Info Terkini Harga Gula Stevia (Beragam Merk)

Gula sering dikatakan sebagai salah satu penyebab utama penyakit diabetes, termasuk untuk jenis pemanis yang terbuat dari tebu. Karena itu, banyak produsen gula akhirnya berinovasi untuk membuat produk pemanis dari aneka bahan lainnya yang lebih aman, seperti daun stevia. Saat ini, sudah banyak gula stevia yang dijual di pasaran dengan beragam merk dagang, meskipun harganya cenderung lebih mahal dibanding gula biasa.

Ilustrasi: Tanaman Stevia (credit: era.id)
Ilustrasi: Tanaman Stevia (credit: era.id)

Gula sebagai pemanis dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari. Mengonsumsi gula memang tidak akan berisiko terhadap penyakit jika dosisnya pas, apalagi tubuh juga membutuhkan gula sebagai sumber energi. Namun, mengonsumsi gula terlalu banyak dapat menimbulkan efek samping yang merugikan, seperti penyakit diabetes dan kencing manis.

Bacaan Lainnya

Asupan gula tinggi membuat pankreas bekerja keras untuk memproduksi insulin yang dibutuhkan untuk menormalkan kadar gula dalam darah. Produksi insulin yang berlebihan ini akan membuat pankreas kelelahan, sehingga produksi insulin menurun. Inilah yang membuat kadar gula dalam tubuh menjadi naik akibat diabetes. Diabetes juga bisa menimbulkan komplikasi berbahaya dalam tubuh.

Baca juga  Info Terbaru Harga Mie GAGA Semua Varian (Kuah & Goreng)

Mengonsumsi gula terlalu tinggi juga bisa meningkatkan risiko gigi berlubang atau rusak. Ini karena bakteri pada mulut akan memfermentasikan gula menjadi asam. Asam yang menempel pada email gigi menyebabkan gigi berlubang. Struktur dan bentuk gigi yang sudah terlanjur berlubang akibat sering makan gula, tidak bisa kembali seperti semula. Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan membersihkan dan menambal gigi tersebut. Jika lubangnya sudah terlalu parah, gigi berisiko dicabut dan tidak bisa tumbuh lagi. Ini juga salah satu penyebab banyak orang menggunakan gigi akibat gigi yang rusak.

Selain itu, gula sering dikaitkan dengan obesitas. Gula bisa memengaruhi keseimbangan hormonal yang mengakibatkan peningkatan selera makan dan perkembangbiakan lemak atau bisa juga selulit. Di samping itu, gula dapat memengaruhi metabolisme kalsium dalam tubuh. Metabolisme kalsium yang berantakan dalam tubuh bisa menaikkan risiko osteoporosis di usia senja.

Kelebihan Gula Stevia

Banyaknya efek samping yang dapat disebabkan oleh pemakaian gula, membuat sejumlah gula berinovasi. Stevia dipilih sebagai pengganti air tebu sebagai bahan dasar pembuatan gula stevia. Selama bertahun-tahun, sebenarnya daun stevia sudah dipakai sebagai bahan pemanis alami oleh masyarakat di negara-negara Amerika Selatan dan Jepang.

Baca juga  Harga Plat Besi Berlubang (Perforated Metal Sheet) Berbagai Ukuran
Manfaat Gula Stevia (credit: bevsource)
Manfaat Gula Stevia (credit: bevsource)

Secara ilmiah, daun stevia memiliki nama Eupatorium rebaudianum Bertoni dan ekstraknya yang biasa dimanfaatkan sebagai pemanis. Selain memiliki rasa yang mirip dengan gula tebu, ekstrak daun stevia mengandung apigenin, austro inulin, avicularin, beta-sitosterol, caffeic acid, campesterol, kariofilen, sentaureidin, asam klorogenik, klorofil, cosmosiin, sinarosid, daucosterol, glikosida diterpene, dulkosid A-B, funikuli, formic acid, gibberellic acid, giberelin, indol-3-asetonitril, dan masih banyak lagi.

Banyaknya kandungan pada ekstrak stevia, membuat produk konon tidak memiliki banyak efek samping seperti gula biasa. Gula stevia dipercaya tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah, aman bagi penderita diabetes, mencegah kerusakan gigi, menghambat pertumbuhan bakteri di mulut, membantu memperbaiki pencernaan, meredakan sakit perut, baik untuk mengatur berat badan, dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk membatasi konsumsi makanan berkalori tinggi.[1]

Setelah mengetahui banyaknya manfaat serta kandungan yang ditawarkan gula stevia, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui merk serta harga gula stevia yang dijual di pasaran, sehingga Anda bisa memperkirakan biaya belanja bulanan dengan mudah. Berikut referensi terbaru harga gula stevia.

Harga Gula Stevia

Varian/Merk Gula Harga
Gula Stevia Tropicana Slim 20 sachet Rp16.000
Gula Stevia Gureka 25 sachet Rp28.000
Gula Stevia Griya Herba Rp28.000
Gula Stevia Sugalife Rp33.000
Gula Stevia Tropicana Slim 50 sachet Rp42.900
Gula Stevia Drip Sweet 5 ml Rp50.000
Gula Stevia Diabetasol 100 gr Rp50.254
Gula Stevia Diabetasol 50 sachet Rp51.000
Gula Stevia Stevigrow box 30 sachet Rp55.000
Gula Stevia Stefia 15 ml Rp60.000
Gula Stevia Tropicana Slim 100 sachet Rp74.800
Gula Stevia Equal 300 tablet Rp74.900
Gula Stevia Viana Granula Rp135.000
Gula Stevia Drip Sweet 30 ml Rp150.000
Gula Stevia Better Now Foods 100 gr Rp189.900
Gula Stevia Better Now Foods 59 ml Rp189.900 – Rp216.000
Gula Stevia Glucola 20 sachet Rp500.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Tepung Beras 1 Kg dan Kemasan Lainnya

Perlu Anda ketahui, harga gula stevia di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang turun dan ada yang naik. Gula Stevia merk Stefia 15 ml misalnya, awalnya dijual Rp65 ribu dan sekarang turun menjadi Rp60 ribu. Sementara itu, harga gula stevia Tropicana Slim 100 sachet  yang semula Rp71 ribu, sedikit naik menjadi Rp74 ribuan.

Jenis Gula Terbaik - www.ubuy.co.id
Jenis Gula Terbaik – www.ubuy.co.id

(Panca)

[1] Raini, Mariana & Ani Isnawati. 2011. Kajian: Khasiat dan Keamanan Stevia sebagai Pemanis Pengganti Gula. Media Litbang Kesehatan, Vol. 21(4): 145-156.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *