Karakteristik dan Update Harga Guppy Black Moscow

Ikan guppy menjadi salah satu jenis ikan yang populer di kalangan kolektor ikan hias. Ini karena harganya yang tidak terlalu mahal tetapi punya bentuk fisik yang menarik. Kebanyakan orang juga mengenal ikan guppy sebagai ikan suwadakar. Di antara banyaknya jenis ikan guppy tersebut, black moscow yang paling laris di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Cara Merawat Guppy Black Moscow - www.lazada.co.id
Cara Merawat Guppy Black Moscow – www.lazada.co.id

Secara ilmiah, ikan guppy memiliki nama Poecilia reticulata dan juga dikenal dengan sebutan rainbow fish atau million fish. Kepopuleran ikan guppy menjadikan hewan tersebut banyak didistribusikan ke berbagai negara dengan iklim tropis. Selain dipakai sebagai hiasan di rumah, ikan guppy biasa dimanfaatkan sebagai pengendali hama nyamuk. Ini karena million fish suka makan jentik dan telur nyamuk yang sering dijumpai di air.[1]

Bacaan Lainnya

Sementara ada banyak jenis ikan suwadakar di pasaran, tidak ada salahnya untuk memelihara jenis black moscow. Million fish yang satu ini berbeda dengan jenis ikan guppy lainnya. Jika Anda menjumpai ikan suwadakar dengan warna pelangi dan neon, guppy black moscow hanya memiliki satu jenis warna, yakni hitam.

Karakteristik Guppy Black Moscow

Dari ujung kepala hingga ekor guppy black moscow tidak punya warna lain selain hitam. Keistimewaan lain ikan tersebut adalah memiliki sirip punggung dan ekor yang lebar dan berumbai. Sekilas, ikan guppy mirip dengan ikan cupang, namun keduanya berbeda dari segi fisik dan jenis. Ikan million fish black moscow ini tergolong dalam jenis ikan air tawar, sehingga cara perawatannya tidak sulit.

Agar ikan guppy black moscow Anda tidak mudah sakit dan dapat bertahan lama, Anda harus memperhatikannya setiap saat. Berilah pakan ikan dengan kualitas premium, dengan kandungan lemak dan yang seimbang. Agar warna ikan guppy black moscow makin hitam dan memiliki warna dove, Anda bisa memberinya jentik nyamuk atau cacing sutera.

Dua jenis hewan tersebut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan disukai oleh million fish. Selain itu, Anda juga bisa memberinya pelet ikan khusus dengan ukuran paling kecil.Beberapa orang juga memberi makan ikan suwadakar dengan alga dan plankton. Untuk jenis alga yang bisa Anda berikan, yaitu jenis alga air dengan ukuran kecil.

Cara Merawat Guppy Black Moscow

Perhatikan juga air sebagai hidup ikan. Pastikan Anda selalu menguras akuarium dengan baik setiap 4 hingga 5 hari sekali.Ikan guppy tidak bisa hidup di air yang kotor, meskipun air yang berlumut juga mengandung mikroorganisme. Pastikan juga Anda selalu membersihkan sisa makanan yang mengendap di dasar akuarium. Sisa makanan yang mengendap bisa berubah menjadi racun yang membahayakan kesehatan ikan.

Supaya suwadakar black moscow Anda bisa bertahan hidup lebih lama, Anda harus memperhatikan jumlah oksigen dalam media hidupnya. Untuk itu, Anda tidak perlu menutup media hidup ikan dengan kain, plastik, atau kaca pada bagian yang terbuka. Jika Anda ingin melindungi ikan guppy dari serangan hewan peliharaan lain, Anda bisa memasang jaring khusus yang memiliki banyak rongga.

Ikan guppy black moscow (sumber: ikanhias.id)
Ikan guppy black moscow (sumber: ikanhias.id)

Anda juga bisa memasang aerator kecil pada akuarium jika merasa kadar oksigen pada air sangat kurang. Biasanya, jika kadar oksigen pada media kurang, ikan guppy akan selalu berada di permukaan dan jarang sekali berada di dasar akuarium. Oksigen yang kurang membuat ikan cepat mati atau kurang lincah.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang membuat ikan guppy sering berada di permukaan dan tidak bisa berenang bebas. Anda juga perlu memperhatikannya, bisa jadi ikan Anda sedang sakit atau terserang hama ikan. Hama yang sering dialami ikan guppy adalah serangga air dan parasit ikan. Pada beberapa kasus, juga ditemukan million fish yang sakit mata. Untuk mengatasi dan mencegahnya, Anda bisa memberikan vitamin khusus ikan. Biasanya, vitamin dan ikan dijual secara bebas di pasar hewan.

Setelah Anda mengetahui cara merawat ikan guppy black moscow di atas, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika iya, pastikan Anda sudah mengetahui harganya, sehingga Anda bisa memperkirakan anggaran yang perlu disiapkan.

Harga Guppy Black Moscow

Jenis Guppy Black Moscow Harga
Guppy Black Moscow Jantan per ekor Rp5.000
Guppy Black Moscow Betina per ekor Rp6.000
Guppy Black Moscow 2 Betina 1 Jantan Rp21.000
Guppy Black Moscow Sepasang Rp26.500
Guppy Black Moscow Paket Breed Sepasang Rp35.000
Guppy Black Moscow Ribbon sepasang grade A Rp100.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga ikan guppy black moscow di pasaran saat ini cenderung turun. Misalnya, guppy black moscow betina yang semula dijual seharga Rp7.500, kini hanya Rp6.000 per ekor. Begitu pula harga guppy black moscow sepasang yang turun dari Rp40 ribu menjadi Rp26.500. Perlu Anda ketahui, harga guppy black moscow tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Panjaitan, Yosa Kalam, dkk. 2015. Struktur Populasi Ikan Guppy (Poecilia Reticulata Peters) di Sungai Gajah Putih, Surakarta, Jawa Tengah. Bonorowo Wetlands, Vol. 6(2): 103-109.

Pos terkait