Harga Gula 2016: Terus Merangkak Naik, Tembus Rp 17.000 per Kg

Gula pasir kembali melonjak tajam beberapa waktu belakangan. Tentunya hal ini berpotensi menimbulkan keresahan di kalangan , terutama kelas ekonomi bawah, sebab gula sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok mereka.

Gula Pasir - www.suaradesa.com

Gula Pasir - www.suaradesa.com

Di awal tahun , harga gula pasir menyentuh angka Rp 12.000 per kilogram dan terus menanjak hingga menyentuh angka Rp 17.000-an. Berdasar yang dipaparkan oleh situs infopangan..go.id, harga tertinggi gula di DKI Jakarta pada hari Kamis (30/6) tembus angka Rp 17.000 per kilogram, yakni yang diedarkan di Pasar Cengkareng. Sedangkan harga terendah berada di Pasar Ciplak, yakni Rp 14.000 per kilogram.

Kenaikan harga gula kali ini tentu dapat dimaklumi karena selalu berulang setiap memasuki bulan Ramadhan atau jelang lebaran. Terlebih, lonjakan harga gula tidak hanya terjadi di satu area, tapi merata di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga  Berfungsi Merangsang Pertumbuhan dan Mencegah Stres Untuk Tanaman, Vitamin B1 Dijual Dengan Harga Rp 20.000

Sekedar , rekomendasi dari Harga Patokan untuk komoditi gula tahun 2016 telah diusulkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) sebesar Rp 9.100 per kilogram pada pertengahan Mei lalu, yakni naik Rp 200 dari HPP tahun 2015 sebesar Rp 8.900 per kilogram.

“HPP ini sudah ideal bagi petani sehingga tak ada lagi kekhawatiran petani enggan menanam tebu karena HPP yang ditetapkan pemerintah lebih rendah dari tahun sebelumnya,” ujar Dirjen Perkebunan Kementan, Gamal Nasir, Senin (23/5).

Usulan tersebut telah juga disepakati oleh Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), yang akhirnya juga ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada awal Juni lalu.

Beralih ke Kabupaten Bojonegoro, Kepala Seksi Produksi dan Sarana Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bojonegoro Didik Hari Supriyadi mengatakan bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok sudah stabil, kecuali gula. Didik meyakini, harga gula yang enggan turun disebabkan masih tingginya permintaan masyarakat jelang lebaran.

Baca juga  Miliki Kandungan Serat Lebih Banyak, Berapa Harga Beras Merah di Indomaret?

“Saat Ramadan banyak masyarakat yang membuat kue sebagai hidangan berbuka puasa dan sahur. Selain itu masyarakat juga membuat kue untuk Lebaran,” kata Didik, Rabu (29/06).

Untuk saat ini, harga gula kristal putih di Kabupaten Bojonegoro yang dijual di tingkat pengecer menginjak kisaran Rp 15.500 - 16.000 per kilogram. Didik mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya mengembalikan harga gula pasir ke kisaran harga normal, yakni Rp 11.000 per kilogram.

loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Harga Gula 2016: Terus Merangkak Naik, Tembus Rp 17.000 per Kg"