Update Harga Gula Aren Bubuk di Indomaret & Alfamart

Kebutuhan masyarakat terhadap gula aren bubuk kian meningkat dari waktu ke waktu. Selain dapat meningkatkan cita rasa makanan atau minuman, gula aren bubuk juga dinilai lebih praktis penggunaannya dibandingkan gula aren cetak. Di pasaran, gula aren bubuk dijual dengan harga yang variatif. Produk ini pun dapat ditemukan dengan mudah di Indomaret dan Alfamart.

Gula aren bubuk (sumber: mintel.com)
Gula aren bubuk (sumber: mintel.com)

Masyarakat sudah lama mengenal aren sebagai penghasil bahan-bahan industri. Pemanfaatannya sangat banyak hampir semua bagian pohon di antaranya buahnya dibuat kolang-kaling, daunnya sebagai bahan kerajinan tangan atau atap, akarnya sebagai bahan obat-obatan. Selain itu pemanfaatan pada batangnya sebagai ijuk dan lidi yang memiliki nilai ekonomis. Batangnya yang masih berusia muda dapat diambil sagunya, sedangkan pada usia tua dipakai sebagai bahan mebel. Dari semua produk turunan aren tersebut, nira aren sebagai bahan produksi gula aren merupakan produk turunan yang memiliki nilai ekonomis paling besar.

Bacaan Lainnya

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pada saat ini mulai dikenal inovasi produk baru yaitu mereproduksi gula aren cetak dengan meningkatkan nilai tambah air nira aren menjadi gula aren bubuk dikenal dengan nama gula semut atau gula aren dengan istilah pasar modern yaitu palm sugar/brown sugar atau palmsuiker.[1]

Gula aren, yang mana memiliki nama latin Arenga saccharifera diyakini dahulunya hanya berasal dari tebu. Namun pada zaman ini, gula aren sudah dapat didapatkan dari air nira sadapan bunga jantan aren, kelapa, dan juga lontar.

Baca juga  Manfaat dan Info Terbaru Harga KCL Cair Berbagai Merek

Manfaat Gula Aren

Manfaat dari gula aren sendiri yaitu dapat diolah menjadi bahan dasar pembuat masakan. Rasanya yang unik menjadikan makanan tersebut memiliki cita rasa Indonesia. Selain itu gula aren juga berfungsi untuk menambah tenaga, mencegah anemia, mempercepat peredaran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kadar kolesterol tubuh, dan lain sebagainya.

Gula aren dapat memiliki berbagai manfaat karena gula aren ini mengandung jumlah kalori yang tepat, zat besi yang tinggi, niacin, dan juga lain sebagainya. Gula aren sering juga digunakan dalam ramuan obat tradisional dan diyakini memiliki khasiat sebagai obat demam dan perut. Gula aren mengandung glukosa cukup tinggi yang dapat membersihkan ginjal sehingga terhindar dari penyakit ginjal.

Kekhasan gula aren dari segi kimia yaitu mengandung sukrosa kurang lebih 84% dibandingkan dengan gula tebu dan gula bit yang masing-masing hanya 20% dan 17% sehingga gula aren mampu menyediakan energi yang lebih tinggi dari gula tebu dan gula bit. Selain itu, kandungan gizi gula aren (protein, lemak, kalium dan posfor) lebih tinggi dari gula tebu dan gula bit.[2]

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gula aren dalam bentuk bubuk atau gula semut memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan gula aren berbentuk batok. Berikut ulasan mengenai gula aren bubuk.

Baca juga  Review dan Update Harga Paket PaNas (Paket Nasi) McD
Gula Aren Bubuk (sumber: makassartoday.com)
Gula Aren Bubuk (sumber: makassartoday.com)

Kelebihan Gula Aren Bubuk

Gula semut merupakan gula yang dibuat dari nira dengan bentuk serbuk atau kristal dan berwarna kuning kecokelatan atau coklat. Cara pengolahan gula semut hampir sama dengan pengolahan gula merah cetak biasa, perbedaannya terletak pada proses setelah air nira mengental. Pada pembuatan gula semut, setelah air nira mengental maka dilakukan pengadukan cepat hingga terbentuk kristal-kristal, kemudian kristal-kristal gula yang terbentuk diayak untuk diperoleh ukuran yang seragam.

Gula semut adalah salah satu produk turunan aren yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan memiliki prospek yang sangat bagus untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan karena permintaan akan gula semut aren ini tidak pernah menurun dan selama ini kebutuhan masih belum terpenuhi baik untuk kebutuhan ekspor maupun kebutuhan dalam negeri.

Gula semut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan gula cetak antara lain lebih awet karena kadar airnya rendah, karena berbentuk kristal maka penggunaannya lebih praktis, mudah dalam pengemasan, pengangkutan, dan harganya pun lebih tinggi.[3] Sebagai informasi, berikut harga gula aren bubuk di pasaran.

Harga Gula Aren Bubuk di Indomaret

Merek & Varian Gula Aren Bubuk Harga di Indomaret (Rp)
Indomaret Gula Aren Stick 20 x 6 gr 9.700
Indomaret Gula Aren 200 gr 15.600

Harga Gula Aren Bubuk di Alfamart

Merek & Varian Gula Aren Bubuk Harga di Alfamart (Rp)
Haan Gula Aren 250 g 24.200
Baca juga  Harga Fungisida Amistartop 325SC (50ml, 100ml, 250ml) Terkini
Gula aren bubuk (sumber: yummy.ph)
Gula aren bubuk (sumber: yummy.ph)

Harga Gula Aren Bubuk di Marketplace

Merek & Varian Gula Aren Bubuk Harga (Rp)
Gula aren bubuk sachet Gulare 7 gr 335
Gula aren bubuk 100 gr 11.000
Pido Palmsuiker 250 gr 12.700
Ricoman Gula aren bubuk 400 gr 17.000
Gula aren bubuk organik 500 gram 17.000
Gula aren bubuk Ansell 250 gr 19.000
Gula aren bubuk Merbabu 500 gr 26.900
Gula aren bubuk 1 kg 27.900
Gula aren bubuk organik 1 kg 32.000
Gula aren bubuk murni & organik Mahorahora 1kg 50.000

Informasi harga gula aren bubuk di Indomaret, Alfamart, dan marketplace dirangkum dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jika dibandingkan tahun 2022 lalu, harga gula aren bubuk tahun 2023 mengalami sedikit perubahan. Misalnya, gula aren bubuk sachet Gulare 7 gr yang sebelumnya dijual Rp320 per sachet, kini sedikit naik jadi Rp335 per sachet.

[Update: Dian]

[1] Dahar, D dkk. 2019. Analisis Komparatif Produksi Gula Aren Dan Gula Semut Dengan Pendekatan Metode Hayami Di Desa Dulamayo Selatan. Jurnal Agercolere. 1(2): 67-73.

[2] Lingawan, A dkk. 2019. Gula Aren: Si Hitam Manis Pembawa Keuntungan dengan Segudang Potensi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat. 1(1): 1-25.

[3] Surya, LP & Andre RS. 2020. Optimalisasi Aren Menjadi Produk Olahan Gula Semut Guna Meningkatkan Nilai Jual Dan Pendapatan Masyarakat Desa Pusuk Lestari. Jurnal Pepadu. 1(4): 515-522.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *