Update Harga Guppy Red Dragon (Jantan, Betina, Sepasang)

guppy merupakan ikan hias dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang memiliki adaptasi tinggi, sehingga mudah dibudidayakan di berbagai negara, termasuk Indonesia.[1] Dari sekian banyak varietas guppy di Nusantara, guppy red dragon terbilang disukai banyak kolektor ikan hias. Selain mudah dipelihara, juga karena harga jualnya yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Ciri Ikan Guppy Red Dragon (credit: jualguppy)
Ilustrasi: Ciri Guppy Red Dragon (credit: jualguppy)

Ciri Guppy Red Dragon

Berbeda dengan guppy pada umumnya, guppy red dragon sekilas mirip dengan ikan cupang betina, hanya saja memiliki sifat yang tidak terlalu agresif dan bisa dipelihara secara berkelompok. Tentunya, ini berbeda dengan sifat ikan cupang yang suka menyendiri, agresif, dan tidak bisa dipelihara secara berkelompok.

Bacaan Lainnya

Ciri khas guppy red dragon terletak pada bagian sirip dan ekornya yang cenderung melebar dan mengembang. Ini juga berbeda dengan ikan cupang yang cenderung memanjang dan mengembang. Tak hanya itu, sirip punggung ikan guppy red dragon juga tumbuh melebar seperti kipas.

Dari segi penampilan, guppy jantan terbilang lebih menarik dibanding ikan guppy betina. Meskipun sekilas mirip, pada ikan guppy betina, warnanya lebih pucat dan tidak terlalu beragam. Sementara itu, pada ikan guppy jantan, warnanya lebih cerah, tajam, dan beragam.

Khusus untuk guppy red dragon jantan, ada beberapa warna yang tampak pada bagian sirip punggung dan ekor, seperti merah, oranye, kuning, putih, hitam, silver, cokelat, dan abu-abu. Sekilas, dengan warna tersebut, Anda seperti melihat corak macan tutul pada sirip ekor ikan, tetapi seperti melihat corak api pada sirip punggung ikan.

Keindahan warna ikan guppy red dragon akan lebih jelas saat malam hari, apalagi jika akuarium Anda dilengkapi dengan lampu neon. Dari dalam air, sisik ikan yang berwarna perak akan memantulkan sinar dan ini membuat ikan terlihat seperti kunang-kunang dalam air dengan corak yang elok. Inilah pesona ikan guppy red dragon di malam hari yang menjadi incaran beberapa kolektor ikan hias.

Termasuk hewan air tawar mungil, Anda tidak bisa mencampurnya dengan ikan air tawar lain, apalagi yang memiliki sifat predator seperti nila dan arwana. Namun, beberapa orang biasanya akan meletakkannya dalam akuarium bersama ikan air guppy jenis lain, seperti guppy red tail, guppy black moscow, guppy red lace, guppy red platinum, guppy red blood, dan guppy half moon.

Bagi Anda yang tertarik memelihara ikan guppy red dragon, pastikan Anda mengetahui cara memeliharanya. Meskipun hewan air tawar ini memiliki adaptasi tinggi, ikan ini juga bisa cepat mati jika perawatannya tidak dilakukan dengan tepat. Sebagai referensi, berikut cara memelihara ikan guppy red dragon.

Ilustrasi: Ikan Guppy Red Dragon (credit: guppiesforsale)

Cara Memelihara Guppy Red Dragon

  • Sebelumnya, Anda harus memilih lokasi untuk memelihara ikan guppy red dragon. Pastikan lokasi tidak disinari cahaya matahari penuh, tidak lembap, dan dekat dengan sumber air. Setelah itu, siapkan wadah peliharaan berupa akuarium dengan filter, aerator, selang pengisi air, dan penutup. Penutup akuarium berfungsi untuk mencegah debu atau kotoran masuk ke dalam air.
  • Isi akuarium yang sudah dibilas dengan air bersih dan gunakan air tanah atau sumur dengan pH 6,8 hingga 7. Jika Anda tidak memiliki air tanah, Anda boleh memakai air PDAM yang sudah diendapkan selama dua malam. Supaya pH air akurat, gunakan pH meter.
  • Masukkan ikan guppy secara perlahan dalam air dan biarkan mereka beradaptasi selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu, beri makan berupa pelet khusus ikan, cacing darah, dan kutu air.
  • Pastikan Anda mengganti air akuarium dan membersihkannya secara rutin, minimal dua minggu sekali.
  • Jika Anda ingin membudidayakan ikan guppy red dragon, sediakan aquarium kecil untuk pemijahan dan letakkan indukan guppy di dalamnya. Setelah anakan guppy muncul, pisahkan jantan dan betina supaya tidak mengganggu pertumbuhan anakan guppy.

Ikan guppy red dragon biasanya dijual dalam satuan, tergantung jenisnya. Namun, ada juga yang menjual sepasang hingga satu plastik isi lima pasang. Sebagai referensi harga ikan guppy red dragon, Anda bisa melihat tabel berikut.

Guppy Red Dragon (sumber: telegra.ph)

Harga Guppy Red Dragon

Varian Ikan Guppy Red Dragon Harga
Ikan Guppy Red Dragon Jantan Rp8.000 per ekor
Ikan Guppy Red Dragon Platinum Rp9.860 per ekor
Ikan Guppy Red Dragon Betina Rp5.500 per ekor
Ikan Guppy Red Dragon Sepasang Rp12.000
Ikan Guppy Red Dragon Big Ear 5 pasang Rp53.200

Harga ikan guppy red dragon di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga ikan guppy red dragon tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga guppy red dragon tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, ikan guppy red dragon jantan yang dibanderol Rp7.500 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp8.000 tahun 2022.

[1] Nurlina, & Zulfikar. 2016. Pengaruh Lama Perendaman Induk Ikan Guppy (Poecilia reticulate) dalam Madu terhadap Nisbah Kelamin Jantan (Sex Reversal) Ikan Guppy. Acta Aquatica Universitas Malikussaleh, Vol. 3(2): 75-80.

Pos terkait