Manfaat dan Update Harga Grass Block (Paving Block Rumput) per M2

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercantik bagian depan rumah. Nah, salah satu yang mungkin dapat Anda terapkan adalah mengaplikasikan paving block rumput atau lebih dikenal dengan nama grass block. Dijual dengan yang ternyata relatif terjangkau, grass block cocok untuk mereka yang ingin menampilkan halaman yang rapi tanpa menghilangkan sentuhan hijau dan alami.

Ilustrasi: Harga Grass Block (credit: 99.co)
Ilustrasi: Grass Block (credit: 99.co)

Salah satu material yang saat ini semakin sering digunakan untuk bahan bangunan adalah beton, karena memiliki kuat tekan yang lebih tinggi dibandingkan bahan lainnya, lebih awet atau tahan lama, punya daya tahan tinggi terhadap air dan api, serta memiliki struktur yang kokoh. Beton sendiri diperoleh dengan cara mencampurkan semen Portland, air, dan agregat pada perbandingan tertentu.[1]

Bacaan Lainnya

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mortar beton saat ini telah dapat dicetak ke dalam bentuk concrete block dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi, salah satunya paving block. Paving block kerap digunakan pada tempat-tempat khusus yang memerlukan kekuatan lebih untuk menahan beban sekunder, seperti pada daerah tikungan, halte, area parkir, tanjakan, pelabuhan, serta kawasan perumahan dan trotoar.[2]

Untuk mencapai tujuan tersebut, paving block harus memenuhi sejumlah syarat. Berdasarkan Standar Indonesia (SNI) 03-0691-1996, standar mutu paving block antara lain mempunyai bentuk yang sempurna, tidak terdapat retak-retak dan cacat, serta bagian sudut dan rusuk tidak mudah dipecahkan dengan kekuatan jari tangan.[3]

Baca juga  Update Harga Lengkap Menu Makanan & Minuman di Ayam Bakar Wong Solo

Apa Itu Grass Block?

Bentuk dan model paving block ada beberapa macam, tergantung dari cetakannya. Nah, salah satu tipe yang sekarang diminati oleh sejumlah orang adalah paving block rumput atau sering disebut grass block. Dikutip dari Rumah.com, grass block adalah beton berbentuk blok kecil yang disusun di atas tanah dengan tujuan membuat jalan lebih padat, keras, dan rata. Berdasarkan ukuran dan modelnya, grass block tersedia dengan model lubang 1, lubang 2, lubang 5, dan lubang 8.

Masih berdasarkan referensi yang sama, paving block rumput ini sangat ideal diaplikasikan pada jalan setapak masuk ke rumah, garasi atau carport, maupun area teras rumah. Pada hunian yang dengan kontur perbukitan, grass block bermanfaat tidak hanya sebagai dekorasi rumah, melainkan juga sebagai upaya untuk mencegah terjadinya erosi.

Manfaat Grass Block

  • Perbedaan mendasar antara paving block dan grass block adalah adanya ruang untuk tumbuh tanaman. Dengan grass block, halaman rumah Anda tidak terlihat gersang dan hanya tertutupi paving. Sebaliknya, rumah justru akan terlihat lebih hijau berkat adanya rumput yang bisa tumbuh di sela-sela grass block.
  • Sudah bukan rahasia lagi bahwa rumput dapat membantu proses penyerapan air tanah. Nah, jika menggunakan grass block, misalnya untuk carport, maka air hujan yang jatuh ke halaman tidak akan tergenang, sebaliknya langsung diserap ke dalam tanah karena adanya lubang di grass block tersebut.
  • Grass block memiliki karakter pembentuk yang lebih kokoh dibandingkan paving block biasa. Karena itu, grass block diklaim lebih kuat dan lebih tahan lama. Selain itu, dengan adanya lubang, meminimalkan grass block untuk pecah.
  • Desain lubang pada grass block juga menjadikan proses pemuaian lebih mudah terjadi. Jadi, jika kebetulan musim sedang kemarau, grass block tidak akan mudah retak. Demikian, juga saat musim hujan tiba.
  • Kelebihan lainnya penggunaan grass block adalah harganya yang relatif terjangkau. Selain yang hemat, pemasangan grass block pun relatif mudah dan cepat.
Baca juga  Info Terbaru Harga Engsel Pintu Dekson (Dekkson) Semua Tipe

Apabila Anda tertarik mengaplikasikan paving block rumput untuk halaman rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membeli di berbagai toko bahan bangunan atau lewat sejumlah situs jual beli online. yang ditawarkan bervariasi, tetapi dijamin tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Manfaat Grass Block (Paving Block Rumput) - (Karya: Justin Pratt)
Manfaat Grass Block (Paving Block Rumput) – (Karya: Justin Pratt)

Grass Block

Model Grass Block Isi per M2
Grass Block Lubang 5 (40 x 40 x 8 cm) 6,25 pcs Rp10.500
Grass Block Lubang 8 (45 x 30 x 6 cm) 7,5 pcs Rp16.000
Grass Block Lubang 8 (45 x 30 x 6 cm) 7,5 pcs Rp22.000

Hingga saat ini, harga grass block di pasaran relatif stabil. Namun ada pula model grass block yang harganya sedikit naik, seperti grass block lubang 8 (45 x 30 x 8 cm) dari Rp15 ribu menjadi Rp16 ribu. Harga tersebut berlaku untuk grass block mutu K-250.

Harga grass block atau paving block rumput di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga grass block tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun yang ditawarkan sama.

Baca juga  Info Terkini Harga Meja Billiard Mini

Grass block mulai banyak dilirik sebagian orang karena selain mampu menambah nilai estetika pekarangan rumah, perawatannya pun relatif mudah. Anda hanya cukup dengan menyiram paving block menggunakan air dan memotong rumput yang tertanam saat sudah terlihat terlalu tinggi.

[Update: Ditta]

[1] Putra, Arie, Alex Kurniawandy, Azhari. 2014. Pengaruh Variasi Bentuk Paving Block terhadap Kuat Tekan. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau, Vol. 1(1).

[2] Sebayang, Syukur, I Wayan Diana, Alexander Purba. 2011. Perbandingan Mutu Paving Block Produksi Manual dengan Produksi Masinal. Jurnal Rekayasa, Vol. 15(2): 139-150.

[3] Putra, Arie, Alex Kurniawandy, Azhari. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.