Info Terbaru Harga Gula Aren (Gula Merah) Asli per Kg dan Manfaatnya

Banyak orang yang saat ini mengurangi konsumsi gula pasir karena khawatir terkena diabetes. Nah, bagi Anda yang termasuk orang-orang seperti ini, sudah ada alternatif pemanis lainnya, yaitu gula aren. Ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, gula aren ini dikatakan baik dikonsumsi mereka yang ingin merasakan hidangan manis, namun tanpa takut dengan risiko penyakit diabetes.

Gula aren (sumber: gooddoctor.co.id)
Gula aren (sumber: gooddoctor.co.id)

Dilansir Wikipedia, gula aren, atau masyarakat lebih mengenalnya dengan nama gula merah, merupakan pemanis yang dibuat dari nila, yang berasal dari tandan bunga jantan pohon enau. Gula aren ini biasanya juga diasosiasikan dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon dari Palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Bacaan Lainnya

Untuk memperoleh gula aren, bunga jantan pohon enau dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu. Untuk mencegah nira mengalami peragian dan nira yang telah mengalami fermentasi tidak bisa dibuat gula, maka ke dalam bumbung bambu tersebut ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami.

Setelah jumlahnya dirasa cukup, nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar. Kayu terbaik untuk memasak gula aren berasal dari kayu aren yang sudah tua. Karena kalori ini lebih tinggi dari kayu bakar biasa, maka proses memasaknya juga lebih cepat. Meski demikian, api juga tidak boleh terlalu besar sampai ke dalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak. Kalau ini terjadi, gula memiliki risiko hangus, rasanya akan pahit, dan warnanya menjadi hitam.

Gula aren sudah terbentuk bila nira menjadi pekat, berat ketika diaduk, dan kalau diambil dari wajan dan dituangkan kembali, adukan akan putus-putus. Di samping itu, jika Anda tuangkan ke dalam air dingin, cairan pekat ini akan membentuk benang yang tidak putus-putus. Kalau sudah begitu, adonan diangkat dari tungku dan bisa dicetak.

Karena kandungan kalori di dalamnya yang tergolong rendah, gula aren dapat dijadikan sebagai pemanis yang cukup aman untuk menghindari risiko penyakit diabetes, tentunya dengan konsumsi dalam batas wajar. Di samping itu, beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan gula aren seperti berikut.

Manfaat Gula Aren Asli

Gula aren (sumber: freepik)
  • Mengurangi nyeri saat menstruasi. Banyak wanita menahan rasa sakit yang terjadi selama siklus menstruasi mereka. Jika Anda juga memiliki masalah ini, dengan mengonsumsi gula aren dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit pramenstruasi. Setidaknya konsumsilah sekali sehari.
  • Mengurangi nyeri pada sendi. Jika Anda menderita nyeri sendi, konsumsilah gula aren. Mengonsumsi gula aren dengan sepotong jahe secara rutin dapat membantu Anda dalam mengatasi nyeri sendi. Gula aren juga baik untuk penderita migrain juga.
  • Memberikan tambahan energi. Ketika Anda merasa lelah, mengonsumsi gula aren dapat menjadi solusinya. Gula aren dapat menyediakan energi secara instan. Hal terbaik tentang gula aren adalah bahwa gula aren dapat dicerna dan diserap secara bertahap yang pada akhirnya tidak akan menaikkan tingkat gula darah secara singkat.
  • Membersihkan saluran pernapasan. Sejak zaman dahulu gula aren digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan, tenggorokan, serta paru-paru di India. Gula merah juga digunakan sebagai bahan baku ramuan untuk mengobati dan batuk.
  • Meningkatkan suhu tubuh. Ketika ramuan dari gula aren diminum pada musim dingin, mampu meningkatkan serta menghangatkan tubuh. Hal ini terjadi karena kandungan glukosa dalam gula aren merangsang metabolisme tubuh, sehingga suhu ikut meningkat.
  • Memiliki efek mendinginkan tubuh. Gula aren yang terbuat dari aren memiliki efek mendinginkan secara alami. Di India, gula aren sering dilarutkan dengan air dan diminum secara rutin selama musim panas. Cara seperti ini dipercaya secara turun-temurun mampu mendinginkan tubuh.
  • Mencegah penyakit kanker. Gula aren juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan alami. Antioksidan sangat dibutuhkan dalam mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi gula aren secara rutin, maka akan terhindar dari kanker maupun penuaan dini.
  • Baik untuk ibu setelah melahirkan. Kebanyakan para ibu yang usai melahirkan akan dianjurkan untuk mengonsumsi gula aren. Gula aren mampu memberikan energi yang cukup untuk memulihkan tenaga serta mempercepat proses penyembuhan setelah melahirkan. Selain itu, gula aren juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Namun sebaiknya jangan mengonsumsi gula aren secara berlebihan.
  • Memiliki efek menenangkan tubuh. Gula aren juga memiliki efek menenangkan tubuh. Gula merah mengandung mineral selenium yang cukup tinggi, yang dapat melemaskan otot maupun saraf dalam kita, sehingga membuat kita merasa lebih rileks. Mengonsumsi gula aren pada malam hari sebelum tidur juga mampu mencegah terjadinya insomnia.

Meskipun tidak terdapat efek samping dari mengonsumsi gula aren, tetapi gula aren mengandung kalori yang sedikit tinggi. Oleh karena itu, bagi orang-orang yang sedang melakukan diet penurunan berat atau penderita diabetes, harus mengontrol konsumsi gula aren karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan fluktuasi kadar gula darah.

Saat ini, sudah banyak pedagang yang menawarkan gula aren yang mereka klaim asli dan tanpa bahan pengawet. Untuk lebih jelas mengenai harga gula aren per kilo, Anda bisa melihat tabel berikut.

Gula aren (sumber: vaya.in)

Harga Gula Aren

Varian/Merek Gula Aren Asli Harga
Gula Aren Daun Asli 1 kg Rp21.500
Gula Nira Aren Kawung Asli Alami 1 liter Rp22.000
Gula Aren Asli Batok Palembang 1 kilo Rp25.000
Gula Aren Cair Asli 1kg Rp50.000
Gula Aren Bubuk Murni Organik Mahorahora 1 kg Rp50.000

Harga gula aren asli atau murni di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga gula aren asli tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, harga gula aren berkisar Rp16.000 untuk 500 gr hingga Rp200.000 untuk 5 kg. 

Sementara itu, tahun 2020 dan 2021, gula aren dengan bobot 500 gr ditawarkan dengan harga mulai Rp17.000 hingga Rp45.700. Ada juga yang menjual 1 kg gula aren dengan harga mulai Rp65.000, terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga gula aren tahun 2022 ini. Sementara, untuk gula aren dengan bobot 5 kg, dijual dengan harga mulai Rp168.000. 

[Update: Almas]

Pos terkait