum Jayaboard dengan ketebalan 12mm. Pasalnya, Anda bisa membeli material ini di berbagai toko bahan bangunan maupun situs jual beli online. Saat ini, papan gipsum Jayaboard 12mm ditawarkan dengan harga rata-rata Rp90.000 hingga Rp97.000 per lembar. Namun, Ada pula yang menjualnya dengan harga Rp129.000 dan Rp134.000 per lembar. Ukuran gipsum ini secara umum adalah 1200 x 2400 mm.

[1] Noor, Gusti Syahrany. 2007.  Pengaruh Variasi Berat Partikel terhadap Sifat Papan Gipsum. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 23(3): 266-272.

[2] Ibid.

[3] Haygreen, J. G. dan J. I. Bowyer. 1993. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu: Suatu Pengantar (Terjemahan). Yogyakarta: Gajahmada University Press.

Pos terkait